Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Lima Fitur Google Assistant Ini Siap Temani Libur Akhir Tahun 2018

Tinggal dalam hitungan minggu saja 2018 segera usai. Itu artinya, banyak orang yang bersiap mengakhiri tahun ini dengan liburan, mengingat ada Natal pada 25 Desember mendatang. Google mempunyai cara baru agar musim liburan akhir tahun tetap menyenangkan baik di rumah atau di luar. Caranya adalah dengan merilis lima update  fitur Google Assistant ini.

Mulai dari mengingatkan jam bangun tidur, menjawab perintah pengguna, lima update Google Assistant di bawah ini bakal membantu siapa pun mengisi musim liburan tanpa khawatir tugas rumah tangga sehari-hari terbengkalai atau kebiasaan saat hari-hari sibuk runyam.

Lalu, apa sajakah  fitur Google Assistant yang dimaksud? Yuk simak sebagaimana kami ambil dari blog Google di bawah ini:

1. Menjawab perintah dari smart speaker atau Smart Display

Yang pertama dari lima fitur Google Assistant adalah upgrade pada fitur Broadcast. Kini, fitur ini mampu menjawab perintah dari smart speaker atau Smart Display ke ponsel pengguna. Ketika balasan diterima di ponsel, sebuah notifikasi akan muncul dan pesan akan ditranskripsikan. Pemakai bisa menanggapinya melalui teks atau melalui suara dengan Assistant. Fitur ini akan tersedia di seluruh smart speakers dan Smart Displays dalam beberapa minggu ke depan.

2. Merekomendasikan resep makanan melalui Smart Displays

Fitur Google Assistant ini berfungsi sekali bagi mereka yang doyan bereksperimen dengan resep makanan. Liburan bisa menjadi momen yang tepat untuk mencoba ragam resep untuk seluruh anggota keluarga. Smart Displays, seperti Google Home Hub, Lenovo Smart Display atau JBL Link View, sebenarnya sudah menjadi pendamping yang tepat di dapur untuk mencari resep dan langkah memasaknya.

Nah, untuk membuat pencarian resep makin gampang lagi, pengguna kini bisa melihat kartu Recommended Recipes atau Rekomendasi Resep langsung dari layar home. Upgrade ini menghadirkan resep langsung di tangan pengguna tanpa perlu menanyakan terlebih dahulu. Saran resep ini diperoleh dari resep serupa yang pernah pengguna cari.

Yang lebih menarik lagi, resep akan secara regular diperbaharui menurut jam makan terdekat dan musim. Jika menemukan resep yang disukai, pemakai bisa menyimpan dan melihatnya kembali di buku masak pribadi dengan memanfaatkan Google Assistant.

Fitur ini akan tersedia pada semua Smart Displays dalam beberapa pekan mendatang.

Baca juga: Ingin Tahu Harimu Seperti Apa? Update Terbaru Google Assistant Punya Jawabannya

Related Posts
1 daripada 26

3. Alarm dari karakter animasi populer

Musim liburan memberikan tantangan bagi siapa pun untuk bisa menjalani hari dengan disiplin, mengikuti rutinitas yang sudah dijalani. Menyadari saat liburan  banyak orang cenderung bermalas-malasan, tersedia fitur Google Assistant ke-3 ini yang berfungsi membangunkan pemakai dengan cara menyenangkan.

Google Assistant kini menghadirkan alarm dari karakter animasi terkenal pada smart speakers. Alarm ini juga akan mempunyai musik, guyonan, fakta hingga kalimat motivasi khas dari karakter pada LEGO City, LEGO Life dan LEGO Friends serta Rise of the Teenage Mutant Ninja Turtles kepunyaan Nickelodeon.

 4. Mengubah ruang keluarga menjadi pusat hiburan cerdas

Tak punya waktu untuk bepergian ke luar negeri karena keterbatasan waktu cuti? Jangan cemas. Sebab menonton film atau memainkan musik bareng anggota keluarga bisa menjadi momen yang tak kalah berkesannya. Fitur Google Assistant yang satu ini bisa membuat ruang keluarga disulap menjadi tempat hiburan cerdas.

Pengguna bisa memanfaatkan dasbor Home View pada Smart Displays untuk mengendalikan perangkat media dan hiburan populer langsung dari layar. Google telah menambahkan perangkat baru, sehingga sekarang TV dari Panasonic, Roku, LG, kotak set top dari Telstra dan remote pintar dari Logitech Harmony sudah kompatibel dengan Home View.

Jika pengguna lebih menyukai podcast atau buku audio, tinggal sesuaikan kecepatan playback dengan bantuan Google Assistant untuk bilang, “Hai, Google, mainkan dua kali lebih cepat” atau “mainkan lebih cepat.”

Google Assistant terbaru bisa dipakai sebagai pengingat dan pengatur agenda, baik saat musiliburan mau pun tidak.  

5.  Memandu hari dari pagi hingga malam

Untuk membantu memuluskan pagi pengguna, Google pekan ini merilis aplikasi Routines to the Clock untuk ponsel berbasis Android. Jadi, usai mematikan alarm, Google Assistant gegas memandu hari penggunanya, seperti menghidupkan mesin pembuat kopi dan lampu, menginformasikan cuaca dan kondisi jalanan ke tempat beraktivitas hingga memberikan kabar berita. Pemakai bisa melakukan kustomisasi terhadap aplikasi ini.

Ketika malam tiba, pemakai bisa meminta Google Assistant untuk mengubah perangkat ke mode “jangan diganggu” dengan sekali perintah. Sebagai contoh, “Hai Google, senyapkan ponselku.” Saat liburan pun, Google Assistant bisa membantu persiapan liburan dengan fitur baru ini lintas perangkat.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More