Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Perbedaan Koneksi WiFi & Data Seluler Pada Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

Di zaman sekarang, sebagian besar dari kita sudah sangat tergantung dengan smartphone. Karena berbagai hal bisa dilakukan dari perangkat mungil ini, asalkan ada koneksi internet. Mulai dari aktivitas reguler di dunia maya seperti mengobrol via pesan instan, bersosialisasi di media sosial, mendengarkan lagu, menonton video streaming. Hingga untuk mendukungn pekerjaan dan aktivitas harian seperti ojek online, pesan makan, dan sebagainya.

Semua aktivitas tersebut membutuhkan koneksi internet. Secara teknis, internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (disingkat sebagai istilah TCP/IP).

TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna yang ada di dunia. Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca juga:  Koneksi Jaringan di Indonesia Masih “Menderita”

Hampir setiap gadget membutuhkan koneksi internet untuk mendukung aktivitas penggunanya. Secara umum, akses ke internet di smartphone dibedakan menjadi dua jenis yaitu melalui data seluler dan koneksi WiFi. Seperti apa perbedaannya? Simak ulasan berikut ini ya guys.

Data Seluler

Ini merupakan koneksi langsung antara perangkat smartphone dengan operator seluler yang bertindak sebagai penyedia layanan internet. Artinya perangkat smartphone langsung terdaftar pada sistem pengalamatan IP address dalam jaringan ISP atau bisa juga langsung terdaftar pada jaringan publik.

Pemilik smartphone tidak membutuhkan perangkat tambahan apapun untuk bisa terkoneksi pada jaringan data seluler, yang dibutuhkan adalah perangkat smartphone dapat menangkap sinyal GSM atau 3G,  membeli dan mendaftar paket langganan internet kepada ISP.

Related Posts
1 daripada 48

Kelebihan koneksi internet melalui data seluler adalah ketersedian koneksi yang selalu tersedia, hal ini disebabkan oleh luasnya jangkauan sinyal jaringan seluler.

Kelemahannya adalah koneksi jaringan koneksinya tidak begitu stabil tergantung pada kualitas sinyal seluler yang diterima oleh smartphone.

Koneksi WiFi

Koneksi intenet dengan wifi pada perangkat smartphone harus membutuhkan perantara perangkat lain dalam hal ini adalah access point. Pada koneksi wifi, smartphone berperan sebagai wifi client dan butuh access point untuk terkoneksi ke jaringan kabel atau jaringan yang menuju ke ISP agar dapat tersambung ke internet.

Koneksi wifi tidak menjamin smartphone bisa terkoneksi ke internet, untuk terkoneksi ke internet syaratnya adalah harus ada sambungan antara access point ke jaringan internet. Koneksi internet bisa melalui modem wifi access point router atau koneksi kabel pada access point.

Kelebihan koneksi wifi adalah stabilitas koneksi yang baik namun jangkauannya sangat terbatas.

Perbedaannya

  1. Frekuensi yang dipakai oleh jaringan mobile data atau jaringan seluler adalah 900 MHz sampai 2200 MHz, sedangkan jaringan wifi adalah 2400 MHz atau 2.4 GHz dan 5.2 sampai dengan 5.8 GHz.
  2. Dengan data seluler jangkauannya lebih luas namun tidak begitu stabil, dengan wifi koneksinya stabil tapi jangkauannya terbatas.
  3. Pemakaian data dengan koneksi data  seluler merupakan pemakaian yang secara langsung tercatat oleh Internet Provider, sedangkan koneksi internet melalui jaringan wifi pada hotspot gratis tidak mempengaruhi kuota internet langganan kita.
  4. Dengan data seluler perangkat smartphone tidak butuh perangkat tambahan lainnya, sedangkan koneksi wifi membutuhkan tambahan perangkat access point.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.