Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Alibaba Kenalkan Teknologi Al Copywriter, Pesaing Baru Penulis Profesional?

Teknologi kecerdasan buatan telah merambah ke berbagai bidang, bahkan di sektor kreatif dimana peran manusia mendominasi. Seperti yang belum lama ini diperkenalkan oleh Alimama, divisi pemasaran digital Grup Alibaba, lewat teknologi AI Copywriter.

Teknologi artificial intelligence (AI) ini disebut dapat membantu para penulis khususnya yang bergerak di bidang marketing (copywriter) untuk mempermudah perkerjaannya. AI Copywriter adalah teknologi terbaru yang telah dikembangkan untuk membantu usaha kecil dan menengah pada platform e-dagang Alibaba, termasuk alat mendesain spanduk pintar.

Dengan teknologi Deep Learning dan Natural Language Processing, Al Copywriter dapat mempelajari berbagai contoh tulisan dari situs e-dagang Alibaba, Tmall dan Taobao.  Selain itu, perusahaan dan pengiklan bisa mendapatkan berbagai contoh teks pemasaran untuk produk mereka hanya dengan memasukkan tautan dan mengklik tombol “Produce Smart Copy”.

“Semua konten yang dihasilkan oleh AI Copywriter adalah hasil dari penerapan model deep learning yang mengacu pada berbagai konten berkualitas yang dibuat oleh manusia. Kreativitas manusia menjadi landasan bagi teknologi ini karena mesin tidak akan mampu menggantikan kreativitas seseorang,” kata Christina Lu, General Manager Alimama Marketing.

Menurut Christina Lu, penggunaan kecerdasan buatan untuk pemasaran memungkinkan manusia untuk mencurahkan lebih banyak energi untuk memperkaya pekerjaan kreatif.”

Teknologi yang mampu menghasilkan 20.000 contoh teks pemasaran dalam satu detik ini, juga telah berhasil melewati Uji Turing. Yaitu sebuah tes yang menilai apakah sebuah mesin mampu memperlihatkan kecerdasan seperti manusia atau tidak.

Para pengguna yang menggunakan teknologi ini dapat mengatur gaya penulisan sesuai kebutuhannya. Seperti, apakah gaya penulisan dari si pengguna bersifat promosi, menyenangkan, menyentuh, puitis, fungsional, atau menyentuh.
Baca jugaAlibaba Gaet UKM Indonesia untuk Belajar E-commerce Ala China

Related Posts
1 daripada 33

Apakah AI Copywriter Menjadi Pesaing Penulis (Copywriter)?

Mulai dari tanggal 4 Juli 2018, Al Copywriter sudah dapat digunakan untuk membantu kebutuhan copywriting para pedagang. Apakah teknologi ini bakal menjadi pesaing bagi para penulis terutama copywriter? Alibaba membantahnya. Alih-alih menggantikan fungsi dari para copywriter, teknologi ini dikliam malah meningkatkan efisiensi kerja. Mereka dapat memilih teks pemasaran terbaik dari berbagai opsi yang disediakan.

Efisiensi ini juga telah menjadi penting karena copywriting adalah pekerjaan yang memerlukan berbagai revisi. Satu produk mungkin membutuhkan hingga sepuluh versi teks pemasaran untuk format iklan yang berbeda. Seperti poster, spanduk situs, halaman penjelasan produk, dan halaman program khusus lainnya.

“AI Copywriter adalah teknologi yang sangat luar biasa,” ucap Shaozhang Ding, Head of e-Commerce Esprit Asia Pasifik. “Dengan penggabungan berbagai data yang kami miliki dan teknologi kecerdasan buatan, AI Copywriter mampu mengurangi beban kerja yang berulang dan membosankan bagi tim kami.”

Sampai saat ini, sudah ada dua merek fashion besar, Esprit dan Dickies yang menggunakan teknologi tersebut. Selain itu, teknologi ini juga telah digunakan lebih dari satu juta kali dalam sehari oleh para pedagang dan pemasar. Contohnya dari situs-situs Alibaba seperti Taobao, Tmall, Mei.com, dan 1688.com.

Sebagai tambahan dari ide yang sama, Alibaba juga meluncurkan teknologi penyelia video yang juga didukung teknologi kecerdasan buatan. Teknologi ini memungkinkan para pedagang untuk memproduksi video promosi. Video promosi tersebut berdurasi 20 detik dalam waktu kurang dari satu menit yang dapat diunggah ke situs Taobao.

 

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan Balasan

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

%d blogger menyukai ini: