Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Menjajal Ecovacs Deebot Ozmo T8, Apa Keunggulannya Dibanding Kompetitor?

1 1.963

Hadirnya beragam perangkat yang masuk dalam kategori internet of things (IoT) tentu untuk permudah kehidupan sehari-hari. Mulai aksesoris kecil seperti earphone TWS, sampai peralatan rumah yang punya fitur cerdas. Salah satu yang sedang naik daun belakangan, terutama di masa pandemi adalah alat kebersihan seperti robot vacuum cleaner.

Harganya kini beragam, dengan merk yang beragam juga. Fungsinya sangat membantu untuk membersihkan rumah sehari-hari, cukup penting apalagi waktu yang dihabiskan sekarang lebih banyak di rumah. Supaya praktis aja, nggak perlu nyapu dan ngepel sering-sering. Kali ini, tim Gizmo berkesempatan untuk uji Ecovacs Deebot Ozmo T8 dan Roborock S6 MaxV.

Keduanya cukup populer untuk sebuah robot vacuum cleaner premium, tawarkan fitur yang sebenarnya serupa. Akan tetapi, sama dengan membandingkan dua smartphone di segmen harga sama, tentu ada beberapa perbedaan yang bisa menentukan kualitas keduanya, dan mana yang lebih layak menjadi pilihan.

Dari pengujian yang kami lakukan, satu perangkat punya fitur keamanan lebih lengkap. Namun tak menjadikan perangkat tersebut sebagai pemenang. Penasaran kenapa bisa begitu? Berikut perbandingan dua robot vacuum cleaner, Ecovacs Deebot Ozmo T8 versus Roborock S6 MaxV.

Desain

Desain Ecovacs Deebot Ozmo T8 vs Roborock S6 MaxV

Pada dasarnya, kedua perangkat punya bentuk dan ukuran yang identik. Bentuknya melingkar, dengan satu tonjolan di bagian atas yang berisi sensor untuk deteksi beragam kebutuhan saat proses pembersihan. Meski terhitung subyektif, saya melihat aksen warna putih dan keemasan di bodi atas Ecovacs Deebot Ozmo T8 terlihat lebih mewah.

Perangkat Ecovacs juga hadir lebih simpel dengan satu tombol (power) saja, sementara Roborock S6 MaxV punya tiga tombol—selain power, ada tombol “spot cleaning” dan “dock” untuk kembali ke docking station. Selama penggunaan sih tidak pernah saya pakai, karena bisa dikendalikan dari smartphone.

Lalu dari ketinggian kedua perangkat, Ecovacs lebih rendah sekitar 2mm. Perbedaan ini membuat Ecovacs Deebot Ozmo T8 bakal lebih mudah untuk masuk ke kolong meja maupun tempat tidur. Selebihnya sama, posisi kotak sampah/debu ada di balik tutup atasnya, dan tangki air untuk alat pel ada di bodi samping belakang, yang sangat mudah untuk dilepas pasang.

Setup Awal

Ecovacs Deebot Ozmo T8 vs Roborock S6 MaxV - Setup Awal

Menjadi perangkat rumah, tentunya bagian ini cukup penting untuk dikomparasi. Apalagi kalau Gizmo friends hendak membelikan salah satu dari robot vacuum cleaner ini untuk orang tua di kota yang berbeda. Keduanya sama-sama memerlukan listrik untuk charging station, smartphone untuk kendali perangkat dan koneksi Wi-Fi.

Ketika pertama kali saya mencoba mengaktifkan Ecovacs Deebot Ozmo T8, prosesnya sangat jelas dan mudah. Pada bagian bodi perangkat, terdapat stiker dengan petunjuk huruf besar, dan tahap-tahap yang tidak membingungkan. Kurang lebihnya, unduh aplikasi di Android/iOS, scan QR code yang ada di bodi perangkat, sambungkan ke Wi-Fi, selesai.

Aplikasi Ecovacs & Roborock

Berbeda dengan Ecovacs, Roborock S6 MaxV dilengkapi dengan buku panduan khusus. Proses penyambungannya sedikit lebih lama, dan untuk pengguna iOS, perlu ada transisi alias harus menyambungkan ke Wi-Fi direct perangkat lebih dulu, sementara Ecovacs terjadi secara otomatis. Langkahnya sedikit lebih banyak, jadi untuk bagian ini, Ecovacs lebih unggul.

Aplikasi

Tampilan Aplikasi EcovacsHome
Tampilan Aplikasi EcovacsHome

Menggunakan aplikasi ECOVACSHOME, tampilan antarmukanya cukup bersih dan jelas. Tidak ada elemen tambahan yang tidak perlu, langsung tampilkan fungsi-fungsi utama yang dimiliki perangkat. Setelah memilih perangkat yang sudah teregistrasi, di dalamnya kita bisa melihat hasil pemetaan, preferensi pembersihan, mengaktifkan perangkat hingga menyuruhnya untuk kembali ke docking station.

Juga ada menu tambahan untuk berikan pengingat membersihkan kain pel, sampai estimasi waktu kapan filter dan komponen lainnya harus diganti. Mode advanced juga tersedia di mana kita bisa melakukan pemetaan area untuk setiap lantai di rumah (multi-floor map), atau zona tertentu untuk dihindari.

Tampilan Aplikasi Roborock
Tampilan Aplikasi Roborock

Bagaimana dengan Roborock? Kurang lebih sama, bisa memilih preferensi pembersihan, menambahkan peta baru untuk lantai yang berbeda, sampai ada dua fitur menarik yang tidak dimiliki Ecovacs. Yaitu mengubah suara robot ke Bahasa Indonesia, sampai menjadikannya kamera pengintai yang bisa kita kendalikan, manfaatkan kamera yang ada pada bodinya.

Sensor & Pemetaan

Fitur kamera Roborock
Fitur kamera pengintai pada Roborock S6 MaxV

Kenapa Roborock S6 MaxV bisa punya fitur kamera pengintai? Karena pada bodi sampingnya, terdapat dua kamera wide-angle yang digunakan untuk deteksi objek. Dua kamera tersebut juga ditemani dengan sensor inframerah dan LiDAR untuk melakukan pemetaan ruangan agar lebih presisi, baik siang maupun malam hari.

Sensor Kamera Roborock S6 MaxV
Sensor kamera Roborock S6 MaxV.

Sementara Ecovacs Deebot Ozmo T8 dilengkapi dengaan TrueDetect 3D Technology, dapat mendeteksi objek di sekelilingnya mulai jarak 4,5cm hingga 30cm, bahkan objek dalam ukuran 1mm. Dengan begitu, dapat mengurangi risiko tersangkut benda kecil seperti kabel yang berserakan di lantai.

Ecovacs Deebot Ozmo T8
Sensor yang dimiliki Ecovacs Deebot Ozmo T8 lebih tidak terlihat.

Sensor tersebut juga bantu perangkat Ecovacs untuk deteksi adanya tangga, agar tidak terjatuh. Sementara khusus untuk pemetaan, disematkan pula sensor dToF (Direct Time of Flight) yang bisa deteksi hingga jarak 10 meter. Sehingga pemetaan rumah maupun ruangan bisa terjadi lebih cepat, dan memang terasa sangat signifikan saat pertama kali kedua perangkat digunakan untuk memetakan ruangan kantor.

Kinerja

Bagian bawah perangkat Ecovacs Deebot Ozmo T8 vs Roborock S6 MaxV
Bagian bawah perangkat Roborock S6 MaxV (kiri) & Ecovacs Deebot Ozmo T8

Keduanya sama-sama punya dua fungsi utama yang bisa bekerja secara berkelangsungan, yaitu menyedot debu dan mengepel. Jika alatnya dibalik, Ecovacs Deebot Ozmo T8 punya dua alat putar sapu yang berada di sisi dan kanan, sementara Roborock S6 MaxV hanya satu di sebelah kanan. Sapu ini berfungsi untuk mengarahkan kotoran di lantai agar tersedot oleh bagian vacuum di bawah perangkat.

Meski Roborock punya kamera yang bisa difungsikan sebagai pengintai, perangkat tersebut lebih sering menabrak objek-objek yang ada di ruangan. Alhasil, proses pembersihan dalam satu ruangan membutuhkan waktu lebih lama. Juga sensor yang dimilikinya kurang handal untuk deteksi objek kecil seperti kabel.

Ecovacs Deebot Ozmo T8 vs Roborock S6 MaxV
Kotak penyimpanan hasil hisap milik Roborock (kiri) dan Ecovacs.

Ada waktu di mana Roborock S6 MaxV nyangkut ke kabel adapter yang ada di layar—saya harus mengangkatnya secara manual supaya alat bisa bergerak lagi. Sementara hal ini tidak pernah terjadi di Ecovacs Deebot Ozmo T8. Pemindaiannya lebih canggih, lebih jarang nabrak, dan ketika mendekati ujung objek pun kecepatanya akan melambat, supaya daya tabraknya tidak kencang.

Selain kabel, Roborock juga ‘melibas’ karpet sintetis yang ketebalannya cukup tinggi, sehingga kemudian sempat tersangkut kembali. Sementara Ecovacs otomatis menghindarinya, tanpa perlu menabrakkan diri terlebih dahulu. Saat sudah selesai menyedot debu, rute yang dibuat perangkat Ecovacs untuk mengepel juga lebih terarah.

Daya hisap dan bersihnya sih sama, ya. Hanya saja kotak sampah milik Ecovacs lebih mudah penuh. Selain kapasitasnya yang sedikit lebih kecil, saya menduga adanya dua alat sapu membuat kotoran lebih efektif untuk diarahkan dan dihisap oleh Ecovacs Deebot Ozmo T8. Ya, Roborock S6 MaxV sedikit lebih unggul di kapasitas kotak sampah dan jumlah air yang bisa dimuat pada tangki cairan pelnya.

Oh ya, untuk speaker, milik Ecovacs lebih lantang daripada Roborock. Aplikasi Ecovacs punya tombol khusus untuk membuat perangkatnya bersuara “I’m here”, memudahkan pencarian.

Kebisingan

Menu pengaturan Roborock
Masing-masing punya menu pengaturan daya hisap dan tingkat kebasahan pel yang serupa.

Untuk bagian ini, keduanya kurang lebih hasilkan suara yang sama. Juga sama-sama bisa diatur kecepatan vacuum-nya dalam empat tingkatan, dengan opsi paling rendah berikan suara paling senyap.

Jadi kalau mau pembersihannya lebih maksimal, pengguna bisa atur tenaga vacuum ke maksimal, dengan konsekuensi suara perangkat terdengar kencang. Sementara untuk ruangan tempat tidur atau saat ada anak kecil yang sedang tertidur, pengguna bisa aktifkan mode senyap supaya kerja perangkat tidak mengganggu.

Catatan Tambahan

Satu hal yang saya perhatikan, untuk membeli perangkat vacuum cleaner Roborock, memang tersedia banyak di e-commerce lokal. Namun perangkat ini tidak hadir secara resmi, alias kita harus membelinya lewat penjual pihak ketiga, termasuk sparepart atau bagian yang harus diganti ke depannya.

Sementara Ecovacs hadir secara resmi di Tanah Air. Ada akun media sosial resmi serta toko resmi di e-commerce. Hal seperti ini menurut saya cukup penting untuk dipertimbangkan. Mengingat peralatan rumah seperti ini bakal digunakan dalam jangka panjang. Pasti akan ada masanya pengguna perlu membeli sparepart, atau melakukan servis ketika ada kerusakan yang disengaja maupun tidak.

Kesimpulan

Ecovacs Deebot Ozmo T8 vs Roborock S6 MaxV

Pada dasarnya, kedua perangkat robot vacuum cleaner tersebut memiliki kemampuan yang canggih. Memudahkan penggunanya untuk membersihkan ruangan di rumah. Meskipun fungsi utamanya sama, salah satu dari kedua perangkat ini punya keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang lebih tepat untuk sebuah alat pembersih rumah.

Pilihan tersebut jatuh kepada Ecovacs Deebot Ozmo T8, dengan sensor canggihnya yang mampu deteksi objek lebih baik, sehingga proses pembersihan pun jadi lebih aman dan efisien.

Memang, Roborock S6 MaxV memiliki fitur seperti kamera pengintai. Namun kembali lagi, tujuan utama membeli sebuah produk robot vacuum cleaner bukan untuk hal tersebut. Ditambah ketersediaannya secara non-resmi berisiko untuk kesulitan mendapatkan layanan purna jual, juga sparepart dalam masa beberapa bulan hingga tahun berikutnya.

1 Komen
  1. […] Saat menggunakan Ecovacs Deebot Ozmo T8 & Roborock S6 MaxV, kedua perangkat masih memerlukan campur tangan penggunanya, dalam hal saat membersihkan ruangan. Robot vacuum cleaner umumnya memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk menyapu serta mengepel. Untuk fungsi kedua, perangkat ini dilengkapi dengan kain pel yang bisa ditempel ke bagian bawah bodi. Baca juga: Menjajal Ecovacs Deebot Ozmo T8, Apa Keunggulannya Dibanding Kompetitor? […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.