Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

iPhone 7 Plus, Masih Layakkah Dibeli di Tahun 2019?

Berbeda dengan produsen lain, setiap tahun Apple hanya meluncurkan satu seri iPhone. Hanya satu, tetapi langsung membidik kelas premium yang harganya mungkin terlalu mahal untuk orang kebanyakan. Hal ini membuat produknya yang sudah dirilis beberapa tahun sebelumnya pun tetap laku di pasar, salah satunya adalah iPhone 7 Plus.

Ponsel premium dari Apple ini dirilis bersamaan pula dengan iPhone 7 pada tahun 2016 alias tiga tahun silam. Keduanya secara umum memiliki spesifikasi dasar yang sama. Namun iPhone 7 Plus memiliki ukuran yang lebih besar, sehingga secara tampilan visual pun lebih menarik. Begitupun pada unsur fotografi yang lebih unggul dengan dual camera.

Berdasarkan penelusuran di sejumlah situs belanja online, cukup sulit mencari iPhone 7 yang masih layak, termasuk refurbish. Bahkan lebih mudah mencari iPhone 6 Plus karena secara fitur pun tidak berbeda jauh. Namun iPhone 7 Plus membawa peningkatan yang cukup besar di zamannya dan masih cukup relevan hingga sekarang.

Fitur dan Spesifikasi iPhone 7 Plus

Apple memperkenalkan sistem kamera baru yang canggih di iPhone 7 Plus. Performa dan kekuatan baterainya pun meningkat dibanding sebelumnya. Ini juga merupakan iPhone pertama yang memiliki speaker stereo sehingga kualitas audionya pun lebih memikat. Selain itu, masih ada beberapa fitur lainnya yang menarik seperti di bawah ini:

1. Gaming

dengan chipset A10 fushion dan RAM 3GB, device ini masih sanggup bermain game-game berat seperti PUBG Mobile, Mobile Legends dan Real Racing 3 dengan grafis tinggi. Itu semua bisa didapat dengan optimalisasi prosesor dan manajemen RAM yang baik dari sistem operasi iOS yang mereka besut sendiri.

2. Kamera

dengan spesifikasi yang tinggi sektor kamera pada iphone juga tak kalah dengan kinerja gamingnya dengan kamera 12 megapiksel dengan bukaan f/1.8 dan ois(optical image stabilizer) dan kamera depan 5megapiksel dan settingan dual kamera pada seri plus dengan spesifikasi 12 megapiksel lensa wide dan 12 megapiksel lensa telephoto yang dapat membuat efek bokeh yang sangat tajam pada handphone ini,untuk merekam video seri iphone 7 ini bisa merekam video Full HD dengan 60fps iphone seri 7 ini juga bisa merekam video slow motion sampai 240fps

3. Baterai

untuk baterai kedua hp ini menggunakan daya baterai yang berbeda untuk iphone 7 menggunakan 1960mah dan seri plus karena lebih besar mengusung baterai dengan 2900mah walau baterai kedua hp ini terlihat kecil tetapi handphone ini tahan seharian tanpa di charge sekalipun

4. Layar
Related Posts
1 daripada 223

iPhone 7 Plus memiliki layar berukuran 5,5 inch dengan resolusi 1080×1920 piksel. Untuk ukuran sekarang yang kebanyakan di atas 7 inchi memang terasa lebih kecil. Namun percayalah, ini adalah ukuran smartphone yang paling nyaman digenggam. Terlebih dengan teknologi retina display warna yang dihasilkan layar hp ini sangat baik dan natural.

5. Storage

iPhone adalah pelopor smartphone dengan kapasitas storage yang besar. Di iPhone 7 Plus terdapat beberapa pilihan mulai dari 32 GB, 128 GB hingga 256 GB. Bagaimana jika storage-nya hampir penuh? Sayangnya bahkan hingga versi terbaru sekalipun, Apple tidak menyediakan slot memori microSD pada perangkatnya.

Memang bakal terjadi penurunan kinerja saat membaca dan menulis di memori eksternal. Dan kemungkinan hal inilah yang masih dihindari oleh Apple. Tidak ingin performa perangkatnya mengalami penurunan kinerja. Sehingga jika storage sudah mau penuh, pengguna perlu backup di cloud atau komputer kemudian menghapus yang ada di perangkat.

Baca juga: Harga iPhone XR Dijual di Indonesia Mulai dari Rp 15 Jutaan

Fitur lain

iPhone 7 Plus sudah memiliki sertifkasi IP67 atau tahan cipratan air dan debu sehingga tak perlu khawatir digunakan di berbagai kondisi dan cuaca. Sekarang home button-nya digantikan dengan taptic engine yang unik. Handphone ini juga sudah mengusung dual speaker yang menyajikan audio mumpuni

Kekurangan iPhone 7 Plus

Tetapi ada kekurangan pada seri ini yaitu menghilangnya fitur 3.5mm jack audio. Jika ingin mendengarkan musik dari earphone, maka harus mempunyai yang bluetooth atau kabel earphone yang dicolokkan ke port lightning.  Selain itu, iPhone 7 Plus juga belum mendukung fast charging.

Harga iPhone 7 Plus di Indonesia Tahun 2019

Nah, bagaimana dengan harganya? Sebagai informasi, ketika perangkat ini pertama kali dipasarkan di Indonesia pada Maret 2017, harga iPhone 7 Plus untuk kapasitas 32GB dibanderol Rp 13,999,000. Selanjutnya untuk kapasitas 128 GB dijual Rp 15,899,000. Dan yang paling mahal adalah kapasitas 256GB dipasarkan dengan harga Rp17.699.000. Mahal banget ya. Banyak yang bercanda bahwa dengan harga semahal itu sudah bisa dibelikan 1 unit sepeda motor.

Sekarang, di tahun 2019 harga iPhone 7 Plus sudah turun signifikan. Tentu karena sudah ada seri baru iPhone yang menggantikan posisinya. Serta produk yang sudah tidak bisa dibilang baru. Berdasarkan penelurusan di situs Blibli.com, harga iPhone 7 Plus 128GB dengan kondisi refurbish (hp bekas atau ada yanyang dijual lagi dengan diperbarui semuanya), dibanderol Rp5.999.000. Kemudian iPhone 7 Plus red kapasitas 128 GB dijual sedikit mahal yakni Rp 6.650.000.

Sebagai informasi, hp iPhone refurbish adalah perangkat bekas pakai dari pengguna yang ditarik oleh Apple karena klaim garansi atau masalah lainnya. Perangkat ini kemudian diuji dan bersertifikat resmi dengan cangkang dan baterai baru termasuk aksesorinya. Ponsel refurbish tidak dianaktirikan terkait jaminan garansi serta dukungan software update bila ada pembaruan.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu tertarik untuk meminang iPhone 7 Plus ini sebagai daily driver di tahun 2019? Menurut pendapat kami, jika kamu memang orang yang sudah suka dengan iOS namun bujet terbatas, produk ini masih sangat layak untuk dibeli.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.