Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Keamanan identitas 2018 akan diramaikan oleh 5 tren ini

Pasar keamanan identitas akan semakin ramai dan memanjakan pengguna internet dunia tahun ini sehingga membuat mereka dapat menikmati pengalaman teknologi secara lebih mudah dan cepat, demikian ungkap HID Global, penyedia solusi keamanan identitas terpercaya internasional.

Keamanan identitas pengguna yang kian canggih, HID Global mengatakan organisasi dapat memanfaatkannya untuk menghubungkan pengguna dengan lingkungan sekitar. “Pengalaman pengguna dapat menggambarkan fungsi teknologi seluler, aplikasi Internet on Things (IoT), dan layanan berbasis cloud, serta memberikan manfaat baru yang akan menjadi kunci inovasi masa depan,” ungkap Samuel Asarnoj, Wakil Presiden Senior Strategi Korporat dan Pengembangan Bisnis HID Global dalam siaran pers yang Gizmologi terima akhir pekan lalu.

Survei berhadiah

Menurut HID Global, organisasi atau perusahaan hingga masyarakat akan banyak diuntungkan berkat lima tren keamanan identitas yang mewarnai 2018 ini.

Organisasi merasakan manfaat dari layanan berbasis cloud

Dengan semakin baiknya keamanan identitas akan membuat organisasi semakin tersadarkan bahwa layanan berbasis cloud dapat membuat mereka menikmati berbagai fleksibilitas dan pilihan konektivitas guna mempercepat penyesuaian organisasi. Akses kontrol teknologi berbasis cloud dengan fungsi Application Programming Interface atau API dan Software Development Kit atau SDK akan memungkinkan adanya solusi perangkat lunak baru agar organisasi bisa memperoleh hasil maksimal atas investasi teknologi yang mereka lakukan.

Penerbitan kartu berbasis cloud akan mendorong penggunaan layanan ini melalui keunggulan yang dimilikinya, seperti kemudahan akses, keamanan data dan biaya yang irit. Lalu, proses otentikasi dan pengelolaan data profil berbasis cloud akan mengintegrasikan data tersebut ke perangkat seluler, token, kartu dan endpoints antar mesin. Sertifikat digital pada aplikasi IoT dapat memanfaatkan layanan berbasis cloud yang kredibel untuk mengirimkan dan mengelola sertifikat ke banyak perangkat.

Baca juga: Serangan Malware Targetkan Pengguna Mac, Perangkat Apple Tidak Lagi Aman?

Bertambahnya dorongan keamanan aplikasi IoT

Keamanan identitas pada tahun ini akan melihat sertifikat digital akan menjadi elemen inti yang dapat menambah kepercayaan pada aplikasi IoT dengan cara menerbitkan identitas digital unik untuk digunakan pada printer dan encoder, ponsel, tablet, kamera video dan sistem otomasi bangunan. Selain itu aplikasi IoT juga akan memperluas jangkauan layanan sehingga dapat menghubungkan mobil dan perangkat medis.

Kemampuan Apple iOS 11 yang dapat “membaca” NFC akan mendorong penggunaan keamanan aplikasi IoT, seperti perlindungan merek dan program kesetiaan pelanggan.

Akses seluler semakin populer

Tahun ini akan mencatat pemakaian akses seluler yang kian besar dibandingkan dengan capaian tahun lalu. Masyarakat semakin bisa memperoleh akses yang lebih aman dan nyaman berkat lebih majunya sistem seluler, di antaranya dalam hal integrasi ke sistem lain dan lebih efisiennya operasi seluler. Lebih lanjut, HID memprediksi organisasi akan menaruh investasi pada readers dan infrastruktur lain guna mendukung perkembangan NFC dan BLE di masa depan. NFC masih menjadi jenis kartu yang paling disukai untuk kontrol akses seluler dan banyak diserap oleh Apple Pay.

Solusi data profil terpusat dapat direalisasikan

Cara untuk menggabungkan keamanan identitas untuk segala keperluan dimungkinkan dengan menerapkan konsep Physical Identity & Access Management atau PIAM. Jika terealisasi maka beberapa institusi, seperti lembaga keuangan, industri energi dan pemerintah, menjadi yang pertama yang akan memanfaatkan hal ini guna menciptakan keamanan akses ke berbagai layanan, seperti surat elektronik, situs dan VPN.

Tak hanya itu. Keamanan identitas terpusat yang menggunakan autentikasi layanan berbasis cloud dan perangkat seluler memberikan keunggulan, seperti menginformasikan keberadaan seseorang dan identitas fisik si pengguna.

Keamanan identitas buat analisa data dorong adanya prediksi risiko, kemampuan baru

Tren terakhir menyangkut pada bahan analisa berikutnya yang diperoleh dari terhubungnya perangkat, sistem kontrol akses, aplikasi IoT dan solusi lain ke layanan berbasis cloud. Hasil analisa akan memberi kemudahan akses bagi pengguna akhir dan memaksimalkan alur kerja.

Analisa prediktif dan biometrik akan mempengaruhi dalam hal keamanan identitas terpusat bagi pengguna dan memenuhi kebutuhan karyawan atas perusahaan secara premium dan individual. Analisa turut menolong dalam memanfaatkan waktu bekerja secara optimal sehingga mendorong efektivitas kerja perusahaan melalui pengamatan secara riil.

This post is also available in: enEnglish (English)

%d blogger menyukai ini: