Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Ini Kelebihan MediaTek Helio M70, Prosesor Terbaru untuk Smartphone 5G

Di ajang Computex yang digelar pekan lalu di Taiwan, MediaTek mengungkapkan kesiapannya untuk menyambut era teknologi generasi kelima dengan memperkenalkan chipset 5G. Produk anyarnya yang bernama MediaTek Helio M70 ini adalah sebuah sebuah system-on-chip (SoC) 5G 7nm multi-mode yang dirancang untuk memberdayai gelombang pertama berbagai smartphone 5G canggih.

Joe Chen, President, MediaTek, mengatakan semua hal mengenai chip ini dirancang untuk gelombang pertama perangkat-perangkat 5G flagship. Teknologi canggih di chipset MediaTek Helio M70 ini menjadikannya SoC 5G termasuk yang paling hebat dimana MediaTek akan memberdayai perangkat-perangkat 5G kelas premium,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa industri, OEM, dan konsumen memiliki harapan tinggi dari 5G. Pihaknya yakin perangkat-perangkat yang ditenagai chipset 5G MediaTek dengan arsitekturnya yang canggih, fitur-fitur pencitraan terkemuka, AI hebat dan kecepatan 5G ultra-cepat, akan menghasilkan berbagai pengalaman yang luar biasa.

Teknologi di Balik MediaTek Helio M70

Dengan modem 5G, chipset ini mencakup CPU Arm terbaru Cortex-A77, GPU Mali-G77, dan AI processing unit (APU) termutakhir. Kombinasi tersebut untuk memenuhi kebutuhan tenaga dan kinerja dari 5G guna menghasilkan konektivitas cepat dan pengalaman pengguna yang imersif.

Secara jaringan telekomunikasi, MediaTek Helio M70 mendukung 5G multi-mode yang ditujukan untuk jaringan 5G sub5-6GHz standalone dan non-standalone (SA/NSA). Dan mendukung konektivitas dari 2G hingga 4G untuk menjembatani akses ke jaringan yang sudah ada sementara jaringan 5G sedang dibangun di seluruh dunia.

Chipset MediaTek 5G ini terintegrasi dengan modem 5G Helio M70 yang sudah pernah diumumkan sebelumnya. Dimana mampu memberikan solusi komprehensif bagi para pembuat perangkat untuk 5G ultra-cepat dalam bentuk yang efisien penggunaan dayanya. Rancangan chip 5G tunggal dari MediaTek lebih canggih dari solusi dua chip, khususnya dalam kemampuan menghasilkan kinerja irit-daya.

Modem Helio M70 yang terintegrasi dalam SoC 5G ini mendukung konektivitas ganda LTE dan 5G dengan kemampuan berbagi-daya dinamis, ditambah dukungan multi-mode untuk semua generasi konektivitas selular mulai dari 2G hingga 5G. SoC ini juga memiliki teknologi pergantian bandwidth dinamis yang mengalokasikan bandwidth 5G yang dibutuhkan aplikasi-aplikasi tertentu untuk meningkatkan efisiensi daya modem hingga 50 persen dan memperpanjang umur batere.

 

Related Posts
1 daripada 45

Kelebihan MediaTek Helio M70

Chipset baru ini akan siap untuk contoh pelanggan di Q3 tahun 2019 dan dalam perangkat komersil di Q1 tahun 2020. Spesifikasi lengkapnya akan diumumkan beberapa bulan mendatang.  SoC ini  ini dirancang untuk jaringan Sub-6GHz global yang mulai diluncurkan di Asia, Amerika Utara dan Eropa.

Fitur dan teknologi yang dimiliki SoC 5G terintegrasi MediaTek untuk sub-6GHz adalah:

  • Modem 5G Helio M70: MediaTek merancang modem 5G Helio M70 untuk terintegrasi dengan SoC ini.
    Kecepatan unduh 4,7Gbps dan kecepatan unggah 2,5Gbps
    Penghematan daya secara cerdas dan pengelolaan daya komprehensif
    Dukungan multi-mode – 2G, 3G, 4G, 5G – dan berbagi-daya dinamis untuk konektivitas terbaik
  • Arsitektur AI terbaru: Dilengkapi AI processing unit terbaru. Mendukung lebih banyak aplikasi AI tingkat tinggi, termasuk untuk pencitraan seperti de-blur, memungkinkan pengguna mendapatkan foto terbaik bahkan ketika subyek foto bergerak cepat.
  • Teknologi CPU terbaru: SoC 5G MediaTek merupakan “monster” kinerja dengan CPU Arm Cortex A-77 yang baru saja diumumkan.
  • GPU paling canggih: Sebuah GPU Arm Mali-G77 baru yang memungkinkan streaming mulus dan pengalaman gaming di kecepatan 5G.
  • FinFet 7nm inovatif: SoC 5G pertama di dunia yang dibuat dengan proses produksi canggih 7nm untuk penghematan daya tinggi dalam bentuk kecil.
  • Kecepatan tinggi: Kecepatan unduh maksimal 4,7Gbps (sub-6GHz) dan dukungan New Radio (NR) 2 Component Carrier (CC). Mendukung arsitektur jaringan 5G non-standalone (NSA) dan standalone (SA).
  • Kinerja yang mendukung multimedia dan pencitraan: Mendukung encode/decode video 4K di 60fps dan kamera resolusi tinggi (80MP).

Konsumen dianggap yang paling diuntungkan dari masuknya MediaTek ke pasar chipset 5G. Karena seiring dengan upaya MediaTek mendorong lebih banyak perangkat 5G, akan lebih banyak orang yang bisa mengakses teknologi canggih.

MediaTek saat ini juga sudah mulai bekerja sama dengan para operator selular, pembuat perangkat dan pemasok. Hal ini untuk melakukan verifikasi akan kesiapan pasar untuk teknologi 5Gnya di mobile dan juga untuk rumah cerdas serta mobil cerdas.

Termasuk dalam pengembangan teknologi RF yang menghasilkan solusi 5G yang lengkap, berdasarkan standar, dan optimal, ke pasar dalam waktu cepat. Beberapa perusahaan yang berkolaborasidi teknologi RF adalah Oppo, Vivo dan pemasok RF kelas atas seperti Skyworks, Qorvo, dan muRata.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.