Jakarta, Gizmologi – Solusi terbaru dari GroupM untuk beriklan di TV, Finecast, resmi hadir di Indonesia. Finecast memungkinkan pemasar di tanah air untuk menjangkau audiens melalui iklan TV berbayar yang relevan.
Melalui solusi ini, Finecast memungkinkan pengiklan menargetkan kalangan rumah tangga dengan memanfaatkan iklan TV yang relevan di berbagai saluran TV, platform TV berbayar, dekoder, berbagai layanan video on demand (VOD), penyedia over-the-top (OTT), dan konsol game.
“GroupM memanfaatkan jaringan untuk menjalin kemitraan penting dengan pemangku kepentingan utama di TV internasional, regional, dan lokal,” kata Himanshu Shekhar, CEO GroupM Asia Tenggara dalam keterangan resminya, Jumat (25/8/2023).
Menurut Himanshu, semua platform media yang ingin dituju oleh pengiklan dapat digabungkan berdasarkan skala, dapat dilihat secara utuh, dan dalam format berkualitas tinggi dan aman bagi brand. Terlebih Indonesia, merupakan pasar TV terbesar di Asia Tenggara.
Tercatat sekitar 60 juta rumah tangga pemirsa TV dan 69 persen pengguna internet telah memiliki smart TV, melampaui rata-rata global. Ukuran pasar yang signifikan ini, ditambah dengan semakin beragamnya perangkat, konten, dan saluran, telah secara signifikan mengubah kebiasaan masyarakat di Indonesia dalam menonton siaran TV.
“Melalui Finecast, kami telah berhasil berkolaborasi dengan penyedia konten terkemuka, media penyiaran, platform, dan penyedia data yang dapat menciptakan ekosistem hijau bagi kami guna menyelaraskan brand dengan para audiens yang relevan, sehingga meningkatkan nilai yang kami tawarkan kepada pemilik brand di negara ini,” paparnya.
Baca Juga: Kominfo: 74 Persen Masyarakat Sudah Beralih ke Siaran TV Digital
Finecast Garap Pasar Iklan Berbayar di TV Indonesia

Kemitraan utama Finecast dengan penyedia data memungkinkan segmentasi audiens yang cerdas berdasarkan kondisi sosial ekonomi, tahap kehidupan, dan perilaku keuangan audiens , sehingga menghasilkan profil audiens TV yang sangat tepat.
Pengelola brand juga dapat menggunakan profil ini untuk menampilkan beragam iklan ke berbagai kalangan rumah tangga yang menonton acara TV yang sama, sehingga membuat iklan mereka lebih efektif serta dapat memaksimalkan investasi media mereka.
“Dengan pesatnya kemajuan data dan teknologi serta ekspansi audiens digital yang signifikan di Indonesia, kami berada di titik kritis, di mana pemilik brand dapat memanfaatkan peluang di TV yang dapat diakses langsung untuk meningkatkan penjualan produk dan membangun ekuitas sebuah brand,” ungkap Brett Poole, CEO Finecast APAC di GroupM Nexus.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




