Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tren Teknologi 2019: Ekosistem Digital Berbasis Data

Memasuki tahun 2019, dekade kedua abad 21 pun semakin dekat. Kita sedang menuju era baru kemitraan manusia dan mesin. Dell Technologies memprediksi tren teknologi tahun ini merupakan Tahun Ekosistem Digital Berbasis Data.

Demi mendapatkan wawasan untuk meningkatkan pendapatan bisnis dibutuhkan analisa data dalam volume sangat besar dan cara pintar dalam bekerja. Analisa data tersebut dapat dilakukan dengan memberdayakan ekosistem digital berbasis data. Nah, pemberdayaan ini membutuhkan pembelajaran mesin (Machine Learning) dan perkembangan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

“Transformasi digital sangat penting demi meraih manfaat semua aset data di era data,” ucap Jeff Clarke, Vice Chairman, Products & Operations, Dell.

Berikut ini prediksi Dell mengenai tren teknologi di tahun 2019

5G

Perangkat 5G yang lebih handal dalam hal kecepatan dan aksesibilitas jaringan data. Dengan demikian akan lebih banyak benda dan sistem dengan berbagai aktivitas yang mengandalkan AI dan pembelajaran mesin. Edge computing pun akan berkembang pesat sehingga mengubah cara organisasi memanfaatkan data demi kemajuan bisnis.

Cloud

Keberadaan teknologi cloud sebagai model operasional sudah diprediksi Dell tahun lalu. Tren penggunaan mega-cloud ini pun terus berlanjut, sehingga mendukung otomatisasi, pemrosesan AI dan pembelajaran mesin pun lebih cepat. Berkat teknologi tersebut, organisasi dapat mengelola, memindahakan dan memproses data setiap saat dan di mana pun.

Internet of Things

Related Posts
1 daripada 46

Integrasi antara pekerjaan dan kegiatan sehari-hari pun semakin erat. Pada teknologi rumah pintar misalnya, di mana semua peralatan elektronik saling terhubung dan memenuhi kebutuhan secara otomatis. Bahkan kesehatan pun dapat otomatis terpantau berkat berbagai perangkat yang dikenakan. Data tersebut dengan mudah bisa dikirim ke layanan kesehatan demi memperoleh perawatan yang sesuai.

Big Data

Volume data semakin besar, diperkirakan mencapai 44 Zettabytes pada tahun 2020. Data tersebut memiliki nilai yang besar dan dapat mendukung proses bisnis menjadi lebih efisien serta memicu berbagai inovasi baru. Berbagai perusahaan baru akan muncul demi menaklukkan tantangan yang lebih besar. Investasi pun akan lebih banyak ditanamkan di sektor teknologi.

Gen Z

Dunia kerja akan mulai dimasuki oleh Gen Z, yaitu generasi yang lahir setelah tahun 1995. Angkatan kerja pun terdiri dari lima generasi. Pendidikan formal Gen Z sudah mencakup penggunaan teknologi yang membuat mereka memahami dasar-dasar pemrograman perangkat lunak. Penggunaan teknologi pun menjadi bagian pengalaman kerja Gen Z.

Proteksi Data

Aset organisasi yang paling berharga adalah data, sehingga pengamanan dan perlindungan data merupakan prioritas utama. Organisasi harus berinvestasi lebih besar pada keamanan, baik untuk enkripsi yang lebih kuat di akses end-point maupun keamanan siber cerdas. Perlindungan data yang paling rentan diserang atau dicuri dapat dilakukan secara pro aktif oleh AI dan pembelajaran mesin. Akses yang mencurigakan pun dapat digagalkan sebelum manusia menyadari ada data yang diserang.

Langkah Dell

Dell melakukan inovasi baru praktik daur ulang dan closed loop demi menjalankan bisnis yang berkelanjutan. Langkah ini diyakini akan diikuti banyak organisasi karena bisnis yang berkelanjutan dapat mendatangkan berbagai keuntungan. Beberapa inisatif daur ulang tersebut mencakup pengubahan plastik limbah laut menjadi kemasan daur ulang, pembuatan kemasan tinta cetak dari jelaga dan asap knalpot generator disel. Dell akan berbagi blue print dari inisiatif-inisiatif tersebut. Kekuatan data pun akan dibuka demi mengubah bisnis dan kehidupan sehari-hari di era data ini.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More