alexa

Aplikasi LINE Diperbarui, Bawa Fitur Reaction dengan 6 Emoji Pilihan

Tokyo, Gizmologi – Dari sekian banyak aplikasi berkirim pesan alias messenger, beberapa di antaranya dipilih karena bisa hadirkan fitur yang beragam serta tampilan antarmuka menarik. Dirilis sejak 2011 lalu, LINE menjadi salah satu yang paling populer. Hadir di seluruh platform termasuk Windows Phone terdahulu.

Aplikasi besutan LINE Corporation tersebut selalu hadir dengan karakternya yang sangat khas, seperti Cony dan Brown, yang juga menjadi tokoh atau daya tarik dari LINE Bank—sebuah bank digital hasil kerjasama dengan Hana Bank. Supaya tak tertinggal dengan platform kirim pesan lainnya, kini dihadirkan sebuah pembaruan dalam merespon setiap pesan yang diterima.

Baca juga: LINE Creators Market Catat Angka Penjualan Rp13,2 triliun

Yaitu adalah fitur reaksi pesan dalam sebuah ruang obrolan atau chatroom, di mana setiap pengguna dapat berikan reaksi atau respon terhadap sebuah pesan atau foto, tanpa mengganggu alur obrolan. Sebuah faktor yang penting, terutama dalam grup besar dengan jumlah pesan masuk lebih intens daripada chat pribadi.

Cara Berikan Reaksi Obrolan di dalam LINE

LINE Reaction

Jadi bagaimana cara kerja fitur baru LINE “Reaction”? Mudahnya, sama persis seperti bagaimana sesama pengguna Facebook berikan reaksi ke sebuah postingan akun. Kamu bisa melakukannya langsung di dalam sebuah obrolan. Namun pastikan jika kamu sudah melakukan pembaruan aplikasi LINE. Dari situs resminya, tercatat versi yang mendukung fitur ini adalah 11.11.0 atau lebih tinggi.

Saat ada sebuah chat atau unggahan foto yang ingin direspon dengan sebuah reaksi, cukup sentuh dan tahan pesan tersebut. Nantinya bakal muncul pintasan untuk copy, membalas sampai berbagi. Yang perlu dicari adalah enam karakter emoji yang ada di bawah pintasan tersebut. Cukup sentuh salah satu emoji untuk berikan reaksi.

Ketika seseorang memberikan reaksi emoji, maka pengirim chat atau foto tak bakal mendapatkan notifikasi—hal ini ditujukan agar pengguna LINE tak menerima notifikasi terlalu ramai, alias hanya tahu saat sedang akses obrolan. Reaksi yang diberikan dapat diganti maupun dihapus oleh pengirim dalam rentang waktu hingga 7 hari.

Pengguna juga bisa melihat siapa yang mengirimkan emoji dengan menyentuh emoji reaksi yang muncul di bawah chat, bakal ditampilkan secara berurutan dalam sebuah grup. LINE menyebutkan, fitur ini dapat dimanfaatkan bila penggunanya lupa membalas sebuah pesan, atau untuk keperluan voting dalam topik tertentu.

Bakal Terus Gulirkan Fitur Baru yang Relevan Untuk Pengguna

LINE Reaction

Ke depannya, LINE bakal terus berupaya untuk rilis sejumlah fitur berdasarkana kebutuhan penggunanya, mendorong nilai utama dalam ciptakan komunikasi antar keluarga dan lainnya. Bertujuan untuk sediakan metode komunikasi untuk dapatkan informasi yang cepat di kehidupan sehari-hari.

Di Jepang sendiri, pengguna aplikasi LINE tetap banyak yang aktif. Hingga Mei 2021, fitur LINE GIFT sudah mencapai total 15 juta pengguna. Sebuah fitur yang hadir khusus untuk berkirim hadiah secara virtual sesama pengguna.

Selain bisa digunakan untuk berkirim pesan, panggilan suara dan video, pengguna LINE juga bisa menemukan teman baru lewat sebuah topik yang sama, melalui fitur OpenChat. Juga fitur Timeline yang bisa berbagi status serta foto dan video yang hilang dalam waktu 24 jam, seperti Instagram Stories.

Tinggalkan komen