Jakarta, Gizmologi – Memberikan layanan internet terbaik bagi masyarakat sudah menjadi tanggung jawab provider. Hal itu pula yang terus dilakukan IndiHome dengan terus meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) dalam aspek layanan digital connectivity dan customer loyalty.
Sepanjang tahun 2021, dua hal itu yang menjadi fokus dari layanan internet cepat milik PT Telkom Indonesia (Persero), Tbk tersebut. Dalam hal digital connectivity, inovasi-inovasi yang dilakukan seperti peningkatan ratio Upload dan Download (UL:DL) serta penurunan latency.
Sedangkan dalam hal customer loyalty, inovasi-inovasi yang dilakukan antara lain: Higher Speed Same Price (HSSP), kategorisasi segmen High Value Customer (HVC), pemberian poin reward (gamification), dan berbagai benefit-benefit menarik lain bagi pelanggan.
“Sebagai Internetnya Indonesia, IndiHome terus berupaya untuk mengembangkan peningkatan layanan. Kami menghadirkan berbagai inovasi yang mengutamakan kepuasan pelanggan. Selain program UL:DL dan HSSP, kami juga mengembangkan digitalisasi layanan hingga customer care,” jelas E. Kurniawan, Vice President Marketing Management Telkom, dalam pernyataan persnya di Jakarta (20/4).
74% Pelanggan Indihome Pilih Kecepatan di atas 20 Mbps
Kebutuhan konsumsi internet masyarakat Indonesia terus meningkat. Hal ini ditandai dengan perubahan signifikan dari kecepatan paket internet yang dipilih oleh pelanggan. Pada akhir Desember 2021, 74% pelanggan IndiHome memilih kecepatan paket di atas 20 Mbps.
Oleh karena itu, IndiHome mengubah UL:DL dengan rasio 1:3, dari sebelumnya berada di angka rasio 1:5. Perubahan UL:DL sudah dilakukan untuk seluruh pelanggan IndiHome. Dengan peningkatan tersebut, upload semakin cepat, peningkatan throughput atau bandwidth aktual yang terukur. Juga penurunan latency yang dapat membuat pelanggan berselancar di internet semakin cepat dan stabil.
Berdasarkan riset dari berbagai macam survey eksternal, angka throughput IndiHome mencapai 102%, dan rata-rata latency sebesar 2,0 mili second (ms). Latency adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan suatu data sampai ke tujuan, dan diukur dalam satuan mili second, lebih kecil angkanya, lebih baik.
Selain itu, untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, internet andal IndiHome menghadirkan Higher Speed Same Price (HSSP). Melalui program ini, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati penyesuaian kecepatan internet yang lebih tinggi tanpa adanya biaya tambahan.
Konten hiburan yang lengkap
Menurut E. Kurniawan, IndiHome juga mengusung konsep Window of Entertainment sebagai salah satu inovasi terbaru. Mereka menyediakan berbagai pilihan konten menarik. Mulai dari layanan TV Interaktif, Minipack Channel TV, add-on, 11 OTT partner diantaranya Netflix, Disney+Hotstar, Vision+, VIU, CATCHPLAY+, MOLA, Vidio, WeTV, Lionsgate Play, HBO Go, dan Gameqoo. Selain itu, IndiHome juga memiliki jumlah channel terbanyak hingga mencapai 247 live channel yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.
Untuk menambah layanan IndiHome sesuai dengan segmen dan customer behaviour, provider ini menghadirkan layanan baru, yaitu: Paket bebas tanpa batas atau Paket Buy Your Own Device (BYOD) dan Paket Pembayaran di Depan (PDD). Para pelanggan yang memilih Paket Bebas Tanpa Batas berhak memiliki perangkat resmi dari Telkom, sedangkan untuk pelanggan yang memilih paket PDD, akan mendapat diskon sampai 30%.
Lebih dari itu, IndiHome juga melakukan sinergi dengan TelkomGroup khususnya Telkomsel melalui penjualan IndiHome Halo, IndiHome Orbit, dan IndiHome+. Selain inovasi dalam layanan dan produk, coverage area layanan IndiHome pun diperluas hingga ke 498 kota dan kabupaten di Indonesia.
Perusahaan menargetkan cakupan layanan yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia agar masyarakat dapat menikmati layanan internet untuk kebutuhan aktivitas tanpa batas. Kemudian untuk Customer Loyalty Program dengan berbagai hadiah menarik juga dapat diperoleh pelanggan. Di antaranya dengan membayar tagihan, transaksi pembelian Add-on, Minipack Channel TV, dan fitur lainnya melalui aplikasi myIndiHome. Setelah melakukan berbagai transaksi, pelanggan sudah otomatis terdaftar ke dalam Customer Loyalty Program dan akan memperoleh poin myIndiHome. Dampak dari inovasi dan perbaikan layanan untuk pelanggan, berdasarkan hasil survey dari pihak independen, IndiHome mendapatkan Net Promoter Score (NPS) yang lebih baik.
“IndiHome akan memastikan kepuasan pelanggan sebagai prioritas utama. Dengan peningkatan kualitas layanan, inovasi pada beragam produk dan fitur, serta jangkauan area yang diperluas. Harapannya, IndiHome akan terus berkiprah dalam melayani kebutuhan akses internet masyarakat dengan lebih baik lagi,” lanjut E. Kurniawan.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

