Jakarta, Gizmologi โย Tokopedia menyambut Hari Pahlawan 2023 yang jatuh pada tanggal 10 November, dengan menggelar webinar bersama UMKM lokal. Tokopedia mengundang tiga UMKM lokal yang masing-masing memiliki kisah memberdayakan difabel, perempuan, dan petani. Selain mengundang narasumber, Tokopedia mengumumkan inisiatif Hyperlocal yang bisa membantu seller di platformnya.
โMenyambut Hari Pahlawan 2023, Tokopedia melalui inisiatif Hyperlocal terus memberi panggung bagi lebih dari 14 juta pelaku usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM lokal, menjadi pahlawan ekonomi nasional,โ ujar Nafisah Wulandari, Head of Regional Growth Expansion Tokopedia kepada media lewat Zoom Meeting ((8/11/2023).
Nafisah bercerita bahwa UMKM Indonesia sangat berperan penting untuk pemulihan ekonomi sejak pandemi Covid-19 hingga pascapandemi. Lalu dengan adanya inisiatif Hyperlocal Tokopedia, UMKM lokal bisa mendapat kesempatan yang lebih besar untuk bertumbuh dan berkembang.
Baca Juga:ย Wajib Simak Lima Tips ala Tokopedia untuk Kelola Keuangan Rumah Tangga
Hari Pahlawan 2023 Momentum UMKM Lokal Berdayakan Difabel, Perempuan dan Petani

UMKM lokal yang diundang oleh Tokopedia dalam webinar sambut Hari Pahlawan 2023 ialah Precious One. UMKM satu ini memberdayakan rekan difabel untuk menghasilkan beragam produk kerajinan tangan seperti masker kain, tempat tisu, tas, boneka, bandana, mainan dan lain-lain.
Lalu juga ada Kraosan yang menggandeng ibu-ibu dan masyarakat di Magelan untuk membuat produk kerajinan bambu. UMKM lokal satu ini berasal dari Magelang, tak hanya mencari untung, pemilik UMKM ini juga memberi bantuan pendidikan kepada anak perajin dan keluarga yang membutuhkan di wilayah Magelang.
Selanjutnya ada Awi Coffee, UMKM yang memberdayakan petani kopi di Gayo dan Tanah Karo. Awi Coffee adalah usaha keluarga asal Binjai, Sumatra Utara, yang telah berjalan selama lebih dari tiga generasi dan kini dilanjutkan oleh Darwin Jaswin (Awi).
Inisiatif Hyperlocal Tokopedia untuk UMKM

Inisitif Hyperlocal yang dihadirkan oleh Tokopedia dilengkapi dengan teknologi geo-tagging yang berguna untuk mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada. Selain itu terdapat juga berbagai fitur yang membantu seller UMKM.
Terdapat Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses UMKM secara gratis untuk mendapatkan banyak materi tentang pengembangan usaha. Tokopedia menghadirkan sederet inovasi self-service experience di Seller Dashboard Tokopedia. Misalnya, penjual bisa menggunakan fitur Wawasan untuk mendapatkan data komprehensif, seperti jenis produk atau kata kunci yang sedang paling banyak dicari pembeli di Tokopedia berdasarkan wilayah dan kategori, guna memaksimalkan peluang bisnis.
Ada pula fitur Penamaan Produk dan Kategori, didukung oleh machine learning, untuk memberikan smart recommendation bagi penjual terkait penamaan produk dan kategorisasi paling relevan. Serta ada fitur baru Buy More, Save More,ย yang memungkinkan penjual memberikan diskon untuk pembelian produk dalam jumlah yang lebih banyak kepada pembeli (contohnya promo โbeli 2 diskon 15%โ atau โbeli 3 diskon 20%โ) atau hadiah pembelian.
Untuk acara offline, Tokopedia bersama pemerintah daerah juga rutin mengadakan Kelas Maju Digital dan Kelas Perempuan Maju Digital untuk UMKM lokal di Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar, dsb.
Deretan upaya yang dilakukan Tokopedia juga sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



