Gizmologi
The Gizmo & Technology Universe. Situs teknologi dan gadget terkini.

Siap ‘Move On’ dari Android, Huawei Bakal Rilis Satu Juta Smartphone dengan OS HongMeng

Kabarnya sistem operasi ini sudah kompatibel dengan aplikasi Android.

Huawei tampaknya sudah siap dengan konsekuensi atasi putusan “cerai” dari Google. Vendor ini dikabarkan telah move on dengan OS Hongmeng, sistem operasi buatan sendiri yang siap digunakan di perangkat terbaru.

Adalah Rosenblatt Securities yang memberikan bocoran mengenai aksi move on Huawei dengan klaim bahwa vendor China ini sedang melakukan pengujian untuk pengembangan produk berikutnya. Bahkan ada sekitar satu juta perangkat yang “disuntikkan” OS HongMeng siap dikapalkan.

Meskipun pihak pemerintahan Amerika Serikat telah memberikan dispensasi 90 hari sejak 20 Mei lalu untuk “cerai” dari Google, tampaknya Huawei tidak ingin sekedar menunggu. Apalagi pengembangan sistem operasi buatannya itu sudah dilakukan sejak bertahun-tahun lamanya.

Laporan yang dikutip China Daily, Selasa (11/6/2019) ini juga mengungkapkan bahwa hasil dari pengujian tersebut menyatakan bahwa OS HongMeng telah kompatibel dengan semua aplikasi berbasis Android.

Related Posts
1 daripada 373

“Akan tersedia paling cepat pada musim gugur ini atau musim semi berikutnya,” ujar Richard Yu, CEO Consumer Business Group Huawei. Bukan cuma di smartphone saja, OS HongMeng juga akan merasuk ke perangkat komputer, tablet, TV, mobil, wearable, dan sebagainya.

VLC di smartphone Huawei

Sementara itu, mengenai nama HongMeng sendiri, Huawei Central melaporkan bahwa sebagian besar negara seperti Kanada, Korea Selatan, Meksiko, dan daratan Eropa sudah mengakuisisinya sebagai merek dagang.

Harus diakui, nama HongMeng memang terkesan aneh dan kurang familiar di kuping internasional. Tak heran, Huawei dikabarkan tengah mencari beberapa nama, seperti Ark. Sayangnya, nama ini sudah dipatenkan untuk produk lainnya sehingga tidak bisa digunakan.

Sementara itu, HongMeng sendiri artinya “mimpi merah”, seperti karakter mistik. Jika dalam Bahasa Inggris berarti Red Dream. Tidakkah menurut kalian Red Dream terdengar lebih keren sebagai nama sistem operasi dibandingkan HongMeng, Gizmolovers?