Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ZTE Blade 20 Pro 5G Hadir dengan Snapdragon 765G & Kamera 64MP

0 5.451

Perusahaan telekomunikasi asal Shenzhen yang punya spesialisasi di bidang telekomunikasi, ZTE kembali merilis produk baru. Kali ini adalah sebuah smartphone kelas menengah atau mid-range dengan dukungan jaringan 5G, menggunakan chipset dari Qualcomm. Yaitu ZTE Blade 20 Pro 5G, yang dari namanya, punya spesifikasi lebih baik dari versi non-Pro.

ZTE belakangan ini cukup banyak rilis smartphone kelas menengah, dan bila dilihat dari segi desainnya, mereka nampak berikan usaha lebih banyak. Tak mau kalah layaknya smartphone flagship, ZTE Blade 20 Pro 5G didesain tipis, ringan dan nyaman untuk digenggam. Pendekatan yang serupa juga dilakukan oleh OPPO sepanjang tahun 2020.

Baca juga: ZTE Watch Lite, Smartwatch dengan Sensor SpO2 Harga Rp400 Ribuan

Bobot ZTE Blade 20 Pro 5G Tergolong Sangat Ringan

ZTE Blade 20 Pro 5G

Baik bagian depan dan belakang ZTE Blade 20 Pro 5G dilengkapi dengan kaca yang miliki lengkungan 3D. Ketebalannya hanya 7,9mm saja, dan bobotnya tergolong sangat ringan. Tak sampai 170 gram, tepatnya Cuma 168 gram. Sudut-sudutnya dibuat tumpul, dengan tonjolan kamera belakang yang relatif tipis.

Berikan kesan elegan, sensor sidik jarinya disembunyikan di balik layar, menggunakan sensor berjenis optical. Supaya mendukung sensor tersebut, otomatis panel yang digunakan harus AMOLED. Punya dimensi 6,47 inci dengan resolusi full HD+, layar ZTE Blade 20 Pro gunakan jenis “flexible surface”, alias miliki lengkungan di sisi kiri dan kanannya.

Sementara di bagian atas, terdapat waterdrop notch berbentuk U untuk mengakomodir peletakan kamera depan beresolusi 20MP. Di belakang, ada empat sensor kamera yang diletakkan dalam posisi persegi. Sensor utamanya punya resolusi tinggi di 64MP, dapat merekam video hingga resolusi 4K dengan frame-rate tinggi di 60fps. Juga dilengkapi EIS untuk perekaman yang stabil.

Sementara sensor lainnya adalah 8MP dengan sudut pandang 120 derajat, 2MP makro dengan jarak fokus 4cm dan 2MP yang berlaku untuk depth sensor. Lengkapi kemampuan visual yang cukup baik, ZTE Blade 20 Pro 5G juga mendukung kualitas audio Hi-Fi dengan efek suara tambahan DTS:X Ultra.

ZTE Blade 20 Pro 5G Mendukung Quick Charge 4+

ZTE Blade 20 Pro 5G

Tak menggunakan chipset MediaTek, ZTE memilih chipset milik Qualcomm, yaitu Snapdragon 765G, sama seperti yang digunakan oleh vivo X50 Pro. Dengan prosesor cukup bertenaga, ditemani RAM dan penyimpanan internal masing-masing 8GB & 128GB. Slot kartu microSD bisa digunakan untuk menampung sampai kapasitas 2TB.

Rilis di negara asalnya, smartphone ini menggunakan tampilan antarmuka MiFavor 10 berbasis Android 10. Sementara karena dimensinya yang tipis, baterainya terpaksa harus dibuat ngepas. Alias hanya 4,000 mAh saja, namun dengan dukungan Qualcomm Quick Charge 4+ agar pengisiannya tak membutuhkan waktu lama.

Smartphone yang dilengkapi sensor NFC ini hanya dirilis dalam satu varian warna, alias hanya biru saja. Hingga saat ini, ZTE belum berikan informasi harga dari ZTE Blade 20 Pro 5G, meski halaman produknya sendiri sudah naik. Dilihat dari spesifikasinya, bisa jadi hadir sebagai pesaing Huawei nova 8 SE.