Jakarta, Gizmologi – Smartfren Business siap memberikan one-stop solution bagi kebutuhan bisnis pelaku UMKM di Indonesia agar dapat naik kelas. Di mana transformasi digital masih menjadi salah satu agenda penting di era revolusi industri 4.0.
Menurut CEO Smartfren Business, Alim Gunadi, sektor UMKM dipilih bukannya tanpa alasan, karena sektor ini menyumbang 60 persen GPD Indonesia, tapi belum seluruhnya terdigitalisasi. Bahkan menurut data 2020, baru sekitar 19 persen UMKM yang melakukan digitalisasi bisnisnya.
“Kami ingin membantu UMKM itu naik kelas. Selain itu, kami juga ingin membantu bisnis pelaku UMKM ini sustain, termasuk membantu mereka mengelola bisnisnya secara lebih baik,” ujarnya kepada awak media, Rabu (30/11).
Melalui digitalisasi, Smartfren Business mendorong kapabilitas berbagai sektor, baik itu di pemerintah maupun di bisnis dan industri teramsuk UMKM. Solusi yang dihadirkan Smartfren Business juga terbilang beragam dengan menggunakan teknologi cloud computing berbasis SaaS (Software as as Service).
Salah satu yang tersedia adalah PoS (Point of Sales) untuk memudahkan para pelaku UMKM menjalankan operasional bisnisnya. Selain itu, Smartfren Business juga menyediakan solusi HRIS (Human Resources Information System) untuk mendukung kemajuan UMKM.
Solusi ini meliputi sistem digital untuk proses accounting, medical, dan lain sejenisnya. “Layanan berbasis digital akan lebih mudah terakses dari mana pun dan kapan pun termasuk untuk UMKM,” imbuhnya.
Baca Juga: Smartfren Perkuat Jaringan di Jawa Barat dan Jawa Tengah, Tapi Belum 5G
Smartfren Business Bantu UMKM Naik Kelas

Sementara itu, VP SMB Smartfren Business Nike P. Kosasih menuturkan, Smartfren Business ingin menawarkan solusi digital untuk mengakselerasi bisnis pelaku UMKM di Indonesia, sekaligus mendukung program pemerintah dalam transformasi digital bagi pelaku UMKM.
“Dengan solusi digital yang tersedia kami ingin menjawab tantangan pelaku bisnis, terutama UMKM dimana mereka membutuhkan solusi yang lengkap, cepat, tepat,” tutur Nike menjelaskan.
Oleh sebab itu, Smartfren Business hadir sebagai penyedia One Stop Solution, yakni mampu memberikan solusi atas berbagai macam permasalahan yang dihadapi UMKM, termasuk menyediakan solusi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Layanan yang dihadirkan pun mencakup berbagai kebutuhan, mulai dari voice, mobility, ICT, connectivity, hingga IOT.
Solusi yang diberikan juga end-to-end, sehingga bisa memudahkan proses bisnis melalui teknologi terkini. “Kami akan mengubungkan dengan sejumlah startup, misalnya saja dengan peer to peer landing untuk permodalan. Lalu dengan e-commerce untuk pemasarannya.”
Di sisi lain, Smartfren juga telah melakukan optimasi jaringan di wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Tujuannya guna memastikan pelanggan selalu mendapatkan kualitas jaringan terbaik dalam mengakses layanan telekomunikasi.
Proses optimasi tersebut menarget area-area perkotaan dan jalanan yang menjadi titik mobilitas. Harapannya seluruh pelanggan Smartfren akan semakin nyaman menikmati berbagai konten digital.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




