Gizmologi
Situs Berita Gadget dan Teknologi Indonesia

Tips Mudah Bersihkan Memori Smartphone dengan Fitur Baru WhatsApp

1 4.549

Salah satu aplikasi di smartphone yang menghabiskan memori paling banyak, selain gim adalah aplikasi perpesanan atau messenger. Apalagi kalau kita sering berbagai file media, dokumen, atau menjalankan akun bisnis di mana perlu menyimpan banyak foto dalam obrolan dengan pelanggan.

Salah satunya aplikasi messenger WhatsApp, yang habiskan memori internal dengan cepat untuk dua skenario di atas. Tantangan yang selama ini dihadapi adalah file media yang harus masuk ke memori internal lebih dulu, tak bisa langsung ke kartu memori. Masalah yang harus dihadapi mereka yang gunakan smartphone dengan memori internal pas-pasan.

Untuk perbaiki situasi tersebut, WhatsApp baru saja datangkan pembaruan untuk aplikasinya di Android dan iOS. Lewat pembaruan tersebut, pengguna bisa menghapus data memori WhatsApp yang habiskan internal dengan lebih mudah. Tak perlu lagi hapus atau pilih file satu-satu dan baru dihapus. Juga fitur “dissapearing messages.”

Storage Tool Baru, Bebaskan Memori WhatsApp Lebih Mudah

Peningkatan pada menu manajemen penyimpanan (storage management tool) seharusnya sudah hadir di aplikasi WhatsApp versi terbaru. Namun saat artikel ini ditulis, menu baru tersebut baru muncul di satu dari dua smartphone Android yang saya gunakan, dengan aplikasi versi sama. Sepertinya tak hanya bergantung dari versi aplikasi, melainkan juga dari sisi server.

Menu baru tersebut bakal muncul di Settings – Storage and Data – Manage Storage. Di dalamnya, bakal ditampilkan sebuah bar serta besaran memori yang dihabiskan oleh WhatsApp, dan sisa memori keseluruhan pada smartphone. Di bawahnya, ditampilkan dua pengkategorian file yang sangat berguna untuk luaskan memori internal smartphone.

Kategori pertama adalah file yang sudah terlalu banyak diteruskan (forward). Ya, ketika sebuah file video di-forward ke 5 grup berbeda, maka file video di smartphone bakal bertambah jumlahnya menjadi 6. Kategori kedua adalah file-file dengan dimensi lebih dari 5MB, biasanya berupa dokumen, video atau musik berdurasi panjang.

Fitur ini telah dirumorkan bakal hadir sejak Juni 2020 lalu, diinformasikan oleh WABetaInfo. Sementara tampilan yang serupa dengan sebelumnya, yaitu kapasitas memori berdasarkan tiap chat, juga tetap ditampilkan di bawah dua pintasan kategori di atas. Sehingga pengguna masih bisa pilih untuk menghapus seluruh chat dari grup yang makan memori WhatsApp paling tinggi secara instan.

Juga Bakal Hadir Fitur “Dissapearing Messages”

WhatsApp Dissapearing Messages
Tampilan fitur “Dissapearing Messages”. (Sumber: MalayMail)

Dengan tampilan Storage Tool terbaru ini, pengguna tak perlu lagi menebak-nebak file foto maupun video mana yang memakan memori paling banyak di WhatsApp. Selain itu, dihadirkan juga fitur untuk menghapus chat otomatis setelah chat terkirim dalam durasi 7 hari, dinamakan “dissapearing messages”. Fitur serupa sebelumnya telah hadir lebih dulu di Telegram.

Cara menggunakannya sendiri sudah dijabarkan oleh WhatsApp di situs resminya, namun fitur ini belum juga saya temukan di dua smartphone Android di atas. Sepertinya baru bakal hadir di pembaruan mendatang, atau setelah fitur Storage Tool sudah hadir merata ke semua pengguna.