Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Bekraf Buka Peluang Startup Indonesia Terkoneksi Investor Global

Go Startup Indonesia merupakan platform perjodohan yang dibuat Bekraf untuk pengusaha rintisan (startup) dan investor. 

Setelah menggelar roadshow Go Startup Indonesia (GSI) di Yogyakarta, Surabaya, Batam, Medan, Bali, dan Bandung, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyelenggarakan roadshow di Jakarta.

Go Startup Indonesia merupakan platform perjodohan yang dibuat Bekraf untuk pengusaha rintisan (startup) dan investor. Roadshow yang digelar Senin (29/10) ini, Bekraf memberikan talkshow bertema akses permodalan untuk startup dan mentoring dengan materi scalling up your startup.

Selain talkshow dan mentoring, Bekraf juga menyelenggarakan kompetisi pitching, paparan startup untuk mendapatkan investasi. Pitching yang baik adalah salah satu modal startup untuk menarik minat investor berinvestasi pada bisnis mereka. Sehingga, kemampuan pitching sangat penting bagi startup.

“Kami sudah mendapat enam pemenang dari roadshow kota-kota sebelumnya. Hari ini kami akan menyeleksi dan memilih satu pemenang Jakarta. Para pemenang akan bertanding lagi di final,” kata Syaifullah, Direktur Akses Non Perbankan Bekraf, dalam jumpa pers Go Startup Indonesia, yang digelar di Cocowork Filateli, Jakarta (29/10/2018).
Baca juga: Startup Lokal Skyegrid Hadirkan Platform Streaming Game AAA Multi Devices 

Related Posts
1 daripada 6

Go Startup Indonesia

Dijelaskan lebih lanjut, Bekraf memiliki misi untuk meningkatkan dan mengembangkan ekosistem startup di Indonesia. Keberadaaan Go Startup Indonesia ini menjadi salah satu platform untuk menyinergikan stakeholder untuk mempercepat  terciptanya ekosistem startup yang kondusif.

Startup yang mengikuti kompetisi pitching telah dikurasi melalui pitch deck yang mereka kirim. Beberapa hal yang dinilai saat proses kurasi antara lain potensi pasar, tim yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dan traction.

Pemenang roadshow Jakarta akan memperebutkan gelar juara dengan enam startup pemenang dari kota lainnya. Juara umum kompetisi pitching akan mendapatkan mentorship boothcamp internasional dan IDX Mutual Fund, bergabung pada IDX Incubator, dan terkoneksi dengan investor global.

Untuk menggelar program ini, Bekraf juga bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia. Mereka mendorong startup melantai ke bursa untuk scale up sekaligus melakukan Initial Public Offering (IPO) alias menawarkan saham sebagai alternatif investasi bagi perusahaan rintisan.