Jakarta, Gizmologi โ Pemerintah menargetkan setidaknya 30 juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) bisa terdigitalisasi. Telkomsel pun berupaya mendukung program pemerintah tersebut dengan mengakselerasi transformasi digital UKM. Melalui program Telkomsel DCE (Digital Creative Entrepreneurs) yang saat ini memasuki tahun ketiga, operator seluler ini mengusung tema โUpgrade to Accelerateโ.
Baca juga:ย JUPNTR Ingin Merevolusi E-commerce UKM Melalui Live Shopping Mutakhir
Berdasarkan studi BCG dan Telkom Indonesia pada 2022, 77% UKM Indonesia aktif mempekerjakan masyarakat setempat dan 67.5% di antaranya percaya bahwa mereka berdampak positif. Dengan digitalisasi, pemberdayaan masyarakat akan berlipat ganda hingga 1,4x lipat, meningkatkan jangkauan pasar secara nasional hingga 2,1x lipat dan kemungkinan ekspor hingga 4,6x lipat. S
Menurut Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, program Telkomsel DCE ini selaras dengan semangat Indonesia untuk berbagi harapan akan kemajuan negeri, yang menginspirasi semangat Telkomsel untuk terus berupaya menciptakan dampak sosial. Dalam proses bisnis berkelanjutan, Telkomsel mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).
โProgram Telkomsel DCE kami hadirkan kembali dengan mengambil peran sebagai SME impact accelerator guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para entrepreneur dan brand owners UKM lokal. Telkomsel berharap program DCE dapat terus secara relevan mengakselerasi perkembangan bisnis UKM agar dapat bergerak dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan,โ ujar Saki saatย gelaran Kick-Off sekaligus Open Call registrasi UKM Telkomsel DCEย di Kemang, Jakarta (6/12).
Telkomsel DCE Tahun Ketiga Hadirkan Kurikulum Akselerasi UKM Digital

Telkomsel DCE adalah program corporate social responsibility (CSR) yang berfokus untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia melalui pemanfaatan ekosistem aset dan kapabilitas perusahaan. Program Telkomsel DCE dirancang secara khusus untuk mendukung UKM lokal agar dapat mencapai potensi maksimalnya, menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital, baik di tingkat nasional maupun global. Dihadirkan sejak 2021, hingga tahun ketiga pelaksanaannya program DCE telah mendukung pengembangan lebih dari 2.500 UKM lokal dan mencatatkan hingga 350 UKM terbaik sebagai alumninya.
Mengedepankan semangat kolaborasi, program Telkomsel DCE ke-3 tahun ini hadir dengan kurikulum yang dikembangkan khusus untuk akselerasi pertumbuhan skala usaha UKM. Telkomsel membuka peluang proposal kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel, penyelenggaraan kelas intensif bersama mentor dan ahli secara offline, keterlibatan komunitas-komunitas pendukung UKM seperti Rumah BUMN, inkubator bisnis kampus, dan komunitas kreatif lokal, serta peningkatan peran alumni sebagai pendamping mentor. Pendaftaran Telkomsel DCE dibuka hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.
Untuk mendorong keikutsertaan dari para pegiat UKM dari seluruh Indonesia, Telkomsel menghadirkan para ahli di bidang UKM seperti CEO Pijak Bumi Rowland Asfales, CEO Maicih Dimas Ginanjar, Co-Founder Callie Cotton Paola Yuktipada, serta Co-Founder Maharati sekaligus alumni program DCE Nirakatriena Pravitaswari. Kemudian, Telkomsel akan melangsungkan kegiatan Roadshow DCE bersama komunitas UKM dan alumni program DCE di Medan (17 Januari 2024), Surabaya (31 Januari 2024), Balikpapan (7 Februari 2024), dan Bandung (21 Februari 2024).
Selanjutnya, upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program Telkomsel DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha, kegiatan Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya, kegiatan Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline, serta kegiatan Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



