Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Redmi Note 9 4G Punya Baterai Besar 6,000 mAh

3 17.992

Lewat sebuah acara peluncuran di negara asalnya, Xiaomi perkenalkan serangkaian smartphone serta perangkat wearable terbarunya dalam seri Redmi, Kamis kemarin (26/11). Tak hanya Redmi Watch, diperkenalkan tiga smartphone baru yang masuk dalam lini Redmi Note 9, di mana dua serinya mendukung konektivitas 5G.

Selain Redmi Note 9 5G & Note 9 Pro 5G, Xiaomi juga perkenalkan Redmi Note 9 4G. Mungkin sepintas kita akan mengira bahwa ini adalah smartphone yang sama dengan yang sudah kami ulas pertengahan tahun ini. Namun ternyata bukan, melainkan punya desain dan spesifikasi yang sangat berbeda, dengan baterai yang lebih besar.

Kesannya cukup membingungkan, tetapi kabarnya Xiaomi menggunakan penamaan “Redmi Note 9” agar tak perlu kesusahan mengurus sertifikasi penamaan baru. Sehingga produk barunya hadir dengan nama ‘lama’, walaupun memang Redmi Note 9 series yang hadir di Indonesia tak dirilis di China. Bisa jadi, Redmi Note 9 4G hadir di negara lain dengan nama berbeda.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 9 5G Series Bawa Layar 120Hz dan Sensor Kamera 108MP

Spesifikasi Redmi Note 9 4G

Redmi Note 9 4G

Sebelum membahas kemungkinan tersebut, mari kembali fokus ke smartphone terjangkau paling baru dari Xiaomi satu ini. Secara desain, Redmi Note 9 4G sangat berbeda dengan Redmi Note 9 5G atau Redmi Note 9 yang rilis di Tanah Air. Ketiga sensor kamera di belakang diletakkan secara sejajar, dengan bodi yang diberi tekstur bergaris.

Ada logo Redmi yang dicetak besar di bagian bawah bodi belakang, sementara sensor sidik jarinya sudah disematkan bersama dengan tombol power di sebelah sisi kanan bodi. Di depan, desainnya belum mengusung kamera punch-hole. Layar 6,53 incinya gunakan panel IPS, beresolusi full HD+ dengan refresh rate standar 60Hz.

Di dalam waterdrop notch pada bagian atas, disematkan kamera 8MP untuk keperluan swafoto. Sementara di sisi belakang, ada tiga sensor kamera utama alias turun satu secara jumlah. Masing-masing beresolusi 48MP, 8MP sensor ultra wide-angle, dan 2MP untuk depth sensor. Sensor utamanya mendukung pixel binning, hasilkan foto 12MP dengan piksel besar 1,6um.

Untuk urusan dapur pacu, Xiaomi gunakan chipset dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 662 untuk mentenagai Redmi Note 9 4G. Jenis penyimpanan internalnya masih sama dengan dua saudara lainnya, yaitu UFS 2.2 dengan kapasitas 128GB, dan pilihan RAM mulai 4GB. Yang spesial dari smartphone ini adalah kapasitas baterainya.

Menjadi yang paling besar di seri Redmi, Redmi Note 9 4G bawa kapasitas 6,000 mAh. Dan meski begitu, bobotnya masih kurang dari 200 gram. Dipadukan dengan charger 18 watt, Xiaomi menyebutkan bila perangkat ini sanggup digunakan lebih dari 2,5 hari, dan estimasikan bila baterainya tahan hingga 1000 kali charge atau 4 tahun penggunaan.

Redmi Note 9 4G Bakal Hadir Global Sebagai “Redmi 9T”

Redmi Note 9 4G

Redmi Note 9 4G dijual seharga mulai dari CNY1,000 (Rp2,1 jutaan) untuk varian 4/128GB, dan varian termahalnya di CNY1,300 atau Rp2,7 jutaan (8/128GB). Belum ada informasi resmi mengenai ketersediaan smartphone baru Xiaomi yang satu ini. Namun belakangan telah ditemukan sertifikasi dari EEC dan FCC bila Xiaomi sedang persiapkan Redmi 9T.

Dari sebuah dokumen yang didapat oleh Sudhanshu Ambhore (via Gizmochina), Redmi 9T bakal punya konfigurasi kamera berbeda dari Poco M3, punya satu sensor tambahan dan memindahkan peletakan LED flash. Perbedaan penamaan ini sudah terjadi di generasi-generasi sebelumnya, jadi kita nantikan saja kebenarannya ya.