Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Tips Cek Saldo Kartu Uang Elektronik Pakai Smartphone

Generasi milenial kini lebih suka bertransaksi secara cashless. Berbagai layanan publik pun kini sudah mengharuskan pembayaran menggunakan kartu uang elektronik sistem tap, jadi tak hanya merchant untuk kebutuhan konsumtif saja. Layanan transportasi umum seperti kereta dan TransJakarta pun sudah mengharuskan transaksi secara cashless, demikian juga dengan jalan tol.

Beberapa layanan publik mengharuskan penggunanya menggunakan uang elektronik yang menggunakan sistem tap atau teknologi Near Field Communication (NFC). Bayangkan jika saldo pada kartu Anda tidak mencukupi saat berada di tengah jalan tol. Tentu bisa jadi sasaran amarah pengguna jalan lain karena menghalangi lalu lintas. Nah, agar tak kaget di jalan, sebaiknya rajin-rajinlah cek saldo kartu elektronik Anda.

Cek Saldo Kartu Uang ElektronikKini tak perlu repot mencari mesin EDC atau ke loket halte TransJakarta untuk bisa mengecek saldo kartu elektronik. Cukup memakai smartphone pun bisa. Caranya dengan menginstal aplikasi dari bank yang sesuai dengan kartu elektronik yang dipakai. Syaratnya tentu saja smartphone sudah didukung dengan fitur NFC.

Beberapa bank yang sudah menyediakan aplikasi ini antara lain adalah BCA, BNI dan Bank Mandiri. Masing-masing aplikasi dari bank tersebut adalah BCA Mobile, BNI TapCash Go dan e-money info.
Baca juga: 6 Tren Belanja Online Indonesia di 2019 yang Perlu Diketahui

Setelah aplikasi diinstal, jangan lupa aktifkan fitur NFC pada smartphone. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan fitur ini. Pertama adalah melalui akses langsung dari menu shortcut yang muncul saat mengusap layar dari bagian atas ke bawah. Cara kedua adalah dari menu Settings, biasanya menu ini terdapat di bagian Wireless & Networks, bila tak tersedia, tekan Mode. Setelah menu NCF tampak, maka masuk ke menu dan tekan fitur NFC.

Mari simak beberapa aplikasi sesuai dengan Bank penerbit kartu uang elektronik.

BNI TapCash Go

Pengguna Android dapat menginstal aplikasi ini dari Google Play Store. Aplikasi TapCash Go hanya dapat digunakan untuk membaca BNI TapCash saja. Tidak terintegrasi dengan rekening bank BNI lainnya atau pun fungsi perbankan lain. Kerennya aplikasi ini tak hanya sekedar untuk cek saldo, tetapi juga bisa dipakai untuk mengupdate saldo dan melihat mutasi transaksi.

Related Posts
1 daripada 48

Seperti halnya aplikasi E-money, aplikasi BNI TapCash Go juga khusus digunakan untuk BNI TapCash saja, terpisah dari fungsi perbankan lain. Tetapi kelebihannya aplikasi ini tak hanya sekedar berfungsi untuk mengecek saldo saja, tetapi juga dapat digunakan untuk melihat mutasi transaksi dan update saldo.

E-money

Aplikasi E-money dapat diinstal dari Google Play Store. Fungsi aplikasi E-money dari Bank Mandiri adalah untuk mengecek saldo kartu E-money atau E-toll. Sayangnya aplikasi ini hanya bisa membaca saldo dan nomor kartu saja, tidak tersedia informasi transaksi lainnya.

BCA mobile

Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS, masing-masing bisa menginstalnya dari

Google Play Store dan iTunes. Kelebihan aplikasi ini adalah tergabung dengan fungsi perbankan yang disediakan oleh BCA. Jika ingin membaca kartu Flazz, cukup buka aplikasi dan pilih menu Info Saldo Flazz.

Pada fitur Info Saldo Flazz, pengguna tak hanya bisa membaca saldo kartu, tetapi bisa juga mengetahui rincian transaksi yang dilakukan menggunakan kartu Flazz tersebut.

Nah, sekarang tak bingung lagi kan kalau ingin mengecek saldo kartu elektronik. Tinggal instal saja sesuai dengan kartu yang sering dipakai. Jika punya semua, instal semua juga boleh kok.