Jakarta, Gizmologi โ Sendbird merupakan platform komunikasi Application Programming Interface (API) yang telah membantu 4.000 aplikasi dan 300 juta pengguna setiap bulan untuk berkomunikasi lebih baik. Memasuki tahun 2024, menurut Sendbird, tren komunikasi digital semakin dipengaruhi oleh masifnya inovasi teknologi dan pengaruhnya terhadap komunikasi brand dengan pelanggan.
Tahun 2023 telah menjadi momentum kebangkitan dalam ranah interaksi human-to-machine, dengan peluncuran ChatGPT oleh OpenAI yang mendapatkan sambutan luar biasa baik oleh masyarakat sedunia, termasuk di Indonesia. Dengan adanya perkembangan yang terjadi di tahun 2023, bisa memperlihatkan tren komunikasi digital pada tahun ini.
Tren komunikasi digital di tahun 2024 mungkin saja seputar perkembangan ChatGPT. Selain itu bisa saja mengenai terciptanya teknologi yang mampu mengikuti cara berkomunikasi manusia dalam skala besar, dalam berbagai bahasa, secara instan. Adapun John S. Kim, CEO dan Co-Founder Sendbird memiliki tren komunikasi digital di tahun 2024 sebagai berikut.
Baca Juga:ย Canva Prediksi Tren Desain di 2024, Menarik Untuk Dicoba Nih!

Tren Komunikasi Digital di 2024 Menurut Sendbird
Tren pertama menurut Senbird ialah urgensi terhadap moderasi dan etika dalam komunikasi. Memasuki era matriks, bisa membuat kita sulit ketahui apa yang kitaย baca, dengar, lihat, dan rasakan itu nyata atau tidak. Ketika berselancar di dunia maya, baik menelusuri LinkedIn, menonton YouTube, hingga membaca komentar-komentar pengguna media sosial, menjadi sulit untuk memastikan keaslian dan kenyataan konten-konten tersebut.
Apalagi dengan bantuan teknologi, kini membuat akun secara acak, melakukan trolling, menggunakan AI untuk menghasilkan pesan, gambar, atau video palsu, menggunakan bot untuk menciptakan bot baru menjadi semakin mudah. Ruang digital kita semakin terinvasi, yang membuat keamanan dan keasliannya semakin diragukan.
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi AI generatif dan chatbot, peningkatan keamanan dan kontrol juga perlu dilakukan. Identifikasi indikator-indikator dalam keamanan konten digital perlu dikembangkan, baik oleh pemerintah atau asosiasi terkait.

Dalam hal ini, pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Komunikasiย dan Informasi (Kemenkominfo) berkomitmen untuk memberikan peluang terhadap pemanfaat teknologi baru seperti AI, melalui pembuatan regulasi dan kebijakan penggunaan AI di Indonesia guna mendukung pemanfaatannya secara optimal. Untuk itu, diperlukan dorongan dari semua pihak untuk memastikan moderasi dan etika dalam era komunikasi digital yang kian tak terbendung perkembangannya. Kemenkominfo menambahkan, sejak adanya kekhawatiran di kalangan masyarakat tentang perkembangan AI dan evolusinya, pemanfaatan AI harus dilakukan secara inklusif dan bertanggung jawab.
Tren komunikasi digital selanjutnya ialah terjadinya pengalaman komunikasi asinkron yang berpusat pada pengguna. Komunikasi asinkron merujuk pada interaksi percakapan non real-time, memungkinkan pengguna mengirimkan pesan balasan secara tertunda, seperti email atau layanan komunikasi customer support yang modern.
Dalam media-media tersebut, pengguna dapat berkomunikasi kapan saja tanpa batasan waktu tertentu. Mereka dapat berdiskusi dan saling menunggu jawaban, tanpa harus menjadwalkan meeting khusus. Menurut Sendbird, model komunikasi ini akan menjadi tren di seluruh lini sistem dan platform aplikasi, terutama mereka yang bersentuhan langsung dengan end-user.
Dalam bisnis, sistem yang demikian sering disebut sebagai โUniversal user recordโ, yang diwariskan dari satu sistem ke sistem lainnya. Kemajuan teknologi seperti ini memungkinkan pengguna untuk memulai percakapan di satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat lain tanpa kehilangan konteks atau riwayat interaksi sebelumnya. Sebagai contoh, Sendbird memfasilitasi brand aplikasi pengantaran makanan untuk membangun marketplace mereka sendiri, juga menggunakan Salesforce Service Cloud untuk dukungan pelanggan, Iterable yang memanfaatkan layanan pesan pemasaran, Twilio yang memanfaatkan SMS, dan masih banyak lagi.
Tren ketiga yang terjadi dalam industri komunikasi digital menurut Sendbird ialah komunikasi yang dipersonalisasi dengan AI Generatif.ย Pada 2024, teknologi AI Generatif akan semakin banyak digunakan untuk membuat konten yang disesuaikan untuk konsumen, mulai dari email pesan pemasaran hingga interaksi dukungan pelanggan.
Begitu juga dengan teknologi large language models yang terus berkembang dari waktu ke waktu dapat menganalisis data konsumen dalam jumlah besar untuk menghasilkan respons dan konten yang beresonansi lebih dalam berdasarkan preferensi individu, perilaku waktu nyata, dan interaksi di masa lalu. Tren ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih relevan dan personal, yang mengarah pada peningkatan keterlibatan, kepuasan, dan loyalitas pelanggan. Lebih lanjut, kondisi ini akan memunculkan tantangan baru bagi bisnis untuk menyeimbangkan kebutuhan personalisasi dengan permasalahan privasi.

Tren industri komunikasi digital yang terakhir ialah komunikasi konten multimedia berdurasi pendek telah mendominasi. Munculnya platform seperti TikTok dan Instagram Reels telah mempopulerkan konten multimedia berdurasi pendek, sebuah tren yang diperkirakan akan terus berkembang pada 2024.
Bisnis akan beradaptasi dengan tren ini, yang berhasil menggeser keseluruhan perilaku konsumen dan ekspektasi format konten. Survei yang dilakukan oleh Wyzwol 2020 menunjukkan, pengguna berbagi video dengan kecepatan dua kali lipat dari jenis konten lainnya. 84% dari konsumen juga dipengaruhi untuk membeli produk atau layanan setelah menyaksikan video dari brand.
Lebih lanjut, data dari We Are Social per April 2023 menyatakan, jumlah pengguna TikTok di Indonesia (112,98 juta pengguna) menempati jumlah terbanyak kedua di dunia. Ini menunjukkan popularitas dan dominasi platform video pendek semakin menjadi serius.
Dengan format video pendek yang cenderung efektif dalam menangkap perhatian konsumen, bisnis akan mulai berlomba-lomba membuat lebih banyak konten komunikasi berdurasi pendek dan menarik untuk promosi merek via story-telling yang lebih efektif.
Hal ini dapat dilakukan melalui pemasaran viral, melalui iklan, demo produk, testimoni pelanggan, video brand awareness, dan masih banyak lagi. Tidak hanya menambah kebisingan lalu lintas konten media sosial, tren ini juga dapat memberikan peluang bagi brand, termasuk di Indonesia, untuk menciptakan komunikasi yang unik dan mudah diingat oleh pelanggannya.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



