Jakarta, Gizmologi โ Operator seluler Telkomsel mengkonfirmasi bakal melakukan peningkatan layanan 3G ke 4G di seluruh Indonesia mulai tahun ini. Langkah ini dilakukan seiring dengan arahan pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memeratakan akses internet 4G.
โTahun ini, Telkomsel akan melakukan percepatan peningkatan layanan jaringan 3G ke 4G/LTE untuk terus membuka peluang lebih luas bagi seluruh lapisan masyarakat dalam menikmati akses jaringan berteknologi terdepan yang merata dan setara,โ kata Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam, dalam keterangan resmi, Jumat (21/1/2022).
Menurut Hendri, upgrade layanan 3G ke 4G yang dilakukan Telkomsel ini untuk membuka peluang bagi masyarakat dalam menikmati aktivitas digital yang lebih seamless dan nyaman. Telkomsel memastikan bahwa proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini telah melalui tahap pengkajian, perencanaan serta persiapan yang matang.
Upgrade Infrastruktur Layanan 3G

Dalam proses ini, Telkomsel sudah memastikan kesiapan infrastruktur dan teknologi, jaminan kenyamanan pelanggan selama proses peralihan berlangsung dan kesesuaian dengan peraturan di sektor telekomunikasi dan perlindungan konsumen yang berlaku di Indonesia.
โKami juga berharap dukungan seluruh pihak dan pemangku kepentingan terkait dalam membantu proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE ini. Kolaborasi dengan pemerintah, para mitra pendukung seperti mitra infrastruktur, mitra teknologi hingga mitra penyedia perangkat juga akan semakin membantu percepatan adopsi dan adaptasi layanan 4G/LTE secara lebih inklusif dan merata, di seluruh pelosok negeri,โ paparnya.
Baca Juga: Pemerataan Internet 4G, Kominfo Minta Operator Seluler Matikan Jaringan 3G!
Sosialisasi Layanan 4G Telkomsel

Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan, persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi juga telah dipersiapkan guna memastikan proses pembaruan layanan di seluruh Indonesia bisa berjalan dengan baik.
โTermasuk prioritas meminimalisir potensi gangguan,โ kata Nugroho. โStandar QoS (quality of service) juga terus akan diupayakan terjaga guna memenuhi standar aturan yang berlaku agar kenyamanan pelanggan tetap terjaga.โ
Seiring dengan berjalannya upgrade, Telkomsel pun mengajak para pelanggannya yang masih menggunakan layanan 3G, untuk beralih ke layanan 4G/LTE. Perusahaan mengatakan, pelanggan bisa melakukan pembaruan kartu SIM non-4G ke uSIM 4G baik secara online atau pun offline.
Penggantian ke kartu uSIM 4G bisa dilakukan dengan datang langsung ke gerai GraPARI dan MyGraPARI. Jika tidak bisa datang langsung, pengguna bisa menghubungi asisten virtual Telkomsel, atau mengontak ke akun resmi Telkomsel di Facebook dan Twitter. Termasuk menyediakan akses melalui e-commerce yaitu Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan JD.ID.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



