Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Review HP OMEN 15 (2020): Cocok untuk Gamer & Kreator Konten

2 3.177

Lebih kalem, powerful dan versatile. Itu adalah tiga penggambaran deskripsi dari saya mengenai HP OMEN 15 – 2020 (15-en0013AX), laptop gaming terbaru dari HP di tahun 2020 ini. Sebuah laptop yang tak hanya cocok bagi para gamer, namun juga untuk berbagai keperluan atau pekerjaan lainnya. Alasan saya menyebutnya versatile atau serbaguna.

Kehadiran laptop ini sepertinya cukup dinanti, mungkin berkat spesifikasinya yang memang menggiurkan. Belum lagi desainnya yang juga sudah disempurnakan, ke arah yang lebih positif, setidaknya dari kacamata saya. HP OMEN 15 hadir dengan profil yang berbeda dari seri sebelumnya, namun tetap memiliki ciri khas laptop gaming.

Umumnya memang didesain untuk gamer. Tetapi mungkin Gizmo friends yang bahkan tidak hobi bermain gim, akan cocok untuk menggunakan laptop ini, karena fitur-fitur kunci yang dibawanya. Berikut adalah ulasan saya mengenai HP OMEN 15 – 2020 (15-en0013AX).

Desain

Desain HP OMEN 15

Memang sudah sangat umum bila sebuah laptop gaming didesain dengan profil yang kuat, miliki logo mencolok, sudut lengkung maupun sudut tegas di ujung bodi atau layar. Namun HP gunakan pendekatan berbeda di HP OMEN 15 edisi 2020 ini. Tampilannya… lebih sederhana, namun menurut saya malah menjadi understated.

Kesan bahwa ini adalah laptop gaming masih terasa, lewat beberapa desain sudutnya, namun juga cocok untuk laptop profesional. Logo OMEN di bagian luar terlihat lebih elegan, dengan efek gradasi warna hijau-biru-ungu yang menarik. Yang saya cukup kaget, banyak yang mengenali laptop ini meski saya hanya unggah sudut tertentu saja di media sosial.

Hal tersebut merupakan hal positif tentunya, terutama bagi HP karena produknya sudah miliki ciri khas yang baik. Laptop ini juga tidak terlalu tebal di 2,25cm. Bobot laptopnya sendiri ada di 2,37kg—lebih berat dari laptop keseharian saya yang tak sampai 1,8kg. Masih ditambah dengan AC adapter yang bobotnya sekitar 500g. Lama-lama terbiasa sih, dan meski backpack-nya didesain untuk ukuran laptop 14 inci, masih muat (walau ngepas).

Sisi samping HP OMEN 15

Bodinya terbuat dari kombinasi material metal dan aluminum. Bagian luar tidak mudah kotor, begitu pula dalamnya (meski dari samping kiri dan kanan, terlihat ada gap antara layar dan bagian keyboard). Bagian layar terasa cukup solid, dan bisa dibuka dengan satu jari. Sementara lubang udara ada di bagian belakang, samping kanan serta bawah.

Sedikit catatan yang saya kurang suka adalah desain ujung bawah touchpad, area di mana akan menempel pada telapak atau pergelangan tangan. Sudut ini terasa cukup tajam, alhasil bila tidak dalam posisi yang pas, bagian pergelangan akan terasa sakit atau tidak nyaman. Serta tidak ada opsi pengaman Windows Hello baik dari kamera maupun berupa sensor sidik jari.

Layar

Layar HP OMEN 15

Persaingan smartphone flagship di tahun 2020 saling mengunggulkan refresh rate tinggi untuk panel layarnya, mulai dari 120Hz hingga 144Hz pada beberapa flagship gaming. Lalu bagaimana kalau fitur tersebut dibawa ke laptop? Ya, HP OMEN 15 miliki fitur tersebut, sehingga sangat wajar apabila dalam paket penjualan, terdapat stiker khusus di bawah kiri layar, tunjukkan kemampuan panelnya.

Dimensi layarnya 15,6 inci, dengan resolusi full HD dan response time 7ms. Panelnya sudah IPS, gunakan permukaan anti-glare dengan kecerahan hingga 300 nits. Masih cukup nyaman ketika digunakan di bawah sinar matahari meski tak terlalu cerah, dan sudah mencakup warna 72% NTSC. Bezel di tiga sisi (atas kiri kanan) juga sudah tergolong tipis. Plus, bisa dibuka sampai 180 derajat.

Di smartphone, refresh rate tinggi akan terasa ketika kita melakukan kegiatan seperti scroll atas-bawah di aplikasi media sosial maupun lainnya. Sehingga selain bermain gim, menjelajah situs atau bahkan daftar aplikasi di menu Windows, akan terasa kehalusannya. Sebuah kemewahan yang saya yakin bakal terasa kehilangan ketika kembali ke laptop konvensional dengan layar 60Hz.

Port dan Konektivitas

Port HP OMEN 15

Mungkin karena HP ingin supaya laptop ini juga cocok bagi para kreator konten, tak hanya gamer saja, sehingga port yang dimiliki cukup lengkap. Di sisi kiri, terdapat port charger, RJ-45, USB Type-A (yang mendukung HP Sleep and Charge), HDMI 2.0, audio combo jack serta SD card reader (full-sized). Sementara di bagian kanan ada 2 USB Type-A, Mini DisplayPort serta USB-C yang mendukung DisplayPort 1.4. Baik USB-A maupun USB-C sudah mendukung rate hingga 5Gbps.

Lalu untuk konektivitas, HP OMEN 15 mendukung Wi-Fi 802.11ac (2×2) dan Bluetooth 4.2. Nggak ada masalah tertentu ketika saya sambungkan dengan earphone TWS, baik saat mendengarkan musik maupun conference call. Untuk bagian ini, semuanya aman.

Performa

AMD Ryzen 7 HP OMEN 15

Laptop terkencang yang pernah saya gunakan saat ini. Varian HP OMEN 15 yang saya ulas kali ini, menjalankan prosesor dari AMD, yaitu Ryzen 7 4800H. Clockspeed dasarnya 2.9GHz, yang bisa naik hingga 4.2GHz, punya konfigurasi octa-core. RAM-nya juga sudah dual-channel, gunakan konfigurasi 2 x 8GB berjenis DDR4-3200, dipadukan dengan penyimpanan 512GB PCIe NVMe SSD.

Menjalankan Windows 10 Home Single Language 64-bit, tak sekalipun laptop ini mengalami kendala seperti stutter atau pun lag, sebanyak apapun tab di Chrome serta aplikasi kantor lainnya yang biasa saya gunakan sehari-hari. Berbeda dengan HP Envy x360 yang terkadang terasa panas, HP OMEN 15 selalu terjaga suhunya.

Hal tersebut berkat teknologi OMEN Tempest Cooling, di mana kedua kipas yang ada di bawah mengeluarkan angin ke bagian belakang serta samping kanan bodi. Di bagian bawah bodi juga terdapat ventilasi besar, yang tidak mengeluarkan panas mengganggu ketika gunakan laptop ini di atas paha.

HP OMEN 15 dipersenjatai dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 2060 (6GB GDDR6). Untuk pertama kalinya, ketika saya menjalankan The Sims 4, sejak awal settingan grafisnya otomatis berganti ke ultra, dan sudah mendukung refresh rate 144Hz. Bebas halangan meski sedang ada banyak ojek 3D di dalam satu frame.

Benchmark-HP-OMEN-15-2020

Ketika uji grafis di Novabench pun, stabil di 145-160fps. Dan tentunya, cip grafis ini juga bakal membantu konten kreator lain yang berkutat di aplikasi video editor, maupun edit foto (meski layarnya bukan yang paling akurat, ya).

Untuk optimalkan performa, tersedia aplikasi khusus, OMEN Command Center yang bisa diakses dari tombol pintasan di sebelah tombol Del. Aplikasi ini hadir sebagai dashboard gim maupun pengaturan lainnya, seperti warna backlight keyboard serta pilihan performa. Sayangnya, di menu ini, tak ada opsi untuk senyapkan kipas seperti mode Quiet di Envy x360.

Karena inilah isu yang menurut saya sedikit mengganggu. Iya, HP OMEN 15 memang selalu dingin. Namun ketika saya gunakan untuk kebutuhan ketik-ketik saja (Spotify, Word, Edge browser), nggak jarang kipas tiba-tiba bersuara kencang (banget), sampai dikira suara hujan/lainnya oleh orang yang duduk tak jauh dari laptop.

Fitur Lainnya

Lampu backlit HP OMEN 15

Ingin digunakan untuk conference call? Tenang, mikrofon dan kamera HP Wide Vision 720p yang ada di HP OMEN 15 cukup berkualitas kok. Pandangan luas dengan kualitas yang cukup oke. Sementara keluaran speakernya terletak di samping kiri dan kanan, sudah disempurnakan oleh Bang & Olufsen. Posisinya pas, cukup lantang (meski tidak sekencang Envy x360) dan sedikit kurang bass.

Lampu backlit pada keyboardnya miliki total empat zona, bisa dikustomisasi sesuai selera (meski tingkat kecerahannya hanya satu ya). Baik keyboard dan touchpad nyaman-nyaman saja untuk digunakan. Awalnya sedikit bingung karena tidak ada numpad, yang umum ditemukan di laptop 15,6 inci. Tapi dengan begitu, posisi keyboard tidak terlalu ke kiri.

Tombol powernya juga membutuhkan penyesuaian, karena letaknya yang kurang lumrah di antara tombol Fn dan Del. Tapi jangan khawatir, feedback-nya dibuat lebih berat. Dan HP sudah mencegah agar tidak terjadi hal seperti nggak sengaja ke-shutdown, karena saat ditekan satu kali, tidak akan bereaksi.

Baterai

Di situs resminya, HP berani mengklaim bila laptop ini punya daya tahan baterai hingga 12 jam. Sementara kenyataannya tidak seirit itu. Memang, kapasitas baterai yang diusung cukup besar, yaitu 6-cell 70,9Wh (dibandingkan laptop konsumer lainnya yang umumnya 3-4 cell).

Untuk penggunaan sehari-hari ala saya, baterai HP OMEN 15 (2020) ini bisa bertahan hingga 4-5 jam. Dalam catatan, menggunakan mode “better performance”, sudah atur ke mode “comfort” di OMEN Command Center, menyalakan lampu RGB pada keyboard, serta brightness lebih dari 70%. Plus membuka beberapa keperluan aplikasi kantor seperti Word, Outlook, Spotify serta Edge dengan belasan tab + 2-3 window.

Jadi kalau bisa dihemat (menyalakan battery saver, mematikan backlight keyboard, menurunkan brightness), tentunya bisa tahan jauh lebih lama. Dan untuk ukuran sebuah laptop gaming, sudah cukup impresif bagi saya. Hanya klaimnya saja yang sepertinya agak susah dibuktikan dengan case penggunaan sehari-hari.

Oh ya, charger bawaannya punya output 200W, dan bobotnya cukup berat. Mengisi daya baterai laptop ini selama 30 menit sudah bisa menambah persentase baterai hingga 40% lebih. Sementara untuk isi penuh, butuh waktu kurang lebih dua jam.

Kesimpulan

Kelengkapan HP OMEN 15

Saya pribadi suka dengan pendekatan baru yang digunakan oleh HP pada lini laptop gaming terbaru mereka. HP OMEN 15 hadir dengan desain yang lebih elegan, understated, namun masih sangat bisa dikenali jika ini adalah sebuah laptop gaming. Kombinasi hardware yang dibawanya membuat laptop ini cocok untuk berbagai kalangan.

Pekerja desain, editor video dan mungkin banyak lagi jenis pekerjaan maupun hobi yang bisa dilibas dengan mudah. Beberapa kekurangan yang dimiliki tergolong minor, alias masih bisa dimaklumi. Dengan harga ritel Rp20,999 juta, sudah sesuai dengan value yang diberikan. Belum lagi termasuk garansi 2 tahun dengan Accidental Damage Protection, selain bonus lain seperti back pack, gaming mouse serta lisensi Microsoft Office gratis.


Cek harga produk HP di e-commerce:

Tokopedia Lazada Shopee Bhinneka

   Spesifikasi HP OMEN 15 (2020)

HP OMEN 15
Klik pada gambar untuk spesifikasi lebih lanjut.

General

Device Type Laptop
Model / Series HP OMEN 15 2020
Released 15 Juli, 2020
Status Available
Price Rp20.999.000

Platform

Processor AMD Ryzen 7 4800H
VGA (Graphic Card) NVIDIA GeForce RTX 2060 (6GB GDDR6)
RAM (Memory) 16GB DDR4-3200 dual-channel
Storage 512GB NVMe PCIe SSD
Operating System Windows 10 Home

Body

Dimensions 35.79 x 23.97 x 2.25 cm
Display 15.6" diagonal, FHD (1920 x 1080), 144 Hz, 7 ms response time, IPS, micro-edge, anti-glare, 300 nits, 72% NTSC
Battery 6 cell, 70,9Wh, 200W AC adapter

Connectivity

Webcam HD WideView Vision Camera
Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices. 4.2
Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world. 802.11 ac
NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
I/O Interface Audio Jack Combo 3.5mm
2 USB Type-A 5Gbps
1 Type-C USB 5Gbps
SD Card Reader
Mini Display Port
HDMI
RJ-45

Other

Audio Audio by Bang & Olufsen; DTS:X® Ultra; OMEN Audio Control Support DTS:X® Ultra; Dual speakers; HP Audio Boost 2.0
Features IR thermal sensor, 4-zone RGB backlit keyboard,
86%
Versatile

Review HP OMEN 15 (2020)

Desainnya lebih elegan, performa kencang, dingin serta cocok untuk konten kreator (selain gamer sendiri). HP OMEN 15 (2020) hadir sebagai laptop multifungsi yang lengkap.

  • Design
  • Display
  • Performance
  • Features
  • Battery
2 Komen
  1. […] “Peluncuran Perfect World Mobile ini menjadi bukti nyata upaya kami dalam menghadirkan hiburan game mobile yang beragam untuk gamer di Tanah Air. Kami berharap Perfect World Mobile ini bisa memuaskan gamer mobile di Tanah Air, terutama bagi mereka yang menggemari game MMORPG dan gamer Perfect World itu sendiri,” kata Steven. Baca juga:Review HP OMEN 15 (2020): Cocok untuk Gamer & Kreator Konten […]

  2. Aero berkata

    beli ny dmn yg ga preorder ?
    atau dijual second ny yg bekas di review saya jg mau..

Tinggalkan Balasan