Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Menikmati Canggihnya ColorOS 6 di Perangkat OPPO F11

Pengalaman lebih intuitif, responsif, dan fungsional.

Secanggih-canggihnya smartphone, antarmuka (user interface/UI) menjadi salah satu faktor penentu bahwa perangkat ini nyaman digunakan. Itulah sebabnya banyak vendor berlomba-lomba menghasilkan UI yang membuat pengalaman penggunaan menjadi menyenangkan. Salah satu yang concern di sini adalah OPPO melalui ColorOS 6.

OPPO kerap memutakhirkan departemen software yang berjalan di perangkatnya, di mana versi terbaru ColorOS 6 menjadi wujud nyata dari pengarapan yang serius untuk memuaskan pengguna. Dari sekian perangkat yang mendapatkan UI ini, OPPO F11 adalah satu di antaranya.

ColorOS 6

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan UI anyar ini berdasarkan pengalaman Gizmin selama menggunakan OPPO F11:

App Drawer yang Android Banget

Ini adalah perubahan besar yang pernah dihadirkan ColorOS, di mana merupakan identitas dari stock Android. Pasalnya, saat ini banyak vendor smartphone, khususnya dari China, yang menghilangkan “laci” aplikasi ini dengan alasan kepraktisan penggunaan. Bahkan, bisa jadi karena terlalu bernapsu ingin meniru iOS milik Apple.

Memang kehadiran App Drawer pada ColorOS 6 tidak datang dengan mode default. Jadi, kamu harus masuk ke menu Settings > Homescreen & Wallpaper > Home Screen Mode kemudian pilih Drawer Mode. Setelah itu, tinggal geser ke atas home screen, maka kamu bisa menikmati pengalaman ala Android stock yang sesungguhnya.

Panel Notifikasi Memudahkan Pengaturan

Ketika OPPO F11 dalam keadaan tidak terkunci, cukup dengan menyapukan jari ke bawah, kamu bisa mendapatkan pengalaman terbaru dari panel notifikasi ColorOS 6. Latar belakang yang transparan memantulkan bayangan warna wallpaper yang digunakan membuat fitur ini begitu menarik.

Bukan cuma indah dari estetika, untuk fungsional dari panel notifikasi anyar ini juga sangat baik. Toggle menu seperti Wi-Fi, Cellular Data, Bluetooth, Flashlight, Mute, hingga Boost dihadirkan dengan ukuran yang besar sehingga memudahkan untuk dipilih.

Toggle tersebut juga beriringan dengan Notification Center yang hanya dengan menyapukan jari ke bawah akan terlihat berbagai notifikasi, mulai dari email dan percakapan yang masuk hingga informasi update terbaru. Sangat fungsional!

Melibatkan AI di Segala Sisi

Sebagai pelopor penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) pada perangkat smartphone, OPPO tentunya ingin teknologi ini terlibat banyak di ColorOS, bukan cuma pada fitur kamera. Hasilnya, penggunaan perangkat dengan UI ini menjadi lebih smooth jika digunakan untuk berbagai aktivitas.

Related Posts
1 daripada 41

Keterlibatan AI bisa dilihat secara kasat mata di bagian atas deretan ikon aplikasi ketika membuka App Drawer, di mana adanya App Prediction yang mempredikasi aplikasi teratas dalam penggunaan.

ColorOS 6 Hyper BoostSelain itu ada juga Hyperboost yang memungkinkan OPPO F11 tetap digunakan tanpa nge-lag. Fitur ini membuat perangkat melakukan improvisasi dalam mengolah sumber daya tenaga terhadap apa saja yang akan dilakukan selama penggunaan melibatkan integrasi aplikasi dan sistem.

Misalnya, buat kamu yang suka menggunakan fitur kamera, sistem ini secara pintar merekam kebiasaan penggunaan, di mana ketika kamu membuka aplikasi kamera maka bisa dilakukan lebih cepat. Fitur ini memastikan penggunaan smartphone menjadi sangat efisien sehingga tenaga tidak terbuang pada aplikasi yang tidak terpakai, sehingga OPPO F11 jadi begitu smooth ketika digunakan.

Game Space Bikin Tenang Nge-Game

Buat yang suka nge-game, OPPO F11 bukan cuma jadi perangkat yang siap dari sisi hardware tetapi juga software. Seperti halnya Hyperboost, ColorOS 6 mengintegrasikan peranan AI pada fitur Game Space yang membuat pengguna bisa bermain game lebih nyaman tanpa ada interupsi panggilan masuk, bebas koneksi internet yang lemot, hingga kecerahan layar yang konstan.

Pada fitur ini kamu bisa mengetahui status dari daya tahan baterai dan kekuatan sinyal serta melakukan berbagai pengaturan sebelum memainkan game. Dengan begitu, kenikmatan bermain game sulit terbantahkan dengan perangkat OPPO F11.

Naik Motor Lebih Aman dengan Riding Mode

Sebenarnya fitur ini merupakan bagian dari Driving Mode pada Android 9 Pie yang notabene merupakan sistem operasi yang berjalan di ColorOS 6. Namun, OPPO melakukan berbagai penyesuaian termasuk mengubah namanya menjadi Riding Mode.

ColorOS 6 Riding Mode

Fitur ini bisa mengetahui ketika pengguna sedang berada dalam kondisi menyetir motor dan secara otomatis memblokir panggilan pesan maupun panggilan masuk dan mengirimkan pesan bahwa pengguna sedang berkendara.

Buat anak motor, fitur ini tentunya penting banget. Jadi bisa menunggangi kuda besinya lebih aman tanpa ada interupsi yang membuatnya tidak fokus sehingga bisa mengakibatkan kecelakaan.

Oppo F11

Nah, itulah setidaknya kelebihan-kelebihan dari ColorOS 6 yang Gizmin rasakan ketika menggunakan OPPO F11. Buat kamu yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai performa dari smartphone ini, klik aja di sini untuk menyimak review-nya. Tidak lupa, Gizmin juga sudah bikin podcast mengenai perangkat OPPO F11 yang bisa kamu dengarkan langsung di Spotify.

Nah, apakah kamu siap menyelamai kecanggihan ColorOS 6 di perangkat OPPO F11, Gizmolovers?