Gizmologi
The Bilingual Tech Media

Speed Test: Uji kualitas koneksi internet kamu

Uji kecepatan jaringan internetmu dengan tools Speed Test dari Gizmologi. Kami bekerjasama dengan nPerf yang merupakan platform terpercaya untuk uji jaringan internet.

Untuk mengoptimalkan pengukuran kecepatan (speed test), tolong hentikan setiap unduhan yang sedang berlangsung di komputer kamu dan juga di perangkat (komputer lain, tablet, smartphone, konsol permainan) yang terhubung ke koneksi Internet. Ulangi tes beberapa kali untuk memeriksa kestabilan hasilnya.

Cara kerja Speed Test

Gizmologi bekerjasama dengan nPerf yang memenuhi kualifikasi secara akurat menyajikan kinerja koneksi internet kamu. Uji kecepatan ini bergantung pada algoritma eksklusif yang memungkinkan untuk mengukur download bitrate secara akurat, mengunggah bitrate dan latency koneksi.

nPerf yang menggunakan jaringan dedicated server di seluruh dunia, yang dioptimalkan untuk memberikan bitrate yang cukup pada koneksi jaringan kamu, sehingga dapat mengukur bitrate secara akurat.

nPerf kompatibel dengan semua koneksi broadband dan mobile: ADSL, VDSL, kabel, serat optik FTTH / FTTB, satelit, wifi, wimax, seluler 2G / 3G / 4G (LTE).

Uji bitrate
Uji bitrate mengandalkan pada men-download file biner dengan beberapa koneksi simultan agar koneksi tersaturasi selama beberapa detik. nPerf kemudian bisa mengukur bitrate secara akurat. Tingkat puncak (peak rate) sesuai dengan rata-rata 30% sampel tertinggi (50% saat mengunggah). Tingkat rata-rata dihitung setelah dikecualikan 5% dari yang terendah dan 5% dari sampel tertinggi.

Latensi
Uji latensi dilakukan sepuluh kali. Kami menghitung nilai minimum dan rata-rata, serta nilai jitter (variasi maksimum antara sampel).

Mode TCP / HTTP
Secara default, mesin nPerf menggunakan mode TCP yang lebih efisien karena menggunakan soket secara langsung tanpa melalui browser. Untuk menggunakan mode TCP, kamu perlu mengakses layanan jarak jauh pada TCP Port 8080. Jika mode TCP tidak tersedia (port 8080 diblokir), maka tes dilakukan dalam mode HTTP. Dalam hal ini permintaan akan dilakukan melalui browser. Cara ini bekerja dengan baik untuk bitrate hingga 100 Mb / s sampai mencapai batasnya.