Jakarta, Gizmologi – Tiktok dengan SEJIWA Foundation bersama adakan program school roadshow yang menyuarakan Seru Berkreasi dan #SalingJaga di TikTok. Ini merupakan sebuah program yang bertujuan untuk mendukung kreativitas remaja, serta juga memperhatikan keamanan para remaja di dunia digital. Hadirnya roadshow ini juga berfungsi sebagai wadah edukasi di enam SMA yang berbeda dalam wilayah Jabodetabek. Diadakan sepanjang Oktober – November 2024.
Tiktok percaya adanya program ini bisa menjadi salah satu cara mereka untuk membangun sebuah sifat waspada terkait keamanan para remaja, terkhusus di dalam aplikasi. Program roadshow ini secara khusus dirancang agar para remaja bisa lebih awas dan waspada dengan ekosistem dunia digital yang memiliki cakupan luas. Salah satu yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah kondisi remaja yang tidak begitu diperhatikan, sehingga mereka bisa saja mengalami beberapa tindakan yang tidak mengenakan.
“Menciptakan lingkungan digital yang aman bagi remaja untuk berkreasi membutuhkan upaya yang kolektif, baik dari orang tua atau wali, sekolah, bahkan sampai platform. Di TikTok sendiri, kami memang memiliki sebuah komitmen untuk menyediakan wadah yang aman dan pastinya nyaman kepada para pengguna untuk mengekspresikan diri mereka,” ucap Anggini Setiawan, Communications Director Tiktok Indonesia.
Baca Juga: Serangkaian Fitur Baru Meta, Lindungi Remaja dari Ancaman Sekstorsi
Berangkat dari Komitmen Tiktok untuk Remaja Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan oleh Anggini, roadshow ini memang merupakan komitmen platform-nya agar bisa memberikan sebuah wadah yang nyaman dan aman kepada para remaja di Indonesia dalam mendapatkan platform untuk mengekspresikan diri mereka. Dengan menggandeng SEJIWA Foundation, TikTok Indonesia percaya bahwa mereka bisa memberikan berbagai kebutuhan dari segi persiapan dan membangun awareness terkait kondisi dunia digital yang sedang terjadi belakangan ini.
TikTok Indonesia juga melihat kondisi dunia digital di Indonesia untuk kaum remaja. Maka dari itu, komitmen dan harapan dengan adanya program ini adalah agar mereka bisa menciptakan wadah yang lebih luas agar para remaja mendapatkan pembekalan yang lebih matang dalam melakukan pembuatan konten.
“Hadirnya hal tersebut yang mengajak kami untuk menyelenggarakan program edukasi dengan menggandeng SEJIWA Foundation, dan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk meningkatkan pemahaman tentang keamanan digital, serta memberdayakan para remaja dan orang tua untuk menciptakan perjalanan digital yang nyaman,” ungkap Anggini Setiawan, Communications Director Tiktok Indonesia.
Roadshow yang Juga Penting untuk Orang Tua

“Usia remaja memerlukan pendamping dalam menghadapi tantangan di platform digital, dan untuk mengedukasi para orang tua dan wali tentang peran penting mereka dalam mendampingi perjalanan digital anak merupakan salah satu tantangan yang juga wajib untuk difokuskan. Oleh karenanya, upaya kolektif dan proaktif dari roadshow sekolah yang pertama kali TikTok dan SEJIWA Foundation lakukan ini diharapkan bisa menjadi pionir agar bisa terus mendorong keterlibatan orang tua untuk membantu para remaja berkreasi dengan lebih bijak,” jelas Diena Haryana, Founder SEJIWA Foundation.
Selain para remaja, roadshow ini juga penting diikuti oleh para orang tua, guru, hingga wali. Untuk para orang tua dan wali sebagai pendamping utama, Tiktok bersama dengan SEJIWA Foundation akan memberikan berbagai panduan agar bisa menjadi peran penting yang terlibat dalam perjalanan digital para anak-anak dan remaja di Tiktok.
Jadi, para orang tua akan belajar tentang memanfaatkan fitur Pelibatan Keluarga, serta mendengarkan beberapa tips dari kreator parenting Halimah dan kreator yang juga merupakan seorang musisi, Reda Gaudiamo. Keduanya akan membagikan pengalaman mereka sebagai seorang ibu, dan Tiktok berharap bahwa sesi ini bisa membantu para orang tua untuk mendukung dan memastikan pengalaman remaja agar lebih aman dan nyaman.
Program School Roadshow Seru Berkreasi dan #SalingJaga di Tiktok merupakan bagian dari kampanye #SalingJaga yang diluncurkan sejak September 2023. Kampanye dini merupakan upaya Tiktok untuk mengingatkan semua orang untuk saling menjaga satu sama lain, baik dari konten negatif dan misinformasi dan disinformasi.
Titkok dan SEJIWA Foundation memiliki harapan agar para orang tua agar mereka bisa menjaga anak-anak mereka dalam melakukan perjalanan digital yang kini sudah semakin mudah untuk diakses. Untuk para remaja bisa memanfaatkan kehadiran orang tua atau wali agar mereka bisa lebih nyaman dan aman dalam menikmati ekosistem dunia digital.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




