Jakarta, Gizmologi โ Wardah gunakan AI (kecerdasan buatan) dan Augmented Reality (AR) ke dalam website mereka, inovasi ini dilakukan dengan bermitra dengan Perfect Corp. Melihat Wardah yang sudah memanfaatkan AI membuktikan bahwa teknologi tersebut bisa digunakan di berbagai sektor.
Menurut laporan dari InsightAce Analytics, pemanfaatan AI di industri kecantikan global diprediksi akan mencapai nilai USD 13,34 miliar pada 2030, dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 19,7 persen dari 2021 ke 2030.Hal ini karena industri kecantikan lekat dengan inovasi yang tiada henti.
Dengan Wardah gunakan AI dan AR ini juga bukan sekadar memberikan pembaharuan saja. Namun juga mendapatkan dampak yang positif dari konsumen.
Baca Juga: AMD Resmikan Ryzen AI 300 Series, Saingi Intel & Qualcomm dengan NPU Superior
Dampak Wardah Gunakan AI dan AR: Meningkatkan Pengalaman Belanja

Kemitraan Wardah dengan Perfect Corp bermula pada saat pandemi COVID-19. Lewat kemitraan ini, Wardah gunakan AI untuk meningkatkan pengalaman belanja daring dari para konsumennya, sebagai cara untuk mengakselerasi pertumbuhan sekaligus untuk menjawab tuntutan konsumen pada masa itu.
Apalagi dengan adanya pembatasan aktivitas sosial dan penerapan protokol kesehatan, konsumen tak lagi leluasa berkunjung dan berbelanja di toko, sehingga ingin dapat mengeksplorasi produk secara daring.
โDengan kemitraan bersama Perfect Corp, kami telah berhasil melakukannya dengan menghadirkan teknologi dan pengalaman yang canggih langsung kepada konsumen kami,โ ujar Tessi Fathia, Senior Head of Digital Transformationย Wardah.

Layanan Perfect Corp yang dipilih Wardah adalah fitur Virtual Try-On, yang menjadi solusi percobaan produk makeupย secara virtual yang aman dan nyaman bagi konsumen di situs resmi Wardah. Fitur yang mengintegrasikan teknologi AI dan AR ini langsung mendapat sambutan meriah dari konsumen yang sangat tertarik dan terhibur saat mencoba produk makeupย secara virtual.
Wardah mencatat telah berlangsung lebih dari 250 ribu sesi virtual try-onย hingga saat ini, dan terjadi peningkatan lalu lintas situs sebesar 134,41% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, dampak Wardah gunakan AI ini ternyata membawa banyak manfaat.
Selain pengalaman belanja yang berbeda, fitur AI ini membuat konsumen menjadi lebih personal dan membeli lebih banyak produk dibandingkan niat awalnya. Hubungan antara Wardah dan konsumennya juga menjadi lebih dekat, sehingga konsumen yang loyal terus bertambah.

Upaya Wardah gunakan AI dengan layanan Perfect Corp tak hanya itu, perusahaan juga menambahkan fitur Foundation Shade Finderย yang membantu konsumen menemukan warna produk foundationย yang sesuai dengan warna kulit mereka. Fitur ini juga langsung menjadi hit. Sejak mengimplementasikan fitur Virtual Try-Onย dan Foundation Shade Finder, engagement rateย dari situs Wardah mengalami peningkatan sebesar 28 persen dibandingkan sebelum implementasi kedua fitur tersebut.
Inovasi teknologi yang dihadirkan Wardah bersama Perfect Corp telah membantu brandย ini untuk menjawab tantangan berupa ekspektasi konsumen yang menginginkan pengalaman yang sangat personal saat memilih dan membeli produk. Selain itu, konsumen juga ingin agar perjalanan dalam berbelanja daring ini bisa berlangsung dengan sederhana, mudah, dan cepat.
Inovasi Wardah gunakan AI bukanlah yang terakhir, perusahaan akan terus berinovasi menghadirkan teknologi mumpuni di industri kecantikan ke depannya. Kamu juga bisa mencobanya dengan mengklik link ini.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



