Jakarta, Gizmologi โย Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Tech Mahindra kembangkan AI Linguistik bernama Garuda, sebuah Large Language Model (LLM) dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2024. Ternyata ajang MWC 2024 tak hanya diperuntukan untuk brand teknologi dalam menghadirkan inovasi terbarunya.
Indosat dan Tech Mahindra mengumumkan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di ajang MWC 2024. Tech Mahindra merupakan perusahaan penyedia solusi dan layanan transformasi digital, konsultasi, serta rekayasa ulang bisnis terkemuka.
Upaya kolaboratif ini mencerminkan visi bersama untuk merevolusi teknologi pemahaman bahasa, berkontribusi pada pelestarian keragaman linguistik dan memajukan solusi komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan unik pasar Indonesia.
โKami menyambut kolaborasi dengan Tech Mahindra dalam proyek โGarudaโ ini dengan antusias. Kolaborasi ini sepenuhnya sejalan dengan tujuan besar Indosat yaitu menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,โ ujar Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Baca Juga:ย Pertumbuhan Solid! Tahun 2023 Indosat Raih Pendapatan Rp51,2 triliun
Alasan Indosat dan Tech Mahindra Kembangkan LLM Garuda

Indosat dan Tech Mahindra mengembangkan Garuda bertujuan untuk melestarikan bahasa Indonesia beserta seluruh dialeknya. Garuda akan dibangun berdasarkan prinsip-prinsip LLM orisinal Tech Mahindra Project Indus, sebuah model dasar yang dirancang untuk berkomunikasi dalam berbagai bahasa dan dialek India.
Fitur unik Garuda akan menghadirkan beragam use case, memungkinkan pelanggan Indosat untuk memanfaatkannya di berbagai aplikasi, termasuk layanan dukungan pelanggan, pengalaman pengguna, dan pembuatan konten lintas industri seperti kesehatan,ย e-commerce, pendidikan perdesaan, perbankan dan keuangan, pertanian, serta telekomunikasi.
Model ini akan menyajikan pengalaman pengguna yang dipersonalisasi dengan menganalisis sentimen dan memahami pola perilaku, sehingga menghasilkan pembelajaran yang fleksibel berdasarkan interaksi sebelumnya. Sebagai bagian dari kemitraan ini, Tech Mahindra akan memanfaatkan keahlian teknologinya untuk mengumpulkan dan merangkum data dalam bahasa Indonesia, yang kemudian akan dilatih dulu lalu dirilis sebagai model percakapan untuk Indosat.
Garuda akan dikembangkan dengan 16 miliar tokenย bahasa Indonesia asli, yang akan menghasilkan 1,2 miliar parameter untuk membentuk pemahaman model terhadap bahasa Indonesia tersebut. Parameter-parameter ini akan mempengaruhi bagaimana model tersebut memprosesย input dan menghasilkan output.
Versi beta dari model Garuda akan dirilis untuk pengujian oleh Indosat dan penutur Bahasa Indonesia. Model ini akan terus diperbaiki menggunakan teknik RLHF (Reinforcement Learning from Human Feedback) untuk memastikan keandalannya dalam percakapan. Selain itu,ย use caseย khusus akan dikembangkan menggunakan metode LIMA (Less is More for Alignment).
Keuntungan Mengembangkan LLM
Harshvendra Soin, President โ Asia Pasifik and Japan Business, Tech Mahindra, menjelaskan diperkirakan pasar LLM akan mencapai USD40,8 miliar pada tahun 2029. Dalam konteks ini, munculnya LLM seperti Garuda dan Indus dapat memfasilitasi komunikasi onlineย bagi individu dan perusahaan dalam dialek dan bahasa lokal mereka, menciptakan peluang baru di dunia digital.
โKami sangat antusias bekerja sama dengan Indosat dalam proyek โGarudaโ, yang akan menghasilkan dampak transformasional dengan menyediakan pengalaman yang dipersonalisasi bagi masyarakat Indonesia. Kami percaya bahwa model ini akan secara signifikan mempromosikan keragaman linguistik Indonesia dan membuka peluang bisnis baru bagi perusahaan di wilayah tersebut,โ ucapnya.
Vikram juga menjelaskan bahwa kemitraan bersama Tech Mahindra mengembangkan LLM Garuda ialah untuk memperkuat komitmen perusahaan telekomunikasi tersebut terhadap transformasi digital Indonesia dan dukungan terhadap visi Indonesia Emas 2045. Kolaborasi ini turut mengoptimalkan infrastruktur artificial intelligence (AI) dan kapasitas sumber daya manusia untuk mendorong inovasi, menghadirkan pengalaman baru, serta membuka peluang baru bagi pertumbuhan sosial-ekonomi secara merata di Indonesia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



