Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Telkomsel TMI & MDI Ventures Gelontorkan Investasi ke Fintech Kredivo

Setelah mengumumkan pembentukan perusahaan investasi startup, Telkomsel langsung tancap gas. Melalui anak perusahaannya, Telkomsel bersama MDI Ventures melakukan pendanaan pada startup FinAccel yang dikenal dengan layanan fintech Kredivo.

MDI Ventures sendiri merupakan grup usaha Telkom. Sehingga bisa dibilang investasi ini dari sumber keluarga yang sama. Hanya kantongnya saja yang berbeda. Sayangnya, jumlah investasi yang digelontorkan ini tidak disebutkan jumlahnya. Semoga saja banyak agar bagian sahamnya juga besar.

Kredivo adalah startup yang menyediakan alternatif pembayaran digital, dengan berbagai pilihan metode dan  jangka waktu pembayaran bagi pembeli. Intinya, Kredivo memberikan layanan kredit dengan cicilan  secara online.

Untuk mengakomodasi hal tersebut, Kredivo menggunakan data science dalam algoritma penilaian kredit (credit-scoring) yang dikombinasikan dengan sejumlah pengukuran data historis guna menentukan kelayakan kredit. Sehingga dapat membuka akses untuk pemberian kredit bagi kelompok konsumen baru.

Kredivo selama ini telah membantu transaksi pembayaran para pemain besar di e-commerceseperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan sistem kasir online Moka untuk terus berkembang serta menawarkan pilihan pembayaran online yang mudah dan fleksibel kepada pelanggan mereka.

Kredivo
Ilustrasi pengguna mengakses aplikasi Kredivo
Related Posts
1 daripada 31

Menurut CEO TMI,  Andi Kristianto, investasi untuk Kredivo dilatarbelakangi oleh solusi pembayaran fleksibel yang berhasil menyelesaikan permasalahan yang dihadapi segmen profesional muda dalam mendapatkan kredit konvensional.

“Baik FinAccel (Kredivo) dan Telkomsel memanfaatkan teknologi, inovasi, dan transparansi dalam memberikan solusi yang fokus pada kebutuhan pelanggan (customer-centric solution),” ujarnya.

Ia menambahkan, kerjasama Telkomsel dan Kredivo tidak hanya bertujuan untuk menyediakan solusi pembayaran yang lebih fleksibel dan terjangkau, tapi sekaligus  untuk memajukan ribuan pengusaha retail Indonesia. Dimana platform ini bisa memberikan alternatif layanan finansial yang dapat menjangkau segmen pelanggan yang lebih luas.  Sehingga diharapkan dapat membangun produk finansial yang terpercaya dan mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sementara itu CEO FinAccel, Akshay Greg mengatakan kedua belah pihak memiliki tujuan yang sama dalam membangun produk finansial yang terpercaya dan mampu menghilangkan kesulitan transaksi, serta membuat pembelian menjadi lebih terjangkau.

Pertumbuhan pengguna internet dan smartphoneuntuk e-commerce telah berdampak signifikan bagi transaksi keuangan di Indonesia: lebih sedikit konsumen dan perusahaan yang membayar dan dibayar secara tunai, dan penggunaan kartu kredit – baik virtual maupun fisik – tengah meningkat.

Dengan kurang dari 10% pengaju kredit yang berhasil memperoleh produk kredit secara tradisional, Kredivo ingin memperluas akses ke permodalan, yang mereka yakini mampu membantu membangun perekonomian Asia Tenggara yang sudah bertumbuh.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.