Jakarta, Gizmologi – Game teranyar Sonic X Shadow Generations mencapai penjualan lebih dari 2 juta kopi di seluruh dunia. Keberhasilan ini membutikan bahwa game platformer andalan dari franchise utama SEGA ini masih punya basis fans yang kuat. Pencapaian 2 juta kopi bahkan dicapai dalam waktu tiga bulan sejak peluncurannya pada Oktober 2024.
Pada pekan pertama peluncurannya, game yang menggabungkan dua model permainan berbeda ini berhasil mendapatkan angka 1 juta kopi penjualan. Total penjualan dihitung dari gabungan game fisik maupun digital dari franchise ini. Serta dari seluruh platform bermain yang tersedia.
Game ini dirilis mendekati akhir tahun menjelang hadirnya film Sonic The Hedgehog 3 yang juga sukses di pasaran. Keberhasilan serta popularitas Si Landak Biru yang tetap tinggi beberapa tahun belakangan juga membuat SEGA berkolaborasi dengan Samsung melalui produk storage bertema landak dan teman-temannya.
Game ini sendiri merupakan kolaborasi dua game berbeda, yakni Sonic Generations yang menawarkan permainan Sonic yang selama ini dikenal. Lewat mode berlari cepat melalui beragam stage, seperti halnya mode klasik dipadukan elemen-elemen baru. Sementara Shadow Generations merupakan game baru yang menghadirkan Shadow sebagai karakter utama dengan tema balap yang dinamis.
Baca juga: Sukses Sekuel Ketiga, Sonic the Hedgehog 4 Akan Hadir Pada 2027?
SEGA Kembangkan IP Sonic ke Beragam Media

SEGA selaku pemilik IP Sonic telah berhasil membawa eksistensi karakter ini berada di top level selama ini. Bersama Mario, Sonic menjadi karakter populer yang kemudian bertransformasi sebagai maskot utama budaya populer di Jepang. Bukti eksistensi game ini dalam skala global ditunjukkan melalui fitur 12 bahasa dalam permainan untuk mengakomodasi fans dari berbagai negara.
Pada rencana pengembangan masa depan, SEGA akan fokus mengembangkan IP ke berbagai media yang tersedia. Baik dalam format digital maupun bentuk merchandise yang dapat dibeli oleh masyarakat.
Sementara itu pada tahun fiskal kali ini, Shadow akan didorong menjadi karakter utama dalam strategi pemasaran global. Mengambil tema “Fearless: Year of Shadow” sebagai bagian dari franchise utama, masyarakat akan disuguhi beragam konten yang memperlihatkan sosok anti hero satu ini.
Hal itu dapat dilihat dari film ke-3 yang memperlihatkan Shadow sebagai sosok utama dalam alur cerita. Film ini sendiri mendapatkan total pendapatan kotor hingga USD425 juta di seluruh dunia. Selanjutnya SEGA juga tengah mempersiapkan game mobile “Sonic Rumble” yang akan dirilis dalam waktu dekat.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




