Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Inilah Fitur Utama IDOS, Sistem Operasi Berbasis Android Buatan Anak Negeri

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Advan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman pengguna smartphone.

Berupaya untuk selangkah lebih maju dibanding kompetitor sesama brand lokal, Advan melakukan diferensiasi dengan mengembangkan IDOS. Sistem operasi antarmuka berbasis Android ini dibuat untuk meningkatkan user experience beragam aktivitas dengan ponsel.

IDOS merupakan singkatan dari Indonesia Operating System yang sampai saat ini telah mencapai versi IDOS 6.1.2 dengan basis Android Marshmallow 6.0 di mana konsumen sudah bisa mencobanya di smartphone terbaru Advan G1.

Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, mengatakan IDOS memiliki user interface khusus yang dirancang berdasarkan kebutuhan dan kebiasaan orang Indonesia. “Keberadaan IDOS menjadikan tampilan antar muka ponsel ini semakin fresh dan user friendly. Kami kembangkan dengan berbagai fitur canggih untuk semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan smartphone Advan,” kata Tjandra Lianto, saat jumpa pers di Restoran Penang Bistro, Kebon Sirih, Jakarta (17/04).

Tjandra Lianto, Marketing Director Advan, saat memperkenalkan sistem operasi IDOS (Foto: @mrbambang)

Untuk mengembangkan sistem operasi canggih tersebut, Tjandra mengungkapkan, Advan memiliki tim sendiri yang berada di Jakarta dan Semarang yang berjumlah di antara 20 sampai 30 orang. Pada proses pengembangannya tersebut, pihaknya telah menyelesaikan jutaan bugs saat mengembangkan proteksi keamanan data konsumen. Tahun ini, mereka sedang mengembangkan IDOS 7 yang hadir dengan fitur lebih kaya serta dukungan terhadap Android 7.0 Nougat.

Tjandra juga tak menampik bahwa dikembangkannya IDOS ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi syarat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) smartphone 4G LTE yang kini mencapai 30 persen. Ia tak menyebutkan secara rinci nilai kontribusi dari pengembangan IDOS ini berapa persen, tapi menurutnya tidak terlalu besar.

“Tujuan kami mebuat IDOS ini untuk memberikan pengalaman baru bagi pengguna smartphone di Indonesia. Dan kami akan terus mengembangkannya agar kinerjanya lebih powerful dan fiturnya semakin kaya,” ujarnya.

Untuk saat ini, IDOS masih dikembangkan untuk smartphone terbaru besutan Advan. Walaupun pihaknya tak menutup kemungkinan bekerja sama dengan merek smartphone lain jika ingin menggunakannya.

Berikut Ini Fitur Utama Sistem Operasi IDOS 6.1.2 

IDOS versi 6 ini memiliki empat update utama, yaitu Security, Smart Management, Power Saving, dan Unique Feature. Berikut ini penjelasannya untuk masing-masing fitur.

Security

  • Anti Theft/ Jahil : Melindungi pengguna dari akses orang asing ke gadget. Ketika salah masukkan  password 3x salah, maka otomatis akan langsung terfoto.
Related Posts
1 daripada 265
  • Sistem enkripsi data pengguna: Melindungi data pengguna dengan sistem enkripsi ber-password ketika bertransaksi/belanja online.
  • Apps Lock: Mengamankan perangkat anda dengan mengunci aplikasi untuk menjaga privasi anda. Contoh aplikasi: Foto, Gambar, SMS, Aplikasi (Whatsapp, Wechat, dll), Kontak
  • Guest Mode. Anda bisa dengan tenang meminjamkan perangkat anda tanpa khawatir akses yang tidak diinginkan

Power Saving

Memiliki 3 mode penghematan baterai, yaitu:

  1. All-Time Saving: Optimalisasi penghematan untuk penggunaan normal.
  2. Smart Saving: Mampu mengenali aplikasi yang berjalan dan menyesuaikan penggunaan daya.
  3. Ultra Saving: Penghematan extreme, dengan memprioritaskan fungsi dasar komunikasi.

Smart Management

  • Health Guard: Aplikasi yang bisa memantau penggunaan perangkat anda sekaligus sebagai pengingat untuk selalu menjaga kesehatan anda
  • Picture in Picture: Tetap lancar beraktivitas sambil nonton video dimana saja dan kapan saja, adalah salah satu kehebatan new idos dengan PiP
  • QR Scan ID: Menyimpan data kontak anda cukup dengan melakukan Scan Barcode ID, lebih keren, praktis dan personal

Unique Feature

  • Shake to shot & play : Mengakses kamera dengan cepat tanpa merubah posisi tangan, cukup dengan menggoyangkan perangkat serta mendengarkan musik menjadi jauh lebih menyenangkan dengan Shake to Play, cukup goyangkan perangkat anda untuk berpindah lagu
  • Quick touch: Satu akses shortcut anda untuk bermacam-macam aktivitas, mulai dari kembali ke Home, Screenshot, Airplane mode, Ringtone Profile, dll
  • One touch command: satu sentuhan untuk melakukan fungsi tertentu, dalam hal ini adalah membersihkan sampah di memori agar performa menjadi kembali fresh, dan mengganti wallpaper untuk membuat tampilan baru.
  • Quick Universal Search: Tanpa kesulitan mencari aplikasi yang anda inginkan, cukup swipe dari bawah keatas dan masuk ke Quick Universal Search untuk mengetik aplikasi yang anda inginkan
  • Panduan Muslim: Bagi anda pengguna yang beragam Islam, aplikasi ini sangat berguna untuk mempermudah ibadah Anda. Mulai dari waktu sholat, masjid terdekat, arah kiblat hingga bacaan Quran.

Bagaimana menurut Anda fitur unggulan sistem operasi IDOS di atas? Bagi kami, belum ada terobosan atau fitur yang benar-benar baru ditawarkan di sistem operasi ini. Karena sebagian besar sudah ditemukan di antarmuka produsen lainnya atau terdapat aplikasi pihak ketiga. Sesuatu yang khas tentang Indonesia juga masih belum ada. Namun setidaknya, kami menghargai upaya Advan untuk selangkah lebih maju dibanding produsen smartphone lokal lainnya. Karena telah mulai pengembangan antarmuka smartphone yang berkarakter. Kita tunggu inovasi selanjutnya.

 

Infografis IDOS di Smartphone Advan

This post is also available in: enEnglish (English)

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More