Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

vivo iQOO U1x, Smartphone Gaming Murah dengan Snapdragon 662

1 2.311

Smartphone yang cocok untuk gaming kini tak hanya hadir dalam lini flagship saja. Mulai mid-range bahkan sampai kelas entri sudah bisa digunakan untuk bermain gim seperti Mobile Legends maupun PUBG: Mobile. Tentunya dengan kualitas grafis yang lebih terbatas, namun setidaknya masih cukup nyaman atau playable untuk pengguna kasual.

Selain merk seperti realme dan Redmi, vivo lewat sub-brand mereka, iQOO juga terus diperluas kategori produknya. Khusus merilis smartphone dengan value tinggi, kali ini mereka hadirkan vivo iQOO U1x. Keunggulan yang ditawarkan oleh vivo adalah harga yang terjangkau, dan kapasitas baterai cukup besar di kelasnya.

Secara desain sendiri, terlihat mirip seperti smartphone rilisan iQOO maupun vivo pada umumnya. Tampilkan bodi belakang yang mengkilap, iQOO U1x menggabungkan tampilan modern sekaligus sedikit outdated. Belakangnya tampil bersih, mengingat sensor sidik jari sudah disematkan dengan tombol power. Sementara tampilan depannya belum mengusung desain kamera punch-hole, alias masih gunakan waterdrop notch.

Baca juga: Review Vivo V20: Memiliki Banyak Potensi

Spesifikasi vivo iQOO U1x

vivo iQOO U1x

Dimensi layar iQOO U1x sendiri cukup besar di 6,51 inci, dengan rasio 20:9 dan panel IPS. Mengingat kelasnya, maka masih wajar bila resolusinya belum full HD, alias masih HD+. Di dalam notch, disiapkan kamera depan 8MP f/1.8 untuk kebutuhan swafoto. Sementara bezel bawahnya terlihat signifikan lebih tebal dari ketiga sisi lainnya.

Di bagian belakang, terdapat setup tiga kamera dengan sensor utama beresolusi 13MP f/2.2. Tanpa kehadiran sensor ultra wide-angle, dua sensor lainnya digunakan untuk hasilkan foto bokeh serta makro, masing-masing beresolusi 2MP f/2.4. Kapasitas baterainya sendiri 5,000 mAh, namun sayangnya port yang digunaka masih micro USB. Setidaknya hadir dukungan fast charging 18W.

Dapur pacu yang digunakan cukup powerful, menjalankan chipset Snapdragon 662 dari Qualcomm. Cip tersebut sama seperti yang digunakan oleh realme 7i, baru saja diluncurkan dan hadir di rentang harga Rp3 jutaan. vivo hadirkan tiga opsi memori untuk iQOO U1x, mulai dari 4+64GB hingga 6+128GB. Jenis RAM yang digunakan sudah LPDDR4x, dengan storage UFS 2.1.

Meski menggunakan iQOO UI berbasis Android 10, vivo iQOO U1x tak dilengkapi dengan layanan Google, seperti smartphone Huawei terbaru kebanyakan. Alasannya karena smartphone ini rilis di wilayah China, di mana layanan Google tidak terlalu relevan. Sehingga masih ada kemungkinan bila vivo bakal berikan Google Play Services bila hadir di negara lainnya.

Harga vivo iQOO U1x

vivo iQOO U1x

Hadir dalam dua opsi warna (Morning Frost & Light Black), vivo iQOO U1x dijual mulai dari 899 CNY (Rp1,9 jutaan) untuk varian termurahnya. Sementara opsi paling lega dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB dijual di harga 1,199 CNY (Rp2,6 jutaan). Pre-ordernya di China dimulai pada tanggal 1 November mendatang.

Masih belum ada informasi apakah smartphone ini bakal hadir juga di India, mengingat brand iQOO sudah tersedia di negara tersebut. Menurut Gizmo friends, perlukah vivo membawa seri smartphone iQOO ke Indonesia untuk menambah opsi smartphone dengan value yang tinggi?