Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Upgrade Chip NFC-nya, iPhone Akan Bisa Dipakai Buat Buka Pintu Rumah

Lebih sering lupa menaruh kunci atau smartphone? Jika jawabannya kunci mungkin menunggu hasil upgrade chip NFC iPhone layak dilakukan. Pasalnya, pembaharuan chip ini bisa membuat penggunanya membuka gembok rumah cukup dengan menggunakan iPhone mereka saja.

Tak hanya buat membuka pintu rumah, upgrade chip NFC iPhone atau Near-Field Communication akan berfungsi membuka pintu mobil bahkan membayar tariff, demikian tulis The Information via Engadget.

Apple, selaku produsen iPhone, dikabarkan mempersiapkan upgrade besar-besaran pada chip tersebut, yang saat ini banyak dipakai untuk melakukan pembayaran melalui Apple Pay.

Karyawan Apple sudah mempunyai akses terhadap upgrade chip NFC iPhone tersebut dan sepertinya menggunakan iPhone mereka untuk mengakses kantor dan gedung di markas besar Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Sebenarnya kita bisa menggunakan iPhone untuk membuka kunci cerdas via Bluetooth, tetapi NFC dinilai menjadi pilihan yang lebih aman.

Guna memuluskan strategi upgrade chip NFC iPhone yang bisa membuat penggunanya membuka pintu lebih aman, Apple dilaporkan tengah bekerjasama dengan HID Global.

HID Global merupakan perusahaan yang membuat sistem sekuritas pada iPhone yang telah memberikan akses bagi pengguna iPhone terhadap gedung dan kantor sejak 2014. Tak cuma itu. Apple pun dikabarkan telah bernegosiasi dengan produsen kartu Cubic yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Sebagaimana yang kita ketahui, pengguna sebenarnya sudah bisa menggunakan mobile payment Apple untuk membayar tagihan di beberapa tempat, seperti Jepang, sebagian Tiongkok, London (Inggris) dan sejumlah kecil kota di AS. Tetapi kerjasama dengan Cubic akan memberikan iPhone kemampuan sebagai kartu transit bagi penggunanya nanti di seluruh dunia.

Hajatan Apple bakal penuh inovasi kekinian. Foto oleh 9to5mac.com

Menurut The Information, Apple diprediksi mengumumkan kecanggihan dalam upgrade chip NFC iPhone ini dalam perhelatan Worldwide Developers Conference. Acara ini akan dimulai pada 4 Juni 2018 atau Senin pekan depan hingga 6 Juni 2018 atau Rabu di San Jose. Akan ada lebih dari 100 sesi teknis dan yang terkait dengan desain oleh insinyur Apple untuk generasi aplikasi masa depan dengan menggunakan teknologi terbaru dari Apple. Pengunjung juga bisa berkonsultasi mengenai aplikasi dengan pakarnya secara langsung. Hal-hal yang bisa ditanyakan, seperti soal review aplikasi dan aksebilitas.

Baca juga: Apple Siapkan 3 Versi iPhone X Harga Lebih Miring?

Jika benar-benar upgrade chip NFC iPhone terealisasi pengguna iPhone model lama, yakni keluaran 2014 dan setelahnya, jangan khawatir. Kalian tidak perlu membeli iPhone baru. Cukup unduh update pada software-nya lalu bisa gunakan gadget kalian buat membuka pintu.

So, bye bye keychain?

 

 

%d blogger menyukai ini: