Pelanggan YouTube Premium Bakal Bisa Download Video hingga Kualitas 1080p

Jakarta, Gizmologi – YouTube dilaporkan sedang menguji fitur download video secara resmi dari web browser. Pasalnya, selama ini pengguna kerap mengunduh dan menyimpan video dari YouTube melalui bantuan pihak ketiga.

Pengujian ini akan berlangsung hingga 19 Oktober 2021. Untuk bisa menjadi bagian dari pengujian ini pengguna harus ikut berpartisipasi khususnya untuk pelanggan premium, sebagaimana dilansir dari Androidpolice, Selasa (28/9/2021).

Untuk saat ini kemunculan fitur download baru bisa dinikmati pelanggan YouTube Premium yang berada di India dan Perancis. Bocoran lainnya mengatakan jika fitur eksperimental ini juga akan tersedia bagi pelanggan YouTube Premium di sejumlah negara lainnya.

Dalam pengujian, Google mengatakan browser yang dapat mendukung ftur ini adalah versi terbaru dari Chrome, Edge dan Opera. Pelanggan YouTube Premium bisa mengaktifkan fitur Download tersebut dengan cara mengunjungi halaman YouTube Experimental melalui link ini.

Di sana, Pengguna bisa langsung meng-klik tombol “Try It Out” untuk menjajal fitur Download di YouTube melalui komputer, seperti laptop maupun PC desktop. Namun demikian Androidpolice mengungkapkan mereka tak menemukan cara untuk mengunduh video dan menonton video di luar browser yang telah didukung tersebut.

Download Video YouTube

Download Video YouTube

Jadi bisa dikatakan fitur ini adalah cara untuk menonton video YouTube secara offline. Meski begitu, YouTube menyediakan tiga pilihan kualitas unduhan, yakni 1080p untuk kualitas high definition, 720p untuk kualitas sedang, dan 144p untuk kualitas rendah.

Video yang telah diunduh juga dapat dihapus, dan akan terhapus secara otomatis jika perangkat tidak memiliki koneksi internet aktif selama 30 hari. Berbeda dengan situs pihak ketiga, YouTube tidak memberi file video untuk disimpan di hard drive selamanya.

Perlu diperhatikan, karena fitur ini masih dalam tahap uji coba jadi kemungkinan masih ada sedikit bermasalah. Salah satunya mungkin video tidak bisa diunduh, termasuk apakah fitur ini juga akan tersedia untuk pelanggan YouTube non-premium.

Tinggalkan komen