Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

ZTE Watch Lite, Smartwatch dengan Sensor SpO2 Harga Rp400 Ribuan

1 3.469

Nampaknya, pasar smartwatch sungguh memikat bagi para produsen elektronik termasuk smartphone saat ini. Hampir semuanya yang, pada awalnya fokus rilis smartphone, kemudian menambah portofolio mereka dengan perangkat wearable jenis jam tangan satu ini. Tak terkecuali ZTE yang baru saja ikut terjun dengan ZTE Watch Live.

Meski beberapa waktu lalu seolah fokus rilis smartphone canggih dan hadirkan produk dengan kamera di bawah layar pertama di dunia, kali ini ZTE ingin juga bermain di segmen aksesori terjangkau. ZTE Watch Lite berikan fitur lengkap dengan harga serupa smartwatch milik Amazfit, realme dan juga Redmi Watch yang juga baru diumumkan.

Secara desain, ZTE Watch Lite tampil sederhana dan cenderung polos. Desainnya terlihat mirip Amazfit Bip dan tentunya Redmi Watch, dengan tampilan layar kotak yang miliki sudut sedikit melengkung. Strap-nya terbuat dari bahan soft silicone atau karet, dengan bodi berwarna hitam dan strap warna-warni untuk personalisasi perangkat.

Baca juga: ZTE Axon 20 5G, Smartphone Pertama dengan Under-Display Camera

Fitur ZTE Watch Lite

ZTE Watch Lite

Di sisi bodinya hanya terdapat satu tombol di bagian kanan. Sementara tampilan depannya punya layar kotak 1,3 inci berjenis TFT. Resolusinya tidak terlalu tinggi, 240 x 240 piksel, masih cukup untuk dimensi layar smartwatch. Dengan ketebalan 10,8mm dan bobot 35 gram, ZTE Watch Lite bakal terasa nyaman di pergelangan tangan.

Lalu bagaimana dengan fitur kesehatannya? Tidak kalah lengkap dengan yang lain, perangkat ini dilengkapi sensor yang dapat merekam aktivitas denyut jantung selama 24 jam. Tak hanya itu, fitur kekinian yang umumnya hadir di perangkat lebih mahal, seperti cek tingkat saturasi oksigen dalam darah, juga bisa didapatkan dari ZTE Watch Lite.

Tingkatan stres dan kualitas tidur penggunanya juga bakal tercatat otomatis setiap harinya. Dan juga 12 jenis olahraga seperti berlari, bersepeda, berenang dan lainnya. Dengan sertifikasi IP68, ZTE Watch Lite dapat digunakan dalam rentang waktu 2-3 minggu. Sementara pengisian dayanya gunakan charger bersifat magnetik, ditempel di bagian bawah bodi.

Fitur lain yang hadir terhitung standar smartwatch masa kini. Sebut saja notifikasi real-time, pengaturan musik dari smartphone, pengingat untuk bergerak dan fungsi remote control untuk kamera. Juga penunjuk cuaca dan fitur pencari smartphone, dapat getarkan perangkat untuk permudah pencarian.

Harga ZTE Watch Lite Tergolong Murah

ZTE Watch Lite

Untuk menyambungkan ke smartphone, ZTE Watch Lite gunakan konektivitas Bluetooth 4.2. Tidak ada informasi mendetil apakah smartwatch murah ini bisa disambungkan ke iPhone atau hanya Android saja. Namun satu yang pasti, harganya cukup menarik untuk seluruh fitur yang ditawarkan.

Dijual pertama kali di China, ZTE memasang harga CNY229, atau sekitar Rp490 ribuan saja. Harga tersebut sangat aktraktif, apalagi untuk smartwatch yang bisa membaca kadar SpO2. Mulai tersedia 3 Desember mendatang, belum ada kabar akan ketersediaannya secara global.