Bogor, Gizmologi – Tokopedia dan ShopTokopedia dalam merayakan hari Pers Nasional membagikan tren belanja online Januari 2025, Kamis (6/2/2025). Tren belanja online Januari 2025 ini dibagikan di Bogor, Leuwi Asih.
Tokopedia dan ShopTokopedia mengajak para reporter untuk trekking dan di akhir membagikan insight mereka mengenai tren belanja online Januari 2025. Hasil tren dari kedua platform tersebut ternyata berkaitan dengan aktivitas yang diberikan kepada rekan media.
”Data internal Tokopedia di awal tahun 2025 mengungkapkan bahwa, produk hiking dan camping, sepeda, dan aksesoris olahraga, tercatat sebagai produk kategori Olahraga paling populer,” ujar Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce.
Baca Juga: GoTo dan Grab Diisukan Merger? Berikut Faktanya
Tren Belanja Online Januari 2025 di Tokopedia dan ShopTokopedia Unggul di Kategori Olahraga

Aksesoris olahraga yang disebutkan tersebut menjadi tren belanja online Januari 2025 di Tokopedia pada wilayah tertentu. Aditia menjelaskan wilayah dengan penjualan tertinggi dalam kategori tersebut adalah Bandung Barat, Bandar Lampung, Karawang, Surabaya dan Denpasar.
Sedangkan untuk di ShopTokopedia, aksesoris olahraga yang paling laris adalah tummy trimmer (alat olahraga untuk mengencangkan otot perut), celana olahraga, dan lampu darurat camping. Penjualan tertinggi dari aksesoris tersebut berada di wilayah Sumatra Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Maluku Utara dan Banten.
Selain kategori olahraga, tren belanja online pada awal bulan 2025 di ShopTokopedia menunjukan kategori kecantikan dan perawatan tubuh menjadi yang kedua paling laris. Selanjutnya terdapat kategori fesyen perempuan, fesyen muslim, makanan dan minuman, serta perlengkapan rumah tangga. Berbeda dengan platform saudaranya, kategori paling laris selanjutnya di Tokopedia ada makanan dan minuman, pertukangan, kesehatan, otomotif, dan rumah tangga.

Berdasarkan riset Tempo Data Science bersama Tokopedia dan ShopTokopedia pada periode data Januari-September 2024 menunjukkan sinergi kedua platform e-commerce ini telah menjangkau 200 juta pengguna dari seluruh Indonesia. Lalu perusahaan juga melihat total pendapatan UMKM lokal meningkat sebesar 95% dibandingkan pada periode 2023.
Salah satu brand lokal yang merasakan adanya peningkatan pada Tokopedia dan ShopTokopedia adalah Antarestar. Antarestar mengatakan rutin mengikuti kampanye Promo Guncang yang berhasil meningkatkan penjualan hingga 300%.
Di sisi lain, Antarestar juga memanfaatkan kampanye Beli Lokal dan mengalami lonjakan penjualan 40%. Selain menghadirkan program kampanye, Tokopedia dan ShopTokopedia juga menciptakan profesi baru bagi para brand lokal.

Profesi tersebut ialah kreator affiliate, dengan dukungan TikTok melalui kekuatan penemuan, konten yang autentik, dan komunitas yang kuat, e-commerce menuju era baru, yaitu ‘discovery e-commerce’. Hal ini memungkinkan pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia (penjual dan pembeli) dan kreator bisa mencapai potensi yang lebih besar.
Ke depannya, Tokopedia dan ShopTokopedia tetap akan menjalankan kedua promo kampanye tersebut untuk membantu brand lokal mengembangkan usahanya.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




