MIUI 13 Xiaomi Punya Widget Mirip iOS

Jakarta, Gizmologi – Xiaomi baru saja merilis sistem antarmuka MIUI 12.5 versi peningkatan untuk perangkat smartphonenya. Namun dari bocoran terbaru menyebutkan, jika Xiaomi akan menampilkan user interface (UI) dengan fitur widget yang mirip iOS di iPhone.

Tampilan sistem antarmuka itu sendiri akan dihadirkan pada MIUI 13. Selama tahap pengujian awal, pengguna bisa menjajal fitur baru widget ini dengan mengakses MIUI China Beta ROM, sebagaimana dilansir Gizmochina.

Penampilan MIUI 13 cukup berbeda dibanding sistem antarmuka pada seri pendahulunya, terutama MIUI 12. Perbedaan yang paling terlihat ada di bagian Widget dan Icon, sekilas tampilan MIUI 13 mirip dengan style pada iOS milik Apple, utamanya di iOS 14 dan iOS 15.

xiaomi_miui_13_3

Selama tahap beta test, Xiaomi juga menggandeng enam developer aplikasi populer untuk memperbarui tampilannya, sehingga dapat kompatible dengan MIUI 13. Widget baru ini nantinya akan mendukung aplikasi pihak ketiga yang saat ini memiliki widget untuk MIUI, seperti Baidu, Baidu Map, AutoNavi Map, QQ Music, Douyu atau TikTok, dan WPS Office.

Seperti halnya pembaruan Xiaomi, tidak semua perangkat akan segera menerima MIUI 13. Menurut bocoran fitur widget ini hanya akan tersedia di smartphone kelas menengah dan premium pilihan seperti Mi, Redmi, dan Xiaomi yang menjalankan MIUI China Beta ROM.

Namun berdasarkan postingan akun Weibo CEO Xiaomi, Lei Jun, MIUI 13 kemungkinan akan dirilis di akhir tahun 2021. Meski begitu belum diketahui kapan fitur ini akan tersedia di pasar global.

Mengingat MIUI 13 masih menunggu pembaruan sistem dari OS Android 12. Ada sejumlah perubahan dari tampilan UI di Android 12, beberapa di antaranya adalah animasi yang lebih halus, tema baru, peningkatan pada manajemen daya baterai, dan peningkatan privasi.

 

Tinggalkan komen