Jakarta, Gizmologi โ PT GoTo Gojek Tokopedia meluncurkan Dira by GoTo AI, asisten suara berbasis AI di industri fintech. Dira by GoTo AI merupakan langkah awal dari hadirnya GoTo AI, program jangka panjang pengembangan dan pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) di ekosistem GoTo.
Dira by GoTo AI merupakan asisten suara berbahasa Indonesia dan akan diimplementasikan atau dihadirkan di aplikasi GoPay. Saat ini hanya beberapa pengguna saja yang bisa menggunakan asisten suara tersebut, namun perusahaan akan terus memperluas ke seluruh pengguna sebelum nantinya tersedia di aplikasi Gojek.
โDira merupakan asisten suara berbahasa Indonesia yang tidak hanya memberikan manfaat bagi pengguna, namun juga menjadi landasan untuk pengembangan inovasi AI GoTo lebih lanjut di masa mendatang,โ ujar Hans Patuwo, GoTo Chief Operating Officer.
Baca Juga: Catatkan EBITDA Rp77 Miliar, GOTO Masih Rugi Rp90,5 triliun
Cara Kerja Dira by GoTo AI yang Hadir di Aplikasi GoPay

Nama yang dipilih dari Dira by GoTo AI memiliki sebuah makna. Dira merupakan singkatan dari Dikte Suara dan didesain untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna, membantu mereka dalam menggunakan fitur aplikasi GoPay dengan lebih mudah dan melakukan berbagai transaksi lebih cepat menggunakan asisten suara dalam Bahasa Indonesia.
โDengan diluncurkannya Dira sebagai inovasi perintah suara berbasis artificial intelligence yang hadir pertama kali di industri fintech Indonesia, kami selangkah lebih maju dalam menyediakan aplikasi GoPay yang simpel dan dapat menjangkau semua,โ ungkap Hans.
Dira by GoTo AI dapat mempersingkat durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu transaksi. Sebagai contoh, untuk membayar tagihan BPJS kesehatan, dibutuhkan beberapa kali tap dan scroll hingga sampai ke halaman pembayaran BPJS. Dengan Dira, pengguna hanya perlu satu kali tap dan memberikan perintah suara untuk berbagai transaksi yang dibutuhkan sehingga menghemat waktu.

Lalu asisten suara berbasis AI ini juga dapat membantu pengguna dalam menavigasi fitur antarmuka aplikasi GoPay dengan lebih mudah, meminimalisir pencarian manual di halaman utama aplikasi dan memudahkan pengguna menemukan fitur baru dalam aplikasi GoPay. Selain kemudahannya, Dira by GoTo juga memiliki aksebilitas karena dapat diakses di aplikasi GoPay yang berukuran ringan. Sehingga, Dira dapat diakses di perangkat handphone apa saja, termasuk perangkat dengan kapabilitas terbatas, tanpa biaya.
Untuk mengakses Dira di aplikasi GoPay, pengguna cukup mengakses ikon mikrofon yang terletak di pojok kanan atas halaman utama aplikasi GoPay untuk bisa langsung memberikan perintah suara. Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke halaman transaksi terkait. Transaksi yang bisa diakses oleh Dira diantaranya adalah bayar tagihan listrik, transfer ke bank ataupun sesama GoPay, beli pulsa, mengganti PIN, dan banyak lainnya.
Sesuai dengan standar keamanan aplikasi GoPay, pengguna tetap diwajibkan untuk mengautentikasi transaksi dengan PIN dan verifikasi biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah. Tanpa verifikasi lebih lanjut, pengguna tidak akan dapat menyelesaikan transaksi apa pun.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



