Jakarta, Gizmologi โ Saat kebutuhan pelanggan terus berubah dan meningkat seperti sekarang, Telkomsel mengambil langkah cepat dengan memanfaatkan keunggulan teknologi AI untuk meningkatkan pengalaman layanan dan kepuasan pelanggan. Operator seluler ini menghadirkan jaringan yang cerdas dan berorientasi pada pelanggan melalui inovasi Telkomsel Hyper AI.
Menurut Indra Mardiatna, Direktur Network Telkomsel, teknologi terus berkembang dan membantu kehidupan manusia. Telkomsel sebagai penyedia layanan kreatif di Indonesia memiliki mimpi dan visi mendorong penggunaan teknologi di mana tiga pilar yang menjadi fokus perusahaan adalah teknologi hijau, teknologi tinggi, dan kecerdasan buatan.
Baca juga: Indosat dan Google Cloud Hadirkan Solusi Cloud dengan Privasi Ketat!
โTeknologi harus memberikan dampak positif bagi masyarakat. Kita perlu mengimplementasikan AI untuk kemajuan dan inovasi, serta memberikan dampak positif bagi masyarakat,โ ujar Indra saat ditemui di kantor pusat Telkomsel di bilangan Jakarta Selatan (26/9).
Dijelaskan lebih lanjut, teknologi Telkomsel Hyper AI memungkinkan perusahaan untuk menghadirkan layanan yang lebih efisien dan responsif, meningkatkan kualitas jaringan serta pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Telkomsel Hyper AI untuk Pengelolaan Jaringan Proaktif dengan Autonomous Network

Sejak diperkenalkan, Telkomsel Hyper AI membawa pendekatan end-to-end yang mencakup pengelolaan jaringan serta interaksi pelanggan. Teknologi ini mampu memprediksi kebutuhan pelanggan, menganalisis performa jaringan, dan membuat keputusan otomatis untuk perbaikan. Dengan demikian, Telkomsel dapat menawarkan layanan yang lebih tepat sasaran dan meningkatkan kepuasan pengguna.
Keberhasilan Hyper AI dalam mengelola jaringan terlihat dari pencapaian tingkat Autonomous Network tertinggi di Indonesia, yaitu 3.57 dari 4, sebuah prestasi yang hanya diraih oleh sedikit operator di kawasan Asia Tenggara.
Telkomsel menerapkan Hyper AI melalui tiga pilar utama yang mengoptimalkan kinerja jaringan, yaitu AI-Based Customer Experience, AI-Based Network Operation, dan *AI-Based Network Planning. Ketiga elemen ini bekerja bersama untuk memastikan jaringan berjalan lancar dan kualitas layanan tetap terjaga.
- AI-Based Customer Experience
Hyper AI memungkinkan Telkomsel memantau dan mengoptimalkan pengalaman pelanggan secara real-time melalui Artificial Intelligence Service Operation Center (AISOC). Pusat operasi ini menggabungkan fungsi Network Operations Center dan Service Operations Center untuk mendeteksi masalah jaringan dan menyelesaikannya sebelum berdampak pada pelanggan. Hasilnya, keluhan pelanggan terkait jaringan menurun hingga 32% dalam dua tahun terakhir. - AI-Based Network Operation
Pengelolaan operasional jaringan selama 24/7 didukung oleh Artificial Intelligence Network Assurance Platform (AINAP) yang secara otomatis memperbaiki masalah jaringan. Selain itu, Hyper AI juga mempercepat identifikasi masalah hingga waktu demarkasi turun dari 39 menit menjadi 10 menit. - AI-Based Network Planning
Dengan Artificial Intelligence Network Planning (AINEP), Hyper AI memberikan rekomendasi otomatis mengenai penempatan infrastruktur jaringan baru berdasarkan analisis pola penggunaan pelanggan di wilayah tertentu. Ini memungkinkan Telkomsel merencanakan jaringan secara lebih akurat dan efisien.
Meningkatkan Kualitas Layanan dan Respons Pelanggan

Teknologi Hyper AI tak hanya fokus pada performa jaringan, tetapi juga meningkatkan interaksi pelanggan. Telkomsel menggunakan AI untuk menawarkan layanan yang lebih personal melalui aplikasi MyTelkomsel dan asisten virtual Veronika bagi pelanggan individu, serta Ted untuk pelanggan korporat. Sistem ini memungkinkan pelanggan untuk menyelesaikan keluhan secara cepat dan mandiri, mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan efisiensi.
Dalam menghadapi keluhan pelanggan, integrasi antara AISOC dan asisten virtual Veronika membantu memantau status jaringan pelanggan secara real-time, memastikan setiap keluhan ditangani dengan cepat dan tepat.
Pada berbagai peristiwa besar seperti Natal 2023, Tahun Baru 2024, Ramadhan, dan Idul Fitri, Telkomsel Hyper AI diklaim secara signifikan mengurangi beban manual dalam pengelolaan jaringan. Pada masa-masa tersebut, teknologi Telkomsel Hyper AI membantu mempercepat penyelesaian masalah hingga 48 kali lipat, dengan pengurangan keluhan pelanggan mencapai 28%. โSaat penyelenggaraan PON XXI di Aceh-Sumut, Hyper AI menyelesaikan ratusan tugas optimasi jaringan secara otomatis per hari, menjaga stabilitas layanan di titik-titik krusial,โ imbuh Indra.
Penerapan Hyper AI oleh Telkomsel tidak hanya memastikan peningkatan kinerja jaringan, tetapi juga memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan personal. Teknologi ini mencerminkan visi Telkomsel untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan digital yang responsif dan berkualitas tinggi. Seiring dengan berkembangnya teknologi AI dan machine learning, Telkomsel siap menghadapi tantangan masa depan dengan jaringan yang semakin cerdas dan andal, demi mewujudkan konektivitas yang lebih baik di seluruh Indonesia.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



