Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Xiaomi Rilis Redmi Watch, Smartwatch Serba Bisa Rp600 Ribuan

1 4.521

Selain menghadirkan smartphone 5G terjangkau, Redmi Note 9 5G series, Xiaomi juga merilis sebuah perangkat wearable terbaru mereka. Jam tangan pintar terbaru ini masuk ke dalam sub-brand Redmi, sehingga dipastikan kalau harganya bakalan terjangkau. Adalah Redmi Watch, memiliki desain yang cenderung generik dengan berbagai warna bodi dan strap.

Dengan harga yang tidak sampai sejuta, Xiaomi tetap lengkapi fitur Redmi Watch sehingga perangkat tersebut cocok untuk beragam kebutuhan. Mulai dari pendeteksi olahraga, denyut jantung sepanjang hari sampai sleep tracking, berkat daya tahan baterainya yang tak kalah awet seperti smartwatch dari Amazfit.

Baca juga: Xiaomi Redmi Note 9 5G Series Bawa Layar 120Hz dan Sensor Kamera 108MP

Redmi Watch Dilengkapi Sensor NFC

Redmi Watch

Dari segi desain, Redmi Watch terlihat menyerupai Apple Watch seri lama, memiliki bodi persegi dengan beragam warna; Black, Ink Blue dan Ivory White, juga dengan strap silikon . Di sisi sampingnya, hanya tersedia satu tombol untuk navigasi. Sementara kaca depannya miliki lengkungan 2.5D, membuatnya terlihat cukup berkelas.

Layar persegi milik Redmi Watch punya dimensi yang cukup besar di 1,4 inci, dengan resolusi tinggi di 320 x 320 piksel. Layar tersebut bukan AMOLED, sehingga belum mendukung always-on display. Dan untuk personalisasi, tersedia lebih dari 120 pilihan watch face yang bisa diakses dari aplikasi Mi Fit.

Agar tersambung dengan smartphone, perangkat ini menggunakan konektivitas Bluetooth 5.0 low energy, bahkan juga dilengkapi sensor NFC untuk metode pembayaran. Namun bisa jadi sensor tersebut hanya hadir untuk region tertentu—Xiaomi sendiri menyebutkan bila Redmi Watch mendukung 270 jenis kartu bus dan Alipay.

Diklaim tahan air, Redmi Watch bisa digunakan sambil menyelam hingga 50 meter. Dengan begitu, jam tangan Xiaomi yang satu ini bisa deteksi aktivitas olahraga di kolam renang. Ditambah enam olahraga lainnya seperti lari, bersepeda dan olahraga bebas. Juga bakal ingatkan penggunanya untuk berdiri dan bergerak bila duduk atau dalam posisi yang sama terlalu lama.

Lengkapnya fitur yang diusung tentunya juga berkat kelengkapan sensor mumpuni, seperti optical heart rate sensor, six-axis sensor, geomagnetic sensor dan ambient light sensor. Sensor yang terakhir tak banyak dimiliki smartwatch sekelasnya, dapat mengatur intensitas kecerahan dengan kondisi pencahayaan.

Tahan Hingga 12 Hari, Harga Redmi Watch Tak Sampai Sejuta

Redmi Watch

Untuk penggunaan normal, Redmi Watch bisa digunakan hingga 7 hari lewat baterai berkapasitas 230 mAh. Dan bila diperlukan, bisa memanfaatkan mode power-saving hingga 12 hari. Pengisian dayanya menggunakan charger khusus, di mana memerlukan waktu 2 jam untuk isi hingga penuh.

Xiaomi bakal mulai menjual Redmi Watch pada 1 Desember 2020 mendatang, sementara ketersediaannya secara global belum diinformasikan lebih lanjut. Harganya? CNY299 atau sekitar Rp640 ribuan.

Bila ke depannya turut dipasarkan di Tanah Air, Redmi Watch bakal langsung berhadapan dengan realme Watch, wearable pertama realme yang kini sudah turun harga.