Jakarta, Gizmologi – Shopee meluncurkan fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk memvalidasi segala informasi tentang e-commerce tersebut melalui ‘Cek Fakta’. Kehadiran fitur ini berfungsi untuk mencegah para pengguna dari informasi palsu dan aksi penipuan yang mengatasnamakan Shopee.
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, mengatakan, fitur Cek Fakta memudahkan pengguna melakukan pengecekan kebenaran terkait berbagai informasi yang diterima tentang Shopee. Sehingga pengguna tetap bisa berbelanja dengan aman dan nyaman.
“Fitur Cek Fakta dapat digunakan kapan pun dan diharapkan dapat menciptakan kebiasaan baru bagi masyarakat untuk selalu mengecek kebenaran seluruh informasi yang mereka terima,” ujar Handhika melalui keterangan tertulis yang diterima, Selasa (25/7/2023).
Adanya fitur Cek Fakta nantinya akan menghubungkan pengguna dengan tim Layanan Pelanggan Shopee melalui live chat demi memvalidasi informasi yang diterima oleh para pengguna. Mengingat sejumlah modus penipuan yang umum terjadi seperti pengumuman pemenang hadiah, tawaran lowongan pekerjaan penuh maupun paruh waktu, hingga menyelesaikan misi atau event dengan menjanjikan hadiah.
Selain itu, ada pula penipuan berupa phising dengan pengunduhan dokumen baik dalam bentuk APK, PDF maupun tautan yang mencurigakan. Sebagaimana data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang menyebut terdapat 11.357 isu hoaks yang beredar pada rentang Agustus 2018 sampai 31 Maret 2023.
“Kami mengetahui adanya peredaran informasi palsu mengatasnamakan Shopee yang dapat merugikan pengguna. Karenanya, kami berusaha menyediakan kanal khusus bagi pengguna untuk mengecek kebenaran informasi mengatasnamakan Shopee yang mereka terima,” paparnya.
Baca Juga: Shopee Live Mendominasi Platform Live Streaming Shopping di Indonesia
Fitur Cek Fakta di Shopee

Handhika juga berharap fitur ‘Cek Fakta’ tak hanya membantu pengguna Shopee saja, namun seluruh masyarakat Indonesia agar lebih ‘melek’ terhadap macam-macam penipuan yang modusnya terus berkembang dan lebih nyata. Lebih lanjut Shopee juga akan senantiasa mengimbau pengguna untuk tidak bertransaksi di luar aplikasi Shopee.
“Kami selalu mengimbau para pengguna untuk tidak bertransaksi di luar aplikasi Shopee atau memberikan informasi sensitif seperti OTP, pin, dan password kepada siapa pun, termasuk yang mengaku sebagai pegawai Shopee,” tutur Handhika.
Selain menghadirkan fitur cek fakta, Shopee juga membagikan beberapa tips agar terhindar dari aksi penipuan yang mengatasnamakan platform marketplace berwarna orange itu. Pengguna bisa mengikuti tips 3C dari Shoppe, yakni:
Pertama, Cek Pengirimnya. Seluruh informasi resmi dari Shopee hanya dikirim lewat akun WhatsApp Shopee bercentang hijau yang sudah terverifikasi. Hal itu termasuk pengumuman pemenang kompetisi yang hanya dilakukan di media sosial (medsos) resmi Shopee yang sudah terverifikasi.
Kedua, Chat Customer Service Shopee. Jika membutuhkan kepastian atas informasi mencurigakan, pengguna dapat menggunakan fitur Cek Fakta di aplikasi Shopee untuk mengecek kebenaran informasi yang diterima. Adapun layanan pelanggan Shopee siap melayani 24 jam selama 7 hari kerja.
Dan Ketiga, Cari Tau Modusnya. Untuk diketahui, modus penipuan terus berubah. Oleh karena itu, pengguna bisa mengikuti akun @shopeecare_id di Instagram untuk mengetahui informasi terbaru tentang penipuan berkedok Shopee agar selalu update dengan modus terbaru.
Eksplorasi konten lain dari Gizmologi.id
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.




