alexa
Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Ramadan dan Idulfitri 1442 H, Trafik Layanan Data Telkomsel Naik Hingga 49%

Seperti tahun sebelumnya, momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H masih dilalui dengan tantangan di tengah wabah pandemi. Mudik dilarang sehingga lebih banyak yang menghabiskan waktu lebaran di rumah, meski ada sebagian yang ke tempat wisata. Selama momen Ramadan dan Idulfitri 2021, tercatat lonjakan trafik layanan data Telkomsel hingga 39.7 Petabyte (PB), atau tumbuh 49% dibanding momen yang sama tahun lalu.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan, pihaknya merasa senang dan bersyukur dapat selalu mendampingi pelanggan di momen Ramadan dan Idulfitri. “Kami memaknai perayaan Idulfitri sebagai momentum untuk membuka kesempatan lebih luas bagi masyarakat dengan terus menjalin silaturahmi dan tetap terhubung walau dilakukan secara digital dan virtual melalui dukungan jaringan broadband yang andal dan berteknologi terdepan dari Telkomsel,” kata Nugroho.

Kinerja Trafik Layanan Data Telkomsel

BTS Telkomsel OpenSignalBerdasarkan pantauan perusahaan, trafik layanan data Telkomsel pada Periode Lebaran 2021, tercatat lonjakan sekira 39% dibandingkan Periode Lebaran tahun sebelumnya. Hal tersebut didorong semakin tingginya adopsi pemanfaatan layanan komunikasi berbasis digital sebagai sarana silaturahmi virtual.

Menariknya, SMS di momen Ramadan dan Idulfitri 2021 mengalami peningkatan sebesar 33% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Sedangkan untuk panggilan suara, tercatat peningkatan trafik layanan suara sebesar 4% dibandingkan hari biasa.

Sepanjang momen Ramadan dan Idulfitri tahun ini, secara berurut untuk lima wilayah operasional Telkomsel yang mengalami kenaikan penggunaan layanan data dibandingkan momen tahun sebelumnya. Daerah yang menalamai kenaikan trafik layanan data Telkomsel didominasi oleh Sumatra baik Utara, Tengah maupun Selatan (13%), Jawa Timur (12%) dan Jawa Tengah (11%) dibandingkan dengan hari biasa.

Sebagai persiapan, sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 point of Interest (POI). Operator seluler ini secara khusus fokus di wilayah residensial, rumah ibadah, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi seperti bandara, terminal bus, pelabuhan, dan jalur penyaluran logistik, serta area spesial lainnya seperti pusat pelayanan publik.

Platform Digital Paling Banyak Dipakai

Suprise Deal Telkomsel Paket MerdekaNugroho lebih lanjut menambahkan, Telkomsel juga mencatat sejumlah platform digital dan virtual yang berkontribusi terhadap penggunaan akses layanan data. Untuk layanan digital terdepan dari Telkomsel, tercatat terjadi lonjakan trafik penggunaan untuk VoLTE Telkomsel sebesar 12%, marketplace video on demand MAXStream Telkomsel sebesar 410%, dan video conference on demand CloudX Telkomsel sekira 68% dibandingkan hari biasa.

Secara umum masyarakat selama di Ramadan dan Idulfitri 1442 H ini juga masih banyak menghabiskan aktivitasnya dengan memanfaatkan sejumlah platform digital sebagai penunjang produktivitas untuk bekerja secara virtual dan belajar daring, seperti melalui layanan video communication dan video streaming yang secara total mampu berkontribusi dalam penggunaan data lebih dari 53%, atau masing-masing tumbuh sekira 14% dan 22%, dibandingkan dengan hari biasa.

Untuk trafik aktivitas digital lain dari masyarakat seperti penggunaan layanan mobile gaming, browsing dan social media oleh pelanggan Telkomsel juga tercatat tumbuh masing-masing sekira 81%, 36% dan 7% selama Ramadan dan Idulfitri 2021, dibandingkan dengan hari biasa. Selain itu Telkomsel juga mencatat enam aplikasi berbasis digital yang paling banyak diakses pelanggan antara lain Youtube, Facebook, Whatsapp, Instagram, Tiktok dan Mobile Legends.

Berikut data performansi layanan data Telkomsel serta SMS dan Voice pada Periode Ramadan dan Idulfitri 2021:

LayananTrafik Selama Momen Ramadan dan Idulfitri 2021Perbandingan dengan Hari Biasa 2021Perbandingan dengan Periode yang Sama di Ramadan dan Idulfitri 2020
Data39,7 Peta ByteNaik 10%Naik 49%
SMS669 Juta SMSNaik 23%Naik 33%
Suara915 Juta MenitNaik 4%Turun 14%

  

Berikut platform layanan data dan aplikasi yang paling banyak di akses pelanggan Telkomsel selama momen Ramadan dan Idulfitri 1442 H:

Top 6 Data Service Platforms

PlatformProporsi dari Akses Keseluruhan Layanan Data TelkomselPerbandingan dengan Hari Biasa 2021
Video Streaming37%Naik 22%
Communication16%Naik 14%
Social Media29%Naik 7%
Mobile Gaming4%Naik 81%
Browsing1%Naik 36%
Aplikasi / Situs Media1%Naik 11%

Top 6 Applications

AplikasiProporsi dari Akses Keseluruhan ApikasiPerbandingan dengan Hari Biasa 2021
Youtube23%Naik 24%
Facebook16%Naik 11%
Whatsapp14%Naik 25%
Instagram12%Naik 3%
Tiktok11%Naik 26%
Mobile Legends3%Naik 167%

Tinggalkan komen