Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Samsung Rilis Sensor Gambar untuk Foto Resolusi Tinggi, Piksel Lebih Kecil

Pengalaman menggunakan kamera beda dari sebelumnya terus menantang produsen smartphone melakukan inovasi pada sektor ini. Sensor piksel gambar Samsung yang terbaru diperkenalkan ke publik seiring tumbuhnya permintaan sensor gambar beresolusi tinggi tetapi berukuran piksel lebih kecil.

Sensor piksel gambar Samsung yang terbaru tersebut adalah sensor piksel gambar 0,8 mikrometer (μm) – 48-mega piksel (Mp) Samsung ISOCELL Bright GM1 dan 32Mp ISOCELL Bright GD1.

“Permintaan sensor piksel gambar resolusi tinggi yang ultra kecil semakin meningkat seiring dengan evolusi smartphone yang ingin menghadirkan pengalaman menggunakan kamera yang baru dan lebih menarik bagi pengguna,” kata Ben K. Hur, wakil presiden marketing System LSI pada Samsung Electronics.

“Pengenalan sensor gambar 0,8μm-pixel Samsung ISOCELL Bright GM1 dan  GD1 menunjukkan komitmen kami menerusakan inovasi dalam teknologi sensor gambar,” kata Ben.

Produsen ponsel cerdas semakin ditantang untuk menghadirkan banyak kamera yang bisa ditampung ke dalam desain ramping smartphone flagship. Dengan ukuran piksel yang dikurangi, sensor piksel gambar Samsung tersebut sanggup menyediakan keluwesan desain yang lebih besar, memungkinkan pemanufaktur modul kamera membuat modul yang lebih kecil atau memasukkan lebih banyak piksel ke dalam desain yang sudah ada. Walhasil, sensor piksel gambar Samsung ini membuat firma tersebut bisa memaksimalkan pemakaian ruang pada smartphone yang langsing dan bezel-less.

Sensor piksel gambar Samsung tersebut dibuat berdasarkan teknologi isolasi piksel terbaru, yakni ISOCELL Plus, yang mengoptimalkan kinerja, terutama untuk piksel berdimensi lebih kecil. Sehingga, sensor piksel gambar Samsung ini menjadi solusi yang ideal untuk kamera saat ini yang mempunyai resolusi super.

Galaxy Note 9, salah satu smartphone flagship Samsung

Selain itu, teknologi Tetracell dimana ada empat piksel yang digabung agar bisa bekerja sebagai satu unit untuk menambah sensitivitas cahaya, membuat dua sensor piksel gambar Samsung ini sanggup menghadirkan sensitivitas cahaya yang setara dengan sensor gambar 1,6μm masing-masing pada resolusi 12 Mp dan 8Mp. Sensor tersebut turut mendukung stabilitasi gambar elektronik berbasis Gyro yang membuat tangkapan gambar bisa cepat dan akurat.

Baca juga: Rumor: Samsung Kembangkan Teknologi Kamera Depan Under Display

Fitur high dynamic range atau HDR ditambahkan pada sensor DG1 agar warna lebih kaya, mendetil dan pencahayaan lebih seimbang ketika memfilmkan video selfie atau melakukan streaming video untuk membuat konten, bahkan saat situasi redup cahaya atau berkontras tinggi.

Dua sensor piksel gambar Samsung ini dijadwalkan diproduksi secara massal kuartal keempat tahun ini juga.

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More