Rekomendasi 5 Game Animasi Kartun Untuk Si Buah Hati

Jakarta, Gizmologi – Game animasi kartun menjadi salah satu genre pilihan orangtua ketika dihadapkan pada ragam aplikasi di Google Play Store untuk anak-anak mereka. Kombinasi kata game animasi kartun seakan jadi jaminan bahwa konten di dalamnya memang “ramah” anak. Sehingga orangtua dapat dengan nyaman mempercayakan anak bermain smartphone maupun tablet seorang diri.

Pada era kebebasan ekspresi seperti sekarang ini, banyak aplikasi yang kurang memerhatikan target audiensinya. Termasuk aplikasi game untuk anak yang terkadang memuat unsur kekerasan dan aktivitas kurang mendidik di dalamnya.

Mendorong orangtua untuk memilah aplikasi, terutama game, yang tepat di tengah jutaan aplikasi dalam kategori tersebut. Terkadang butuh riset singkat sebelum akhirnya dapat dengan legowo dan yakin mengunduh aplikasi tertentu.

Baca juga: Ini 5 Rekomendasi Game Lokal yang Wajib Dicoba

Jajaran Game Animasi Kartun

Pada edisi daftar pilihan Gizmologi kali ini, kami coba menampilkan 5 game animasi kartun cocok untuk anak di rumah. Bukan sekadar game untuk dimainkan, tapi juga memiliki basis cerita dari serial animasi kartun di televisi maupun kanal Youtube. Beberapa bahkan memiliki popularitas tinggi dan menjadi tayangan wajib bagi anak-anak di kala pagi atau sore hari.

1 Paw Patrol Rescue World

Paw Patrol Rescue World

Paw Patrol adalah tayangan animasi dari Kanada untuk anak pra-sekolah. Sempat ditayangkan pada channel Nickelodeon dan salah satu televisi lokal Indonesia, kini Paw Patrol mengisi salah satu seri tontonan di Netflix. Menceritakan tentang aksi sekawanan binatang yang jadi penyelamat bagi binatang lain dalam visualisasi kartun menarik. Model visual sama yang disajikan dalam game animasi kartun di Play Store berjudul Paw Patrol Rescue World.

Game Paw Patrol Rescue World mengambil latar di Adventure Bay, tempat para pahwalan binatang seperti Chase, Sky, Marshall, Zuma, dan Rocky berasal. Mereka adalah para anjing yang berlagak seperti manusia dengan perlengkapan penyelamat memadai. Bahkan di antaranya dapat menaiki helikopter berkeliling kota. Tapi itulah lucunya game untuk anak, penuh dengan imajinasi.

Permainan dalam Paw Patrol Rescue World dihadirkan secara sederhana. Anak-anak dapat sekadar memainkan para anjing untuk berkeliling kota di antara gedung dan taman. Orangtua dapat terlibat memberi bimbingan ketika anak mengalami kesulitan menyelesaikan suatu misi. Namun keseluruhan game ini memiliki konsep petualangan menarik, kok.

2 Tayo Bus Game

Tayo Bus Game

Tayo si Bus Kecil meraih popularitas tinggi saat ditayangkan televisi lokal Indonesia. Desain menarik serta cerita yang mudah dicerna membuat animasi asal Korea Selatan ini begitu lekat di hati anak-anak. Ditambah theme song menarik, yang bahkan dibuatkan plesetannya oleh netizen, menjadikan karakter Tayo dikenali seluruh kelompok umur.

Tayo, Rogi, Gani, dan Lani memiliki sebuah game animasi kartun di Google Play Store berjudul Tayo Bus Game, Job – Bus Driver. Game tersebut mengisi deretan judul game Tayo lainnya yang dibuat oleh developer Kigle.  Sehingga para orangtua dapat langsung menelusuri lebih jauh jika hendak mencari model permainan Tayo lainnya.

Tayo Bus Game Driver, memiliki permainan sesuai dengan judulnya. Tugas pemain mengendarai bus melewati jalanan untuk menjemput para calon penumpang. Mengumpulkan mereka dan mengantarkannya ke tempat tujuan. Game ini memiliki visual penuh warna dan desain karakter lucu. Termasuk di antara penumpangnya ada Pororo yang juga memiliki animasi kartunnya sendiri.

3 Upin Ipin Spotter (Game Animasi Kartun)

Upin Ipin Spotter (Game Animasi Kartun)

Jika menyebut nama Upin Ipin, sudah terbayang tentang sosok dua anak botak dengan logat melayu kentalnya. Animasi dari negeri jiran Malaysia tersebut memang fenomenal dan berhasil menjadi salah satu animasi paling sukses di tanah air. Beragam marchandise mulai dari topi, kaos, hingga tas menggunakan sablon Upin Ipin mudah ditemukan. Tidak ketinggal kehadiran game dengan menjadikan dua idola anak tersebut sebagai karakter utamanya.

Ipin Upin – Spot The Difference hadir sebagai sebuah game bertema detektif gambar. Mencari perbedaan di antara dua gambar yang ditampilkan bersebelahan. Pemain cukup mencari detail pada tiap gambar yang tidak ditemukan pada gambar lainnya. Mudah tapi perlu ketelitian untuk menyelesaikan setiap levelnya.

Permainan pada game animasi kartun Upin Ipin ini tidak khusus untuk anak-anak saja. Peran orangtua juga diperlukan untuk membantu anak menemukan setiap perbedaan yang tampak semakin rumit pada beberapa level. Bagusnya, game semacam ini dapat menjadi medium untuk meningkatkan kedekatan emosional antara orangtua dan anak.

Baca juga: Review Elite Commando Squad Battleground: Sensasi Jadi Pasukan Khusus Anti Teror Densus 86

4 Dora and Friends Rainforest

Dora and Friends Rainforest

Kepopuleran Dora si Gadis Penjelajah memang sudah agak berkurang belakangan ini. Terutama ketika hadir animasi kartun dari Korea Selatan dengan tampilan lebih segar dan terasa menghibur. Padahal serial Dora banyak mengajak anak berinteraksi dengan memecahkan masalah bersama-sama. Sehingga anak tidak pasif ketika menyaksikan tayangan produksi Nickelodeon tersebut.

Game Dora and Friends Back to Rainforest sama seperti game animasi kartun untuk anak lainnya. Tanpa memiliki cerita dan hanya mengandalkan mini game untuk melatih koordinasi otak dan motorik. Mendorong anak untuk dapat bereaksi secara tepat pada apa yang terjadi di dalam visual permainan. Tampilan Dora kali ini pun agak berbeda seperti awal kemunculannya. Dora lebih terlihat seperti remaja puber dibandingkan anak kecil imut nan menggemaskan.

Ditemani Boots, monyet kesayangannya, Dora melakukan pencarian terhadap teman maupun barangnya yang tercecer di berbagai tempat. Kadang pemain menggunakan bus untuk membawa teman Dora satu per satu. Di kesempatan lain, Dora naik elang, untuk menyelamatkan sepatu, tas, dan barang lucu yang terjatuh ke jurang.

5 Baby Panda’s School Bus

Baby Panda’s School Bus

Bila Anda adalah orangtua yang cukup rajin mencarikan konten menarik bagi anak di Youtube. Boleh jadi akan menemukan tayangan dari BabyBus, sebuah konten animasi dari Tiongkok yang khusus menyasar audiensi anak-anak. Kepopuleran BabyBus dapat terlihat dari total subscriber-nya yang kini mencapai angka 15 jutaan. Bahkan konten mereka sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Solidnya konten BabyBus tidak hanya ditemukan di Youtube saja. Lewat Google Play Store, orangtua dapat menemukan developer tersebut merilis banyak game edukasi menarik. Salah satunya tentu saja Baby Panda’s School Bus, sebuah kompilasi mini game ditujukan bagi anak-anak pra-sekolah. Di dalamnya terdapat beberapa permainan untuk mendorong imajinasi serta motorik anak secara aktif.

BabyBus sendiri memiliki karakter-karakter lucu untuk serial animasi kartun dan game-nya. Di antaranya sosok Panda lucu yang dapat ditemukan juga dalam game. Keterlibatan orangtua sangat dianjurkan ketika memainkan game ini. Selain untuk membantu memahami intruksi, orangtua juga dapat menghabiskan waktu bersama anak dengan lebih berkualitas.

Itulah deretan game animasi kartun dari Google Play Store sebagai referensi orangtua untuk diberikan kepada anak-anak di rumah. Ada banyak game menarik di luar daftar tersebut. Namun game berbasis serial animasi kartun terkadang lebih mudah disukai anak-anak, sehingga senang untuk memainkannya. Minimal mereduksi paparan aplikasi atau tayangan lain yang kurang mendidik.

Tinggalkan komen