Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tingkatkan Pengalaman Tamu, OYO Hotel Adopsi Teknologi Kekinian

Oyo Hotel mengadopsi Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), chatbot, hingga augmented reality (AR).

Tren teknologi menjangkiti berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari di Indonesia. Kini memesan atau membeli apa pun bisa dilakukan melalui internet atau aplikasi di smartphone. Di Indonesia, semakin banyak perusahaan dan brand yang fokus pada teknologi dalam menawarkan layanan dan produknya. Dengan demikian kehidupan sehari-hari pun lebih mudah dan nyaman. Perhotelan pun termasuk industri yang diuntungkan atas kehadiran inovasi teknologi dan OYO Hotel termasuk yang sudah menerapkan solusi berbasis teknologi.

Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan atau artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), chatbot, hingga augmented reality (AR) adalah serangkaian inovasi teknologi kekinian yang diadopsi OYO Hotel untuk meningkatkan layanan.

Inovasi teknologi tersebut tak hanya merevolusi pengalaman konsumen, namun juga mempermudah dari sisi bisnis dan membantu operasional hotel. Contoh penerapannya adalah penggunaan barcode atau QRcode pada brankas, pembayaran mobile atau mesin kasir. Inovasi ini menggantikan sistem pembayaran fisik di loket resepsionis atau kasir, sambil meningkatkan pengamanan, efisiensi dan transparansi.

Penerapan Solusi Berbasis Teknologi Pada Oyo Hotel

Aniel Goel, Chief Technology Officer OYO Hotels & Homes mengakui dampak teknologi dalam mentransformasi industri perhotelan dengan memberikan solusi-solusi potensial bagi para konsumen. Sementara itu dari sisi hotel, inovasi teknologi memungkinkan untuk tetap bersaing dalam industri yang dinamis. OYO memastikan cara kerja operasional yang lebih efektif dan efisien di jaringan mereka, sambil memberikan pengalaman terstandarisasi bagi konsumen.

Aplikasi OYO Hotel
Aplikasi OYO Hotel

“Memastikan pengalaman pelanggan yang berkualitas membutuhkan pendekatan menyeluruh, melibatkan banyak aspek operasional dan profesional. Teknologi berperan penting dalam mewujudkan hal ini.  Pemilik hotel pun dapat mengelola tantangan dan operasional sehari-hari melalui platform yang didukung teknologi. Kami adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan solusi berbasis teknologi dari sisi pengelola, demi membantu mereka dalam mengelola operasional secara menyeluruh. Teknologi semakin menjadi unsur penting dalam mendorong keunggulan kompetitif bagi OYO,” ucap Anil.

Inovasi Teknologi yang Penting Bagi Industri Perhotelan

Walau penerapan teknologi terkini belum sepenuhnya dijangkau industri perhotelan, cepat atau lambat inovasi teknologi semakin membuat dunia terhubung. Berikut ini adalah beberapa inovasi teknologi yang penting bagi industri perhotelan.

  • IoT menghubungkan berbagai perangkat melalui internet. Hotel bisa memanfaatkan untuk mengendalikan lampu sampai suhu ruangan, sehingga bisa menghemat biaya operasional.
  • Big Data memanfaatkan pengumpulan data yang berkembang pesat. Pengelola hotel bisa menawarkan pengalaman menginap yang lebih personal dengan memanfaatkan Big Data. Misalnya, membantu menyarankan lokasi wisata yang lebih tepat kepada tamu berdasarkan usia, budget, dan jenis kelamin. Selain itu bisa juga untuk membuat analisa bisnis, seperti identifikasi strategi harga yang lebih baik dan evaluasi kinerja
  • AI dapat menganalisa berdasarkan tren check in tamu, sehingga dapat digunakan memprediksi momen ketika kamar-kamar terisi penuh. Teknologi ini juga bisa mendeteksi keluhan tamu dan kamar asalnya, sehingga bisa langsung ditangan
  • AR dapat menghadirkan pengalaman yang terkesan canggih bagi tamu, seperti melakukan tur virtual ke kamar dan sekeliling hotel. Dengan demikian tamu bisa mengetahui fasilitas atau atraksi yang tersedia di sekitar hotel.
  • Teknologi Pengenalan (Recognition Technology) menghadirkan autentikasi biometrik yang mulus. Pada industri hotel, tamu bisa membuka kamar dan melakukan check in/check outmenggunakan sidik jari atau pemindaian wajah.
  • Chatbot berfungsi menjawab pertanyaan. Tamu bisa berinteraksi dengan AI melalui tampilan chat. Chatbot bisa memahami pertanyaan sederhana dan menyediakan jawaban dalam waktu singkat, sehingga pegawai hotel bisa fokus pada hal-hal yang lebih rumit atau lebih penting.

Teknologi membantu para pemain di industri perhotelan mempercepat bisnis dan memperluas jangkauannya.  Perluasan jangkauannya termasuk ke pasar yang sedang berkembang seperti anak muda maupun para pelancong yang memahami teknologi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.