Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Agar Tetap Aman Berinteraksi di Instagram

Pada peringatan Hari Internet Aman Sedunia tahun ini, tema yang diusung adalah “Bersama Membangun Internet Menjadi Lebih Baik”. Nah, berkenaan dengan peringatan tersebut, mari kenali kembali fitur keamanan Instagram demi melindungi diri sendiri dan pengguna lain.

Bila ada foto atau konten di instagram yang melanggar pedoman komunitas Instagram, maka pengguna bisa melaporkan konten tersebut pada Instagram. Laporan tersebut kemudian akan ditinjau dan jika konten tersebut terbukti melanggar, tentu akan segera dihapus.

Cara melaporkan konten yang melanggar ini adalah dengan menekan ikon “…” di pojok kanan atas konten atau profil pengunggah konten. Komentar yang tak pantas pun bisa dilaporkan dengan menggeser komentar ke arah kiri. Konten negatif yang terdapat di fitur Live, IGTV dan Stories pun bisa dilaporkan dengan menekan ikon “…” di bagian bawah layar.

Pesan pribadi melalui fitur Direct pun bisa dilaporkan. Caranya dengan menekan dan menahan pesan, lalu pilih “Laporkan”. Seluruh laporan Anda bersifat anonim, sehingga pengguna lain yang dilaporkan tak tahu siapa yang melaporkan konten unggahannya.
Baca juga: Sepele Tapi Berisiko, Ini 5 Kesalahan Umum di Media Sosial

Tips Aman Instagram

Cara Mengatasi Intimidasi atau Perundungan di Instagram

Ada beberapa cara untuk mengatasi perundungan di Instagram. Pertama adalah dengan memblokir akun yang melakukan perundungan. Jika suatu akun sudah diblokir, maka akun tersebut tak bisa melihat profil kita atau pun mengomentari segala konten yang kita unggah. Pengguna yang diblokir tak akan mendapat notifikasi, blokir tersebut dapat dibatalkan kapan saja.

Komentar pada postingan juga bisa dikendalikan, caranya adalah dengan mengubah pengaturan agar orang lain tak dapat berkomentar di postingan. Tersedia juga filter untuk menyembunyikan komentar kasar di postingan secara otomatis. Fitur ini sebenarnya otomatis aktif, dan dapat dimatikan pada bagian pusat Kontrol Komentar di aplikasi.

Kemampuan filter tersebut dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan filter manual yang bisa membuat daftar kata atau frasa ofensif versi kita sendiri. Pengaturan lainnya adalah dengan menentukan pengguna mana saja yang bisa mengomentari postingan atau memblokir komentar dan pengguna yang sudah ditentukan.

Fitur-fitur tersebut dapat diakses dari Settings atau Pengaturan, kemudian pilih “Kontrol Komentar”/

Related Posts
1 daripada 33

Cara Melindungi Privasi

Akun Instagram bisa dibuat privat sehingga hanya orang yang mengikuti kita saja yang bisa melihat postingan kita. Pengikut atau followers pun bisa dihapus setiap saat. Jika tak ingin ketahuan sedang aktif memakai Instagram, kita pun bisa mematikan “Status Aktivitas” sehingga tak ada yang tahu bahwa kita sedang online. Fitur tersebut dapat diatur dari menu “Privasi dan Keamanan” pada Pengaturan.

Foto atau video pun bisa dihapus dari Feed dengan menekan “Hapus” di bagian atas konten tersebut. Stories pun bisa dibagikan hanya pada orang tertentu saja, caranya adalah dengan membuat daftar teman dekat di Stories. Postingan Stories pun hanya bisa dilihat pengguna lain yang ada pada daftar tersebut. Daftar ini dapat dibuat dengan menekan menu “Teman Dekat” yang terdapat pada halaman profil Instagram kita.

Mengamankan Akun Instagram

Agar akun tetap aman, buatlah kata sandi yang kuat. Gunakan enam karakter yang merupakan kombinasi angka, huruf dan tanda baca. Jangan samakan kata sandi semua akun yang dimiliki. Tersedia juga pengamanan tambahan dengan autentikasi dua faktor. Pengamanan tambahan ini bisa memakai aplikasi DUO Mobile atau Google Authenticator.

Mengatur Waktu Penggunaan Instagram

Pada bagian “Aktivitas Anda” tersedia dasbor yang menampilkan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan memakai Instagram selama sehari. Total waktu yang telah dihabiskan selama sehari dapat dilihat dengan menekan grafik harian.

Pengingat harian dapat diaktifkan dari bagian bawah dasbor. Notifikasi akan otomatis dikirim jika telah mencapai batas waktu yang ditentukan untuk mengakses Instagram dalam sehari. Pengaturan ini dapat disesuaikan kembali setiap saat. Bila ingin membisukan notifikasi tersebut, masuk menu “Pengaturan Notifikasi”, lalu aktifkan “Senyapkan Notifikasi Otomatis”.

Melindungi Orang Lain

Bila ada konten yang menyiratkan keinginan bunuh diri atau melukai diri sendiri, maka konten dapat dilaporkan sebagai “melukai diri sendiri”. Ketika akun tersebut membuka aplikasi, maka akan tampil pesan untuk menghubungkan mereka ke beberapa sumber bantuan. Sumber tersebut mencakup bicara dengan teman, menghubungi layanan bantuan atau mencari sumber bantuan lain.

Demikianlah beberapa tips agar tetap aman saat menggunakan aplikasi Instagram. Aplikasi ini bisa diinstal pada smartphone dari Google Play Store atau App Store.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More