Jakarta, Gizmologi โ Jaringan kedai Kopi Kenangan menggandeng IBM Consulting. Kerja sama ini dilakukan untuk menciptakan pengalaman pelanggan dengan mengoptimalkan operasi, sebagai bagian dari perjalanan transformasi digitalnya.
VP of Finance, Accounting, Tax & Treasury, Kopi Kenangan, Indry Dian Lestari mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk mengganti sistem ERP yang ada dan mengintegrasikannya dengan aplikasi milik Kopi Kenangan. Artinya point of sale dan sistem manajemen pada RISE dengan SAP โ penawaran lengkap perangkat lunak ERP akan didukung oleh SAP S/4 HANA Cloud.
โDengan memanfaatkan keahlian dan solusi inovatif IBM melalui adopsi RISE dengan SAP, kami dapat membekali karyawan kami dengan perangkat digital untuk mendapatkan wawasan yang berharga mengenai preferensi dan pola belanja pelanggan kami,โ kata Indry dalam keterangan yang diterima Gizmologi, Selasa (15/8/2023).
Menurut Indry, hal ini akan meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kontrol inventaris dan pemantauan untuk mendukung pelaporan keuangan bulanan. Implementasi sistem baru ini juga akan meningkatkan produktivitas karyawan dan pengalaman pelanggan.
โInisiatif transformasi digital ini juga menggarisbawahi komitmen kami terhadap agenda nasional untuk mendorong inklusi keuangan di kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) petani dan pemasok kopi lokal ke dalam ekosistem ekonomi yang lebih luas,โ jelasnya.
Sejauh ini Kopi Kenangan telah berkembang pesat sejak didirikan pada tahun 2017 lalu, hingga mengoperasikan lebih dari 800 gerai di Indonesia dan Malaysia.
Baca Juga: Gandeng ADA, Kopi Kenangan Gencar Bikin Konten Kreatif di Medsos
Jaringan Ritel Kopi Kenangan

Jaringan kopi ini mengalami percepatan pertumbuhan dalam layanan โgrab-and-goโ, yang mendorong kebutuhan untuk mempersingkat dan menstandarisasi rantai pasokan, inventaris, dan alur kerja keuangannya menggunakan RISE dengan SAP pada platform IBM.
Adapun kemitraan IBM-SAP bertujuan untuk mempercepat skala transformasi dari back-end operasi bisnis ke rantai pasokan dan pengalaman pelanggan. Cara ini memungkinkan para pelaku usaha ritel di Indonesia untuk lebih agile dalam memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berubah.
โIBM Consulting telah membantu para klien di Indonesia untuk berhasil mentransformasi operasi mereka secara digital dengan cara yang disederhanakan dengan tingkat fleksibilitas dan ketahanan baru yang dihadirkan oleh RISE dengan S/4HANA,โ ujar Andrian Purnama, Managing Partner, IBM Indonesia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



