Jakarta, Gizmologi – Blibli, tiket.com, dan Tinkerlust memiliki sebuah program sustainability dalam platform mereka masing-masing. Hal tersebut dibahas dalam acara GDP Venture yang bertajuk Power Lunch dengan tema “Sustainable Futures: Innovating for a Sustainable Indonesia”, Selasa (30/7/2024).
Blibli, tiket.com, Tinkerlust merupakan tiga perusahaan rintisan terkemuka dibawah GDP Venture, yang berupaya mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan di Indonesia. Ketiganya juga berkomitmen untuk mengintegrasikan praktik keberlanjutan dalam setiap aspek bisnis mereka.
Program sustainability atau keberlanjutan dalam bisnis menurut GDP Venture merupakan sebuah pendekatan yang mengintegrasikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) ke dalam operasi bisnis dan telah menjadi salah satu topik paling penting dalam dunia bisnis saat ini. Dengan berbagai tantangan lingkungan yang dihadapi dunia, mulai dari perubahan iklim hingga kelangkaan sumber daya alam, keberlanjutan tidak lagi menjadi pilihan, melainkan sebuah komitmen jangka panjang untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi perusahaan, masyarakat, dan lingkungan.
Baca Juga: Program Blibli Tiket Action, Upaya Ekosistem Omnichannel Lestarikan Bumi
Program Sustainability dari Blibli, tiket.com, dan Tinkerlust

Blibli dalam mendukung program sustainability menghadirkan Blibli Tiket Action dengan upaya menciptakan bisnis berkelanjutan yang melibatkan karyawan, pelanggan, mitra, dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung ekonomi, sosial, dan lingkungan yang positif. Lisa Widodo, Co-Founder & COO, menjelaskan perusahaan berfokus pada enam ranah utama dalam program berkelanjutan yaitu penggunaan sumber daya, pengelolaan limbah, emisi, privasi data, hubungan komunitas, serta pengembangan dan pembelajaran.
“Hingga saat ini, 95% dari kemasan yang digunakan Blibli adalah berbahan daur ulang dan berbasis kertas. Selain itu, Blibli telah menanam lebih dari 8.000 pohon untuk mengimbangi emisi karbon,” ujar Lisa.
Menurut Lisa, kolaborasi lintas industri menjadi kunci keberhasilan upaya program sutainability. Dengan bekerja sama, perusahaan dari berbagai sektor dapat menciptakan dampak yang lebih besar dan lebih signifikan terhadap lingkungan dan masyarakat. Blibli berkolaborasi dengan tiga pemangku kepentingan utama yaitu karyawan, pelanggan dan mitra.
Sedangkan dari tiket.com, mereka menghadirkan program sustainability tourism dengan fitur tiket Green. Fitur tiket Green menjadi inovasi terbaru dari tiket.com yang memberikan akses kepada konsumen untuk memilih akomodasi yang mengusung konsep keberlanjutan (sustainability).

tiket.com berupaya untuk mengarahkan akomodasi wisata menuju konsep green accommodation. Saat ini, perusahaan tersebut telah menyediakan lebih dari 5.400 pilihan akomodasi di seluruh dunia, termasuk 700 pilihan akomodasi di Indonesia dan Asia Tenggara yang menerapkan sustainable tourism.
“Kami juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam program Jagoan Pariwisata untuk mengajak para pelaku usaha desa wisata meningkatkan kapabilitas usahanya agar usahanya lebih berkelanjutan (sustainable). Kami percaya bahwa dengan mendukung desa wisata berkelanjutan, kita dapat menciptakan dampak positif yang signifikan bagi lingkungan dan masyarakat lokal,” jelas Gaery Undarsa, Co-Founder & CMO tiket.com.
Adapun program sustainability yang dilakukan oleh Tinkerlust ialah berkontribusi pada pengurangan limbah fesyen yang merupakan penyumbang limbah terbesar kedua di dunia. Tinkerlust merupakan platform marketplace untuk menjual dan membeli barang-barang fesyen bekas layak pakai.

”Melalui Tinkerlust, kami berperan dalam memberikan kesadaran mengenai decluttering, merilis white paper tentang keberlanjutan fashion di Indonesia, dan bermitra dengan desainer lokal untuk meng-upcycle barang-barang preloved,” tutur Aliya Amitra, Founder & COO Tinkerlust.
Ia berharap upaya program sustainability ini dapat secara signifikan mengurangi limbah fesyen dan mendorong perubahan positif dalam industri fesyen sehingga mendorong lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam gerakan keberlanjutan ini.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




