Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Samsung Galaxy M20 VS Realme 3: Adu Kemampuan Smartphone 2 Jutaan

Kompetisi smartphone kelas menengah di harga Rp2 jutaan semakin menggila. Samsung yang selama ini terlihat adem ayem tiba-tiba ikut merangsek lewat Galaxy M20. Sementara di kelas ini juga hadir pendatang baru yang naik daun, yaitu Realme. Belum lama ini, mereka meluncurkan produk barunya Realme 3. Bagaimana jika dibandingkan, Samsung Galaxy M20 vs Realme 3, siapa yang terbaik?

Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Dua produk ini sama-sama menjadi perbincangan di dunia maya karena memiliki value for money serta fitur yang menarik. Namun memiliki latar belakang yang terbilang kontras.

Samsung adalah market leader  yang sudah bertahun-tahun menduduki singgasana produsen smartphone nomor satu dunia. Dirilisnya Samsung Galaxy M20 adalah sebagai reaksi dari makin banyaknya ponsel terjangkau yang berkualitas di pasar. Serta untuk menjaga agar pangsa pasarnya tidak turun.

Di sisi lain, Realme adalah pemain yang benar-benar baru. Di Indonesia sendiri, sub-brand OPPO ini masih berusia 6 bulan. Kendati baru, tetapi tak sulit untuk disukai konsumen. Karena telah terjual ratusan ribu unit melalui strategi penjualan flash sale online.

Samsung Galaxy M20 vs Realme 3

Nah, daripada penasaran siapa yang lebih baik di segmen ini, yuk kita adu keduanya saja. Komparasi Samsung Galaxy M20 vs Realme 3 ini dilihat dari berbagai aspek fitur dan spesifikasi.

Desain

Produsen smartphone, dimulai dari Apple, terobsesi untuk memperluas area penampang layar semaksimal mungkin. Namun karena harus menaruh sensor untuk kamera depan, terpaksa masih menyisakan notch yang ukurannya bervariasi. Ada yang cukup lebar ada yang kecil. Konsep ini sudah umum ditemui di sejumlah ponsel Android, tak terkecuali pada Samsung Galaxy M20 vs Realme 3 ini. Keduanya mengacu pada konsep kekinian tersebut.

Samsung yang sebelumnya enggan meniru konsep ini, tiba-tiba merilis ponsel dengan konsep layar seperti ini di Galaxy M20. Terlihat ketinggalan sekaligus kehilangan nilai uniknya. Tapi tidak apa-apa, seri ini memang dirancang untuk bersaing keras di kelasnya.

Dan terlepas dari desainnya yang terkesan generik, Samsung Galaxy M20 masih terlihat bagus. Untuk menghemat biaya, casing memakai bahan plastik polycarbonate dengan dua pilihan warna Charcoal Black dan Ocean Blue. Ponsel berdimensi 74.5 x 156.4 x 8.8 mm dan bobot 186 gram ini memiliki material yang lebih ringan dan tahan goresan dibandingkan plastik biasa.

Terakhir yang bisa dibahas dari desain ponsel ini adalah soal fingerprint scan di bagian belakangnya. Jika letak sensor jari pada beberapa ponsel ditempatkan agak menjorok ke dalam, maka di Galaxy M20 justru sejajak dengan permukan casing lain. Sehingga embos lingkaran di sekitarnya yang menjadi penanda bahwa kamu menempatkan jari dengan tepat di sana ketika hendak membuka akses lewat fingerscan.

Bagaimana dengan Realme 3? Dalam hal ini, pendekatan yang dilakukan pada Realme 3 adalah mengadopsi desain unibody dengan warna gradasi. Realme 3 menggunakan konsep unibody yang menghilangkan bingkai tengah untuk memperoleh genggaman dan efek visual yang lebih baik. Secara visual, ponsel hanya memiliki satu lapisan antara layar dan badan.

Cover belakang Realme 3 tampil cantik dengan efek gradasi yang smooth dan kuat. Ada dua pilihan warna yang tersedia. Pertama, Dynamic Black yang katanya terinspirasi dari galaksi bimasakti yang dinamis, berubah, dan tidak dapat diprediksi. Kedua, Radiant Blue yang merupakan kombinasikan biru dan hijau yang terasa lebih hidup dengan Tech NCVM yang terlihat memancar.Realme menggunakan teknologi injection molding yang menghasilkan desain eksterior yang lebih fleksibel.

Garis samping bodi yang nyaris tak terlihat membuat keseluruhan bodi ponsel terlihat lebih halus, lebih ringan, dan lebih tipis. Karena tidak ada pemisah yang dihasilkan dari penggunaan bahan yang berbeda, ponsel ini menawarkan sentuhan halus dan nyaman saat digenggam.

Jik kita melihatnya dari bagian depan, makan kedua ponsel ini akan sangat identik. Seperti terlihat dari gambar di atas, konsep noch dan layarnya terbilang mirip. Namun begitu melihat di bagian belakang, perbedaan itu akan terasa.

Display

Samsung Galaxy M20 vs Realme 3Lihat pada gambar Samsung Galaxy M20 vs Realme 3 di atas. Jika tidak hafal dengan bentuk ikon, bisa dipastikan akan kesulitan menebak tipe ponsel tersebut.  Karena bentuk layar dan penampilannya terbilang mirip. Tampilan layar yang luas ini memberikan pengalaman visual yang lebih baik saat melihat gambar, menonton video maupun bermain game. Namun memang kadang agak mengganggu karena ada sedikit bagian yang tidak terlihat.

Di sebelah kiri, ada  Realme 3 yang memiliki layar 6,22″ dengan notch mungil yang mereka sebut sebagai dewdrop screen. Layar ini menawarkan rasio screen-to-body sebesar 88,3% yang menghasilkan tampilan ekstra lebar, dan tampilan yang lebih efisien.

Resolusi layarnya masih HD+ yang sudah cukup nyaman untuk menikmati konten visual. Respon layar sentuhnya pun bagus, nyaman dipakai untuk mengetik pada keyboard virtual. Satu hal lagi sebagai nilai tambah, yaitu sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass untuk melindungi dari goresan.

Sementara itu Samsung Galaxy M20 mengadopsi resolusi Full HD berukuran 6.3” rasio 19.5:9. Sedangkan layar M10 sedikit lebih kecil, yakni 6.2” HD pada rasio 19:9. Keduanya disertai fitur invinity-V atau istilah lokalnya tampilan tak terbatas.

Menariknya, meski pada kolom spesifikasi disebutkan jenis layarnya masih TFT, akan tetapi Samsung juga membawa teknologi PLS (Plane Line Switching). Teknologi tersebut dikatakan serupa dengan IPS (In-Plane Switching) yang selama sudah digunakan pada beragam ponsel Samsung yang lain. TFT PLS dikatakan menyajikan tampilan yang tidak berbeda jauh dengan display IPS.

Layar TFT PLS capacitive milik Galaxy M20 memang mampu memberikan kualitas warna yang cukup baik. Resolusi yang tinggi dengan kerapatan hingga 409 ppi. Membuat aktivitas browsing atau menonton video dengan M20 terasa nyaman.  Satu hal lagi, Samsung Galaxy M20 juga telah memperoleh sertifikasi Widevine L1 untuk streaming konten HD tanpa batas melalui aplikasi populer.

Kamera

Kamera menjadi sektor yang sangat penting pada ponsel. Sehingga produsen ponsel berlomba-lomba menghadirkan fitur kamera mumpuni, walau tak sedikit yang cuma sekadar gimmick. Samsung Galaxy M20 vs Realme 3 memiliki pendekatan yang berbeda untuk fotografi.

Kamera Samsung Galaxy M20

Samsung Galaxy M20 menyematkan dua kamera belakang dan satu kamera selfie di depan. Kamera belakangnya menggunakan dua lensa dengan fungsi berbeda, yakni 13 MP PDAF dan 5 MP ultrawide. Sedangkan di bagian depan terdapat sensor 8 MP dengan bukaan aperture 2.0.

Penggunaan lensa ultra wide membuat kita bisa merekam obyek gambar dengan ruang yang terlihat lebih besar dibanding lensa standar. Cocok bagi yang suka memotret pemandangan ataupun acara di dalam ruangan sehingga semua bisa tertampung.

Bagaimana jika ingin memotret dengan efek bokeh, padahal ponsel tidak disertai sensor depth? Tenang saja, kamu bisa memanfatkan mode Live Focus untuk mendapatkan efek tersebut. Ya walaupun hasilnya tidak semaksimal jika memiliki lensa terdedikasi, tapi lumayan lah untuk sekadar pamer.

Untuk kamera mode wide angle-nya sendiri, bisa memberi kualitas foto yang apik. Disebabkan kemampuan pengambilan foto yang lebih luas dengan sudut pengambilan gambar hingga mencapai 120 derajat.

Ditambah pula adanya scene optimizer yang dijejalkan pada Galaxy M20. Fitur ini secara otomatis mengoptimalkan pengaturan warna berkat AI scene recognition. Sederhanya sih, membuat hasil foto bisa lebih hidup dengan warna terang dan dinamis.

Dengan beragam fitur kemampuan yang disebut tadi, bagaimana kesan foto dari kameranya? Untuk ponsel harga Rp2 jutaan, pada dasarnya kualitasnya sudah terbilang mencukupi. Kamera bisa menangkap obyek foto dengan baik pada kondisi pencahayaan yang cukup. Jika di malam hari, hasil fotonya nampak noise yang cukup besar.

Namun untuk malam hari, hasil foto nampak noise yang cukup besar. Selain itu beberapa momen foto masih sering tampak buram dan fungsi sensor foto kurang bekerja maksimal. Begitupun dengan saat mengaktifkan mode lensa ultra wide, seringkali hasil foto terlihat tidak realistis terlalu cembung, walaupun bisa diedit agar lebih bagus. Kualitas hasil foto menjadi lebih baik pada saat bertemu objek statis dan atau pada pencahayaan outdoor yang baik.

Untuk melihat hasil foto, silahkan klik galeri Samsung Galaxy M20.

Kamera Realme 3

Sekarang kita beralih ke Realme 3. Di atas kertas, kamera belakang memiliki konfigurasi lensa 13MP + 2MP, dengan ukuran piksel tunggal kamera utama sebesar 1,12um, aperture f / 1.8 dan lensa 5P Sedangkan untuk yang doyan selfie, terdapat kamera depan 13MP densan lensa 5P,  aperture f/2.0 dan ukuran sensor 1/3 inci.

Pembeda pertama adalah pada kamera kedua di bagian belakang yang mana di Realme 3 berfungsi untuk memberikan efek Depth. Dan seperti beberapa kamera ponsel terbaru, Realme 3 juga dilengkapi dengan AI Scenes Recognition yang bisa mendeteksi obyek pemandangan dan memberikan pengaturan optimal. Serta AI Beautify pada kamera depan untuk mempercantik wajah. Ponsel ini juga mendukung mode slow-motion dengan standar gerak 90fps pada resolusi 720p.

Pembeda pertama adalah pada kamera kedua di bagian belakang yang mana di Realme 3 berfungsi untuk memberikan efek Depth. Dan seperti beberapa kamera ponsel terbaru, Realme 3 juga dilengkapi dengan AI Scenes Recognition yang bisa mendeteksi obyek pemandangan dan memberikan pengaturan optimal. Serta AI Beautify pada kamera depan untuk mempercantik wajah. Ponsel ini juga mendukung mode slow-motion dengan standar gerak 90fps pada resolusi 720p.

Nah, pembeda berikutnya sekaligus fitur yang paling ditonjolkan di Realme 3 ada dua yaitu Nightscape dan Chroma Boost. Nightscape Mode dengan konfirugasi hardware yang ditingkatkan memudahkan untuk mengambil foto lowlight . Foto lebih terang dengan lebih sedikit noise dan detail lebih banyak dalam bayangan dan highlight.

Fitur ini pada dasarnya menggunakan bantuan AI dengan sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake. Dugaan saya, fitur ini mengadopsi teknologi yang ada di OPPO R17 Pro. Karena hasil foto yang secara umum mirip, walau kualitasnya tetap berbeda karena dukungan spesifikasi yang berbeda. Untuk mengambil foto dengan mode nightscape, proses pengambilan foto butuh waktu lama sekitar 3 detik yang masih ditambah pemrosesan gambar bisa 2-3 detik. Tangan juga harus dalam kondisi stabil, tidak goyang.

Fitur unggulan lainnya adalah Mode Chroma Boost yang membuat warna lebih cerah, dan meningkatkan jangkauan warna luas. Dengan menggunakan teknologi AI, pemandangan dalam foto dapat dikenali dan dioptimalkan sesuai dengan rentang dinamis yang lebih besar, dengan detail yang lebih diperkaya di bagian yang disorot dan bayangan, dan eksposur yang lebih seimbang.

Untuk melihat hasil foto, silahkan klik galeri Realme 3.

Baterai

Realme 3 dibekali dengan baterai berkapasitas 4230 mAh.  Baterai ini dipasangkan dengan AI Power Master yang bisa mengoptimalkan layar dan aplikasi sehingga bisa meningkatkan daya tahan hingga 10%. Dengan baterai sebesar ini, kita bisa menggunakan ponsel sehari semalam untuk penggunaan wajar. Sayangnya, baterai masih belum mendukung fast charging dengan port micro USB.

Sementara itu Samsung Galaxy M20 memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh. Dengan kapasitas baterai sebesar itu, bisa menelepon selama 32,5 jam, memutar video 28,5 jam, atau memutar musik selama 109,4 jam. Tentu saja itu dilakukan hanya dengan mengoptimalkan satu fungsi tersebut tanpa aktivitas lain. Selain itu, Galaxy M20 dengan port USB Type C telah mendukung kemampuan fast charging dengan voltase 9V/1,67A.

Performa

Beralih ke otak kerja ponsel, Galaxy M20 mendapat sokongan dari Exynos 7904 Octa (14 nm). Kecepatan kerja CPU-nya octa core dengan rincian 2 x 1.8 GHz dan 6 x 1.6 GHz. Sementara GPU-nya menggunakan Mali-G71 MP2. Ponsel ini masih menggunakan sistem operasi Android 8.1 dengan modifikasi Experience 9.5 dari Samsung. Belum ada informasi mengenai kapan akan tersedia update untuk Android Pie 9.0.

Pada bagian memori, menggunakan RAM 3GB berpadu dengan storage 32 GB untuk penyimpanan internal. Itupun masih bisa kamu tambahkan dengan memori eksternal mencapai 512GB. Memang sudah jadi ukuran standar minimal, untuk ponsel di kisaran atas Rp 2 juta memiliki kombinasi memori di angka itu.

Apa yang didapat dari kombinasi hardware dan software-nya terhitung cukup baik. Peralihan dari satu aplikasi, menu, dan display  satu ke yang lain dilakukan dengan smooth. Secara umum saya bisa menikmati aktivitas antar menu dengan Samsung Galaxy M20 ini.

Untuk bagian dapur pacunya, Realme 3 menggunakan chipset Helio P60 dengan proses FinFET 12nm terbaru TSMC. Helio P60 mengadopsi struktur 8-inti dan dilengkapi dengan empat inti Cortex-A53 dan empat inti Cortex-A73, dengan kecepatan clock P60 hingga 2.0GHz. Realme 3 dilengkapi dengan kartu grafis Mali-G72 MP3 GPU pada 800MHz / 900MHz untuk menjamin kinerja yang lancar.

Chipset tersebut adalah yang berlaku untuk versi global, termasuk Indonesia. Namun untuk versi India, Realme 3 hadir dengan chipset yang lebih tinggi yakni Helio P70.

Untuk kapasitas penyimpanan, ada tiga varian yang ditawarkan ke konsumen. Pertama, yang paling rendah adalah tipe 3GB RAM + 32GB ROM. Selanjutnya yang kedua 3GB RAM + 64GB ROM. Dan yang paling tinggi hadir dengan RAM 4GB dan 64GB ROM. Ponsel ini mendukung tambahan microSD hingga 256GB.

Secara umum, untuk penggunaan sehari-hari kinerja ponsel tergolong lancar. Walaupun tidak bisa dibilang cepat. Karena untuk memproses sesuatu misalnya foto, terkadang masih butuh waktu. Kendati demikian, masih dalam batas yang bisa ditoleransi.

Hasil benchmark Realme 3

HARGA

Samsung Galaxy M20  hanya tersedia dalam satu varian yakni kapasitas RAM 3GB dan storage 32GB. Ponsel terbaru besutan Samsung ini dibanderol dengan harga Rp1.799.000.

Sedangkan Realme 3 dipasarkan dengan 3 varian yang berbeda berdasarkan kapasitas memori (RAM), storage (ROM) dan pilihan warna. Pertama, varian 3GB RAM+32GB ROM yang dibanderol dengan harga Rp1.999.000.  Selanjutnya, varian 3GB RAM+64GB ROM dijual dengan harga Rp2.099.000. Terakhir, varian tertinggi denan kapasitas 4GB RAM+64GB ROM dipasarkan dengan harga Rp2.399.000.

Dari segi harga, Samsung Galaxy M20 memang lebih mahal dibanding Realme 3. Sebagai market leader, hampir semua produk besutan Samsung lebih mahal dibanding kompetitor. Ini sebenarnya tidak hanya berlaku di industri smartphone. Di industri telekomunikasi, Telkomsel yang menjadi market leader juga lebih mahal.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M20, sesuai seri atau kode huruf M yang disematkan, diperuntukan untuk kalangan Milenial. Hadir lewat fitur-fiturnya seperti kamera hingga baterai berkapasitas besar yang menjadi kebutuhan untuk eksis. Pada dasarnya mampu dirangkum dalam sebuah perangkat yang mumpuni dengan harga terjangkau.

Sejauh ini, respon dari kalangan media, tech reviewer maupun warganet cukup positif. Walau kami tidak tahu apakah penjualannya bagus atau tidak, karena belum mendapat laporan hasil penjualannya. Namun paling tidak, ini pasti bakal mengubah peta persaingan di kelas menengah.

Sementara itu seebagai merek baru yang menjadi game changer alias penantang, Realme 3 tampil memukau. Dilengkapi prosesor MediaTek Helio P60 dan desain yang memberikan kesan mewah dengan kapasitas baterai 4.230 mAh, membuat kinerjanya cukup menjanjikan.

Dibanderol dengan harga Rp2 jutaan, Realme berhasil memenuhi ekspektasi pengguna yang menginginkan perangkat dengan spesifikasi tinggi, kemampuan mumpuni, fitur yang tak hanya lengkap, tetapi juga pintar, desain memikat dan harga yang tentu saja terjangkau. Bahkan bisa dibilang value yang diperoleh lebih besar dibanding harga yang dibayar.

Mana yang lebih baik Samsung Galaxy M20 vs Realme 3? Jika kita membandingkan dari berbagai segi di atas seperti spesifikasi, fitur dan harga, Realme 3 unggul dalam beberapa hal. Samsung Galaxy M20 lebih unggul pada kualitas tampilan layar dan baterai. Sementara itu Realme 3 unggul mulai dari desain, pilihan kapasitas ROM dan RAM, versi sistem operasi, kinerja, dan kamera.

Bagi yang memperhitungkan bujet dan spesifikasi, tentu Realme 3 adalah pilihan yang menarik. Namun bagi yang masih memperhatikan kekuatan brand, berarti ya harus membayar harga lebih untuk mendapatkan Galaxy M20. Karena selisih harganya terpaut beberapa ratus ribu. Pilihan tentu saja ada di tangan pembaca.

Samsung Galaxy M20 vs Realme 3

General

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Device Type
    smartphone Smartphone
  • Model / Series
    Samsung Galaxy M20 Realme 3
  • Released
    11 Februari, 2019 12 Maret, 2019
  • Status
    Available Available
  • Price
    Rp2.899.000 Rp1999.000 (3GB+32GB), Rp2.099.000 (3GB+64GB), Rp2.399.000 (4GB+64GB)

Platform

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Exynos 7904 Octa (14 nm) MediaTek Helio P60
  • CPU CPU (Central Processing Unit) mostly known as processors, CPU processes instructions in order to carry out certain functions that make your device operate properly. Processors are often described as the brain of computers, smartphones and tablets, Smartphones and tablets rely on processors to carry out their every task, Processors are an incredibly important factor in selecting any type of computing device, including your smartphone.
    Octa-core (2x1.8 GHz Kryo 260 Gold & 6x1.6 GHz Kryo 260 Silver) ARM Cortex-A73x4, ARM Cortex-A53x4 CPU Octa (8) core up to 2.0GHz
  • GPU GPU (Graphics Processing Unit) is a single-chip processor designed to rapidly manipulate and alter memory to accelerate the creation of images in a frame buffer intended for output to a display, This includes things such as lighting effects, object transformations, and 3D motion.
    Mali-G71 MP2 ARM Mali-G72
  • RAM (Memory) RAM (Random Access Memory) is a type of computer memory that can be accessed randomly, any byte of memory can be accessed without touching the preceding bytes that allows information to be stored and accessed quickly from random locations. RAM is the most common type of memory found in computer systems, smartphones, tablets and other electronic devices.
    3GB 3GB / 4GB
  • Storage Internal Storage is a data storage space (flash memory) mostly used in smartphones, tablets and other electronic devices where operating system, apps, music, photos, videos, files and other user data Is stored.
    32GB 32GB/ 64GB, Storage expandable hingga 256GB
  • Operating System OS => Every computer system run on a base software called Operating System (OS). Operating System controls all basic operations of the computer (such as smartphone, PDAs, tablet computers and other handheld devices). The Operating System allows the user to install and run third party applications (apps), apps are used to add new functionality to the device.
    Android 8.1 (Oreo) Android 9 (Pie)
  • User Interface UI or user interface of a device is the look and feel of the on-screen menu system. How it works, its color scheme, how it responds to button presses, all of these things are part of the user interface.
    Experience 9.5 Color OS 6

Design

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Dimensions
    156.4 x 74.5 x 8.8 mm (6.16 x 2.93 x 0.35 in) 75.6mm*156.1mm*8.3mm
  • Weight
    186 g (6.56 oz) 175 gram
  • Design Features
    Polycarbonate Case Warna: Radiant Blue, Dynamic Black
  • Battery
    Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
    Non-removable Li-Ion 4230 mAh battery

    Charger:5V 2A

Network

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Network Frequency
    GSM/ HSPA/ LTE GSM, WCDMA, TD-LTE, FDD-LTE
  • SIM SIM (Subscriber Identity Module) is a small card that contains mobile network subscriber's account information. This allows the phone using the card to attach to a mobile network. The SIM card is most commonly associated with GSM and UMTS mobile networks. Moving a SIM card from one phone to another allows a subscriber to switch mobile phones without having to contact their mobile network carrier. SIM cards can also be used by a phone to store limited amounts of data, such as phone numbers and text messages.
    Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Data Speed
    GSM: 850/900/1800/1900MHz WCDMA: Bands 1/5/8 FDD-LTE: Bands 1/3/5/8 TD-LTE: Bands 38/40/41

Display

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Screen Type
    PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Size and Resolution
    6.3 inches, 97.4 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio) 6.2 inches, resolusi HD+ 1520x720 pixel, 19:9 ratio
  • Touch Screen
    capacitive touchscreen Yes
  • Features
    Corning Gorilla Glass 3
    Color OS 5.1

Camera

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Multi Camera
    Yes (Front) Yes (Rear)
  • Rear Camera is able to capture photographs and usually videos, The most important characteristics of a camera are the resolution (measured in megapixels), lens focus type (fixed or automatic), higher megapixel cameras are known to capture higher quality photos, but not always a good measurement of the photos quality.
    13 MP, f/1.9, 1/2.8", 1.12μm, PDAF 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/6", 1.12μm 13MP+2MP, f/1.8 Aperture, 5P Lens,
  • Front
    8 MP, f/2.0 13MP,1.12μm Pixels
  • Flash Flash Light => There is commonly two types of flash lights are used in camera mobile phones, LED Flash (LED flash offers lower power consumption with drive circuitry that takes up very little room, LEDs can be strobed faster than any other light source), Xenon Flash (xenon flash produces an extremely intense full-spectrum white light for a very short duration)
    Yes Yes
  • Video
    [email protected] 720p / 1080p 30fps Slo-Mo (90fps / 720p)
  • Camera Features
    LED flash, panorama, HDR Rear: PDAF Fast Focusing, Nightscape, Hybrid HDR, Chroma Boost, Portrait Mode

Connectivity

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Wi-fi Wi-Fi is a popular wireless networking technology using radio waves to provide high-speed network connections that allows devices to communicate without cords or cables, Wi-Fi is increasingly becoming the preferred mode of internet connectivity all over the world.
    Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot 802.11b/g/n, 2.4GHz
  • Bluetooth Bluetooth is a wireless communications technology for exchanging data between mobile phones, headsets, computers and other network devices over short distances without wires, Bluetooth technology was primarily designed to support simple wireless networking of personal consumer devices.
    5.0, A2DP, LE v4.2
  • USB
    2.0, Type-C 1.0 reversible connector microUSB 2.0, USB On-The-Go
  • GPS GPS The Global Positioning System is a satellite-based radio navigation system, GPS permits users to determine their position, velocity and the time 24 hours a day, in all weather, anywhere in the world, In order to locate your position, your device or GPS receiver must have a clear view of the sky.
    Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS Yes, with A-GPS
  • HDMI HDMI (High-Definition Multimedia Interface) is a compact audio/video interface for transferring uncompressed video data and compressed or uncompressed digital audio data from a HDMI-compliant source device to a compatible computer monitor, video projector, digital television, or digital audio device.
    No No
  • Wireless Charging Wireless Charging (Inductive Charging) uses an electromagnetic field to transfer energy between two objects. This is usually done with a charging station. Energy is sent through an inductive coupling to an electrical device, which can then use that energy to charge batteries or run the device.
    No No
  • NFC NFC (Near field communication) is a set of standards for smartphones and similar devices to establish peer-to-peer radio communications with each other by touching them together or bringing them into proximity, usually no more than a few inches.
  • Infrared Infrared connectivity is an old wireless technology used to connect two electronic devices. It uses a beam of infrared light to transmit information and so requires direct line of sight and operates only at close range.
    No No

Smartphone Features

  • Samsung Galaxy M20Realme 3
  • Multimedia Features
    - Active noise cancellation with dedicated mic
    - Dolby Atmos sound
    - MP4/H.264/FLAC player
    - MP3/eAAC+/WAV player
    - Document viewer
    - Photo viewer/editor
  • FM Radio
    Yes Yes
  • Web Browser Web Browser => a web browser is a software application used to locate, retrieve and display content on the World Wide Web, including Web pages, images, video and other files, The primary function of a web browser is to render HTML, the code used to design or markup webpages.
    HTML5 HTML5
  • Messaging
    SMS; MMS SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
  • Sensors Sensors are electronic components that detects and responds to some type of input from the physical environment. The specific input could be light, heat, motion, moisture, pressure and location, The output is generally a signal that is converted to use in computing systems, a location sensor, such as a GPS receiver is able to detect current location of your electronic device.
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass E-Compass Light Sensor
    Proximity Sensor Gravity Sensor Accelerometer Sensor Fingerprint Sensor OTG
  • Other
    Fast battery charging 15W
1 daripada 165 (function($) { $(window).on("load resize", function(e) { /* add table scrolling effect */ var pid_count = 2; if ($(".aps-shortcode").width() = 2 || pid_count >= 4) { $(".aps-comp-group .aps-specs-scroller").css("overflow-x", "scroll"); $(".aps-comp-group .aps-specs-list").css("width", "360px"); } else { $(".aps-comp-group .aps-specs-scroller").css("overflow-x", "visible"); $(".aps-comp-group .aps-specs-list").css("width", "100%"); } /* set attribute title height */ $(".aps-comp-group .aps-attr-title").each(function() { var attr_title = $(this), attr_text = attr_title.find("strong"), parent_li = attr_title.parent("li"), attr_value = parent_li.find(".aps-attr-value"), value_span = attr_value.find("span"); if (attr_text.height() attr_value.height()) { attr_title.css("height", attr_text.outerHeight()); parent_li.css("height", attr_title.outerHeight()); } }); }); })(jQuery);
Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More