Jakarta, Gizmologi โย Telkomsel sebagai perusahaan layanan telekomunikasi Indonesia, memberikan update mengenai penanganan layanan terdampak akibat banjir longsor Sumatra. Bencana banjir ini meliputi wilayah Aceh, Sumatra Utara dan Sumatra Barat.
โTelkomsel menyampaikan empati dan keprihatinan mendalam atas musibah yang menimpa saudara kita di Sumatra,โ ujar Direktur Utama Telkomsel, Nugroho.
Hingga saat ini, Telkomsel telah memperbaiki layanan sebesar 76,5% kembali normal, bila ditotalkan yaitu 5.851 dari 7.640 site. Sedangkan untuk layanan IndiHome, Telkomsel telah memperbaiki 79,7% layanan untuk kembali normal (422.551 dari 530.502 line).
Baca Juga:ย Telkomsel Segera Pulihkan Jaringan dan Salurkan Bantuan di Sumatra
Skema Perbaikan Layanan Telkomsel Akibat Banjir Longsor Sumatra

Pemulihan layanan akibat banjir longsor Sumatra dilakukan dengan berbagai skema. Seperti memobilisasi 346 personel teknis, menempatkan genset tambahan, pengalihan rute backbone dan jalur transmisi. Telkomsel juga menggunakan perangkat alternatif dan menggelat BTS mobile di lokasi prioritas.
Dalam melakukan pemulihan akibat banjir longsor Sumatra ini, perusahaan juga berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi), pemerintah daerah, aparat penanggulangan bencana, PLN, serta pemangku kepentingan setempat untuk memastikan layanan komunikasi tetap tersedia.
Pemulihan jaringan Telkomsel dimulai dariย area pengungsian, lokasi kritikal, dan terus diperluas. Per 1 Desember 2025 terdapat sejumlah pemulihan per provinsi, di Acehย 36% site Telkomsel pulih (708 dari 1.964 site), 41,2% line IndiHome pulih (59.836 dari 145.384 line). Berlanjut ke Sumatra Utara, 90% site Telkomsel pulih (4.136 dari 4.610 site), 93,3% line IndiHome pulih (293.911 dari 314.957 line) dan di Sumatra Barat 94% site Telkomsel pulih (1.007 dari 1.066 site), 93,3% line IndiHome pulih (68.804 dari 70.161 line).
โKemkomdigi mengapresiasi langkah cepat Telkomsel dan seluruh pihak dalam memastikan layanan komunikasi tetap tersedia di tengah kondisi darurat. Kolaborasi ini penting agar masyarakat terdampak tetap terhubung dan mendapatkan akses informasi yang dibutuhkan,โ ungkap Menteri Kemkomdigi, Meutya Hafid.
Telkomsel Hadirkan Paket Siaga Peduli Sumatra

Di tengah bencana alam ini, Telkomsel menghadirkanย Paket Siaga Peduli Sumatera yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna yang terdampak banjir longsor Sumatra. Paket ini bebas biaya melalui UMB 88820#.
Paket ini dapat diaktifkan satu kali dan berlaku untuk pengguna SIMPATI, by.U (prabayar), maupun Halo (pascabayar) di wilayah terdampak. Telkomsel menyediakan dua opsi yaituย 3 GB paket data untuk 7 hari, atauย 300 menit telepon + 1.000 SMS ke semua operator untuk 7 hari.
Selain itu, Telkomsel juga membuka Posko Layanan Pelanggan Tanggap Bencana, termasuk di sekitar 100 titik di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Di posko ini, perusahaan menyediakan berbagai fasilitas.
Seperti telepon dan SMS gratis di daerah bencana sampai proses recovery selesai, penggantian kartu gratis dan perpanjangan masa aktif untuk pelanggan terdampak, penyesuaian paket data prabayar dan tagihan pascabayar/IndiHome, penggantian modem ONT dan STB pelanggan Indihome terdampak, dan penyediaan layanan Indihome 3P dan Telkomsel Orbit di kantor Basarnas.

Telkomsel turut berkoordinasi dengan Telkom Group menyediakanย Hotline Pusat Layanan Tanggap Bencana Sumatera bagi para terdampak banjir longsor Sumatra. Mereka dapat mengakses Call Center 24/7 Bebas Pulsa di 0800-111-9000.
Selain itu ada juga sejumlah Posko Tanggap Darurat (Medan, Binjai, Padang Sidempuan, Aceh, Bukittinggi, Padang), penyediaan 8 titik WiFi gratis, bantuan dapur umum, mobilisasi logistik sembako dan material perbaikan via kapal (Idi & Langsa) dan pesawat (Sibolga & Takengon), penambahan kapasitas jaringan, serta instalasi 120 unit satelit segmen komersial dan CSR dari Telkomsat (Starlink Business Service, VSAT Star, MangoStar, Internet Merah Putih).
โBersama Kemkomdigi, pemerintah daerah, serta berbagai instansi, kami terus berupaya mempercepat pemulihan dan melayani sepenuh hati agar masyarakat dapat kembali bangkit,โ kata Nugroho.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.



